Sukses

Jelang 20 Januari, Ini Informasi Lengkap Soal Pelantikan Presiden Terpilih AS Joe Biden

Berikut ini informasi lengkap mengenai pelantikan presiden terpilih AS, Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS terpilih Joe Biden tidak akan secara resmi pindah ke Gedung Putih sampai hari pelantikan. 20 Januari mendatang.

Pelantikan adalah upacara resmi yang menandai dimulainya era kepresidenan baru, dan berlangsung di Washington D.C.

Satu-satunya momen hari pelantikan yang diperlukan adalah bahwa presiden terpilih mengucapkan sumpah jabatan presiden yakni: "Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia menjalankan Kantor Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat. "

Begitu dia mengucapkan kata-kata ini, Biden kemudian akan menjadi presiden ke-46 dan pelantikannya akan selesai. Setelah itu, Kamala Harris pun akan menjadi wakil presiden setelah dia mengambil sumpah, yang biasanya terjadi tepat sebelum presiden dilantik.

Upacara pelantikan Joe Biden akan diselenggarakan pada 20 Januari mendatang.

Mengutip BBC, Jumat (15/1/2021), berikut adalah sejumlah fakta lengkap soal pelantikan Joe Biden pada 20 Januari mendatang:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Waktu Pelantikan

Secara hukum, hari pelantikan akan diselenggarakan pada 20 Januari. 

Kata sambutan biasanya dijadwalkan sekitar pukul 11:30 EST (16:30 GMT) dan Joe Biden serta Kamala Harris akan dilantik pada tengah hari.

Biden akan pindah ke Gedung Putih di kemudian hari, yang akan menjadi rumahnya selama empat tahun ke depan.

3 dari 6 halaman

2. Prosedur Pengamanan

Pelantikan presiden biasanya melibatkan rencana keamanan yang terperinci, tetapi terlebih lagi sekarang, setelah massa menyerbu Capitol Hill pada 6 Januari lalu.

Washington D.C sudah berada dalam keadaan darurat - perintah yang diberlakukan oleh Walikota Muriel Bowser di tengah kerusuhan di Capitol Hill - dan akan tetap demikian sampai pelantikan.

Departemen Keamanan Dalam Negeri telah memperpanjang penetapan keamanan khusus untuk pelantikan menjadi satu minggu sebelum upacara, untuk persiapan yang lebih matang. 

Dinas Rahasia telah mengambil alih komando rencana keamanan, didukung oleh sekitar 15.000 pasukan Garda Nasional, selain ribuan petugas polisi. Dan sementara Biden bersikeras untuk mengambil sumpah jabatan di luar, seperti tradisi, jumlah tamu undangan akan dikurangi.

Negara-negara bagian di seluruh AS juga bergerak untuk memperketat keamanan, setelah peringatan dari FBI untuk mempersiapkan kemungkinan terjadinya protes bersenjata di gedung DPR negara bagian.

4 dari 6 halaman

3. Akankah Donald Trump Hadir?

Sudah menjadi kebiasaan bagi presiden yang akan lengser untuk ikut menyaksikan proses pelantikan presiden selanjutnya, yang dapat membuat segalanya menjadi canggung.

Tahun ini, ini akan menjadi berbeda lantara presiden yang akan lengser tidak akan muncul.

"Kepada semua yang bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan pada 20 Januari," cuit Trump pada hari Jumat.

Cuitan tersebut ditulis tak lama setelah presiden berkomitmen pada transisi kekuasaan yang "tertib" ke "pemerintahan baru" - yang paling dekat dengan dia secara terbuka mengakui perlombaan untuk Biden.

Beberapa pendukungnya telah mengambil langkah lebih jauh, merencanakan "pelantikan kedua" virtual untuk Trump pada hari (dan waktu) yang sama saat Biden menjabat. 

Lebih dari 68.000 orang mengatakan di Facebook bahwa mereka akan menghadiri acara online tersebut untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Trump.

Berbeda dengan Trump, wakil presiden Mike Pence, bagaimanapun, telah mengatakan bahwa dia akan hadir.

Ketika Trump dilantik, Hillary Clinton bergabung dengan suaminya, mantan Presiden Bill Clinton, pada acara pelantikan yang hanya dua bulan setelah kekalahannya dalam pemilihan dan kampanye pahit melawan Trump.

Hanya tiga presiden yakni John Adams, John Quincy Adams, dan Andrew Johnson, yang secara aktif memilih untuk tidak menghadiri pelantikan penerus mereka, dan tidak ada satu pun dalam abad terakhir ini.

5 dari 6 halaman

4. Perubahan Kondisi Akibat COVID-19

Dalam keadaan normal, Washington D.C akan menerima ratusan ribu orang yang bersuka ria pelantikan berbondong-bondong ke kota, memenuhi National Mall dan hotel.

Bahkan, sebelumnya diperkirakan ada dua juta orang yang datang ketika Presiden Obama dilantik untuk masa jabatan pertamanya pada tahun 2009.

Tetapi tahun ini, ukuran perayaan akan "sangat terbatas", kata tim Biden, dan telah mendesak orang Amerika untuk menghindari perjalanan ke ibu kota sekaligus seruan yang telah diulangi oleh otoritas D.C setelah penyerbuan Kongres.

Biden dan Harris masih akan mengambil sumpah mereka di depan US Capitol, menghadap ke Mall (tradisi yang dimulai dengan Presiden Ronald Reagan pada tahun 1981) tetapi tribun penonton yang telah dibangun di sepanjang rute parade sedang diturunkan.

Di masa lalu, hingga 200.000 tiket diperebutkan untuk menghadiri upacara resmi, tetapi tahun ini, dengan infeksi yang masih melonjak di seluruh AS, hanya sekitar 1.000 tiket yang akan tersedia.

Tahun ini, masih akan ada upacara "lulus dalam peninjauan" - bagian tradisional dari transfer kekuasaan secara damai, di mana panglima tertinggi baru memeriksa pasukan, tetapi bukannya parade biasa di Pennsylvania Avenue ke Gedung Putih, penyelenggara mengatakan mereka akan mengadakan "parade virtual" di seluruh AS.

Biden, Harris dan pasangan mereka masing-masing kemudian akan diantar ke Gedung Putih oleh anggota militer, termasuk band dan korps drum.

6 dari 6 halaman

5. Deretan Artis yang Bakal Tampil

Dalam beberapa tahun terakhir, presiden baru telah menambahkan beberapa artis paling populer di negara itu ke program hari itu. 

Meski ada pandemi, tahun ini tidak akan jauh berbeda.Biden dan Harris akan bergabung dengan Lady Gaga - pendukung setia presiden yang datang yang berkampanye dengannya di hari-hari sebelum pemilihan. 

Lady Gaga akan menyanyikan lagu kebangsaan dan Jennifer Lopez akan bernyanyi selama pertunjukan musik upacara.

Setelah Biden dilantik, aktor Tom Hanks akan menjadi pembawa acara televisi selama 90 menit - sebuah perayaan yang diselenggarakan sebagai pengganti akibat COVID-19.

Acara ini akan turut menampilkan Jon Bon Jovi, Demi Lovato dan Justin Timberlake dan akan disiarkan di semua jaringan utama AS dan platform streaming - dengan pengecualian Fox News, jaringan konservatif yang terutama mendukung Trump selama masa kepresidenannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.