Sukses

Varietas Unik Anggur Jepang, Ukurannya Lebih Besar dari Telur Ayam

Liputan6.com, Hanoi - Gambar anggur raksasa yang ukurannya lebih besar daripada rata-rata telur ayam pada umumnya, telah beredar di media sosial Vietnam minggu ini. Karena jarang ada varietas seperti demikian, sehingga memicu perdebatan mengenai keaslian dan asal buah tersebut.

Dilansir dari Odditycentral, Kamis (26/11/2020), buah-buahan unik sejatinya memang sangat populer di Jepang. Di negeri tersebut, ada toko khusus yang menjual jenis apel, persik, melon atau anggur tertentu dengan harga yang mencengangkan.

Kendati demikian, popularitas dari buah-buahan tersebut menyebar ke seluruh Asia. Baru-baru ini ada pemilik kios di Vietnam mengunggah beberapa foto varietas anggur baru yang diimpor dari Jepang.

Penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk baru merupakan hal lumrah belakangan ini, foto-foto anggur berukuran jumbo ini juga mendapat lebih banyak perhatian dari biasanya. Ukurannya anggur putih yang terlihat lebih besar dari pada telur ayam jadi sorotan.

Situs web di Vietnam, VietnamNet merupakan salah satu yang pertama menampilkan foto-foto anggur raksasa itu. Jenis yang diklaim varietas VIP atau eksklusif baru Jepang, yang dijual seharga 7 juta dong atau $ 300 (sekitar Rp 4,2 juta) per ikat.

Harganya sangat mahal, bahkan dibandingkan dengan buah-buahan unik atau varietas asli pione grapes Jepang yang dijual seharga sekitar 2,5 juta dong atau $ 107 (Rp 1,5 juta) per ikatnya.

Seperti semua buah unik Jepang, anggur ini tidak dijual berdasarkan dengan beratnya, tetapi per ikat  yang harus mematuhi standar kualitas sangat ketat.

Contohnya, anggur yang langka ini harus setidaknya 1 kg per ikat, dan setiap anggur harus berdiameter antara 4 dan 5 cm untuk memenuh isyarat komersialisasi dan ekspor.

2 dari 4 halaman

Anggur Jenis White Pione Grapes

Nyonya Khuc Ngoc Anh, selaku pemilik tokoh buah kelas atas di Xuan La, Hanoi, Vietnam adalah orang yang memposting foto anggur VIP itu ketika mereka tiba di Jepang. Dia mencoba menarik perhatian orang, dan memutuskan menggunakan telur ayam untuk menunjukkan betapa besarnya buah anggur itu dibandingkan telur ayam tersebut.

Teknik ini berhasil dan hanya dalam beberapa menit 50 ikat yang dipesannya berhasil terjual.

Pemilik toko itu mengatakan bahwa anggur jumbo itu adalah varietas terbaru dari jenis white pione grapes asal Provinsi Nagano, Jepang.

Dari pengiriman pertama dan foto-foto yang diposting olehnya berhasil menarik peminat yang luar biasa dari para pelanggan. Dia mengatakan kepada VietnamNet bahwa dirinya sedang berjuang untuk mendapatkan pengiriman yang baru, dikarenakan varietas baru tersebut sangat langka.

Uniknya, anggur raksasa itu tak semahal anggur Ruby Jepang yang lebih terkenal. Varietas yang dijual seharga 11 juta dong atau $ 475 (Rp 6,7 juta) per ikat.

Anggur Ruby itu dikenal dengan varietas anggur termahal di dunia, dan penjualan per ikat termahal yang pernah dijual seharga 1,1 yen atau $ 11.000 (Rp 115 juta) di tahun 2016.

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: