Sukses

India Tangguhkan Penerbangan Ke dan Dari Inggris Usai Temuan Jenis Virus Corona Baru

India menangguhkan penerbangan ke dan dari Inggris usai ditemukannya jenis Virus Corona baru.

Liputan6.com, New Delhi - India telah memutuskan untuk menghentikan penerbangan ke dan dari Inggris sebagai tanggapan atas varian virus corona baru yang lebih menular yang menyebar di Inggris.

Mengutip laporan BBC, Senin (21/12/2020), negara-negara Eropa lainnya seperti Jerman, Prancis dan Italia telah menangguhkan penerbangan Inggris.

Pejabat kesehatan mengatakan varian baru itu 70% lebih dapat ditularkan, tetapi tidak ada bukti bahwa itu lebih mematikan.

Dengan lebih dari 10 juta kasus yang dikonfirmasi, India memiliki beban kasus tertinggi kedua setelah AS.

Kementerian Penerbangan Sipil India mengatakan bahwa penerbangan akan ditangguhkan mulai 22 Desember hingga 31 Desember.

Terlepas dari kekhawatiran atas kecepatan penularan yang tinggi dari jenis baru, para ahli mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa reaksinya berbeda terhadap vaksin.

Satu hal yang dikhawatirkan terjadi di India adalah bahwa hal itu dapat "menyebabkan kekacauan" dan "membuat sistem perawatan kesehatan kita lepas kendali," kata Dr A Fathahudeen, seorang ahli perawatan kritis yang telah merawat ratusan pasien COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembatasan di India

Sejak Juli, India telah mengizinkan penerbangan ke dan dari Inggris dan beberapa negara lain. Para ahli mengatakan bahwa India perlu lebih waspada dalam melacak mereka yang datang dari Inggris dalam dua minggu terakhir.

Dr Fathahudeen juga memperingatkan bahwa negara bagian selatan Kerala, tempat dia mengepalai satuan tugas pandemi di distrik Ernakulam, baru saja melihat kembalinya sekelompok besar orang India dan ekspatriat dari Inggris menjelang musim liburan.

"Banyak profesional seperti dokter, perawat, pakar IT, dan pelajar telah datang ke negara bagian dari Inggris untuk liburan Natal dan pernikahan. Kami perlu bertindak cepat dalam pelacakan kontak dan setiap rasa puas diri pada saat ini dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan," tambahnya.

Dia juga menyarankan pihak berwenang untuk mempertimbangkan kembali pembukaan sekolah dan perguruan tinggi di Kerala dan bagian lain negara itu.

Negara-negara di luar Eropa, seperti Hong Kong dan Kanada, juga memblokir penerbangan dari dan ke Inggris.

Pada hari Minggu, kasus virus corona di Inggris naik hampir 36.000 - tertinggi sepanjang masa untuk kasus yang tercatat. Gelombang baru dalam kasus-kasus telah menyebabkan rencana pelonggaran dalam periode Natal dibatalkan atau dibatasi untuk jutaan orang di seluruh Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.