Sukses

Pesawat Jatuh Sriwijaya SJ182, Vladimir Putin Kirim Belasungkawa ke Jokowi

Liputan6.com, Moskow - Kabar tragedi Sriwijaya Air SJ182 telah sampai ke Rusia. Presiden Vladimir Putin pun menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) atas kecelakaan pesawat penumpang di Laut Jawa.

Pesan belasungkawa atas tragedi Sriwijaya Air SJ182 disampaikan melalui Telegram, yang diposting di situs Kremlin pada Sabtu 9 Januari 2021 waktu setempat.

"Terimalah belasungkawa yang tulus atas kematian penumpang dan awak pesawat yang jatuh di dekat pantai Jawa. Mohon sampaikan kata-kata belas kasih dan dukungan kepada orang terdekat dan tersayang para korban," demikian bunyi Telegram tersebut seperti dikutip dari situs TAAS, Minggu (10/1/2021). 

Menurut informasi, pesawat Boeing 737-524 itu jatuh ke air dalam empat menit setelah berangkat dari Jakarta menuju Pontianak. Setidaknya 65 orang - 53 penumpang, termasuk 10 anak-anak, dan 12 awak berada di dalam pesawat penumpang Sriwijaya Air SJ182.

Sebelumnya, Jokowi mengucapkan duka cita atas kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 di sekitar Kepulauan Seribu. Hal itu diungkapkannya dalam siaran langsung melalui Youtube Sekretariat Presiden.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah ini," kata Jokowi pada hari Minggu.

Jokowi kemudian menginstruksikan Menteri Perhubungan, Kepala Basarnas, dibantu TNI dan Polri untuk segera melakukan operasi pencarian. Termasuk melakukan pertolongan jika ada korban selamat.

"Kemarin sore telah saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan, Kepala Basarnas yang dibantu TNI dan Polri untuk segera melakukan operasi pencairan dan pertolongan yang secepat-cepatnya kepada para korban," ujar Jokowi.

Dia pun memerintahkan KNKT untuk melakukan penyelidikan terhadap jatuhnya Sriwijaya Air SJ182.

2 dari 3 halaman

Sriwijaya Air SJ182 Tipe Boeing 737 Berusia 26 Tahun

Mengutip situs web yang mengulas peringkat produk dan keselamatan maskapai terbaik di dunia, airlineratings, Sriwijaya Air SJ182 yang terdaftar sebagai PK-CLC, dengan lebih dari 50 orang di dalamnya, adalah jenis pesawat Boeing 737-500 Classic.

Usia pesawat Sriwijaya Air SJ182 dengan rute Jakarta-Pontianak itu disebutkan 26 tahun, menurut Flight Radar 24 di akun Twitter.

"# SJ182 dioperasikan oleh Boeing 737-500 "klasik" dengan nomor registrasi PK-CLC (MSN 27323). Penerbangan pertama pesawat ini dilakukan pada Mei 1994 (berusia 26 tahun)," tulis akun @flightradar24.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini: