Sukses

Perdana Sejak 2016, Yunani dan Turki Kembali Berdialog Terkait Konflik Bilateral

Yunani dan Turki mengadakan 60 putaran pembicaraan antara 2002 dan 2016, tetapi mereka memutuskan negosiasi tanpa menyelesaikan perselisihan.

Liputan6.com, Athena - Yunani dan Turki tunduk pada tekanan Uni Eropa dan NATO pada Senin, 25 Januari 2021 dan membuka pembicaraan langsung pertama dalam hampir lima tahun terakhir atas kebuntuan mereka.

Pertemuan Istanbul diperkirakan tidak akan membuat kemajuan besar setelah kapal perang kedua tetangga NATO itu bertabrakan pada Agustus, karena perselisihan mereka tentang energi dan perbatasan terancam lepas kendali, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (26/1/2021).

Tetapi itu menambah nada positif yang telah ditetapkan Presiden Turki Recep Erdogan ketika dia mencoba memperbaiki hubungan yang rusak dengan Eropa dalam menghadapi pemerintahan AS -- yang berpotensi lebih bermusuhan di bawah Presiden Joe Biden.

Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias mengatakan pada akhir pekan bahwa dengan Athena memasuki apa yang disebut pembicaraan eksplorasi "dengan itikad baik" - sebuah komentar yang digaungkan sebelumnya oleh oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Athena dan Ankara mengadakan 60 putaran pembicaraan antara 2002 dan 2016, tetapi mereka memutuskan negosiasi tanpa menyelesaikan perselisihan yang telah berlangsung selama sebagian besar abad terakhir.

Permusuhan berkobar lagi tahun lalu ketika Ankara mengirim sebuah kapal penelitian disertai armada angkatan laut ke perairan dekat pantai Turki, yang diklaim Yunani dilakukan dengan dukungan Uni Eropa.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Acuan Perjanjian Internasional

Turki sangat marah karena Yunani menggunakan jaringan pulau yang luas untuk mengklaim sebagian besar Laut Aegea dan Mediterania.

Kedua belah pihak mengutip berbagai perjanjian berusia puluhan tahun dan perjanjian internasional untuk mendukung klaim mereka yang saling bertentangan.

NATO telah menyiapkan hotline untuk mencegah konflik militer, sementara Jerman telah mempelopori upaya untuk menyelesaikan perselisihan melalui negosiasi yang tidak semakin mengisolasi Erdogan.

Ini tidak akan mudah karena Athena dan Ankara yang bentrok mengenai agenda mereka minggu lalu.

Athena ingin membatasi diskusi ke perbatasan landas kontinen dan ukuran zona ekonomi eksklusif.

Tetapi Ankara juga menuduh Athena menempatkan pasukan secara ilegal di beberapa pulau dan ingin membahas zona udara - perselisihan terpisah yang menyebabkan seorang pilot Yunani tewas ketika jetnya bertabrakan dengan sebuah jet Turki pada 2006.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.