Sukses

Penularan di Tempat Karantina, Ini Asal Mula Adelaide Jadi Hotspot COVID-19 Australia

Kota Adelaide kini menjadi hotspot COVID-19 baru, di mana pertumbuhan kasus cukup pesat akibat adanya penularan di sebuah tempat karantina.

Liputan6.com, Adelaide - Seorang wanita lanjut usia terinfeksi COVID-19 dalam klaster baru di Adelaide. Jumlah kasus baru kemudian terus meningkat hingga mencapai 18. Lalu, ia juga telah menularkan virus tersebut pada dua anggota kelurganya.

Dikutip dari 9news, Selasa (17/11/2020), kasus yang menimpa wanita berusia 80 tersebut belum terkonfirmasi faktor penyebabnya. Namun, ada indikasi bahwa penyebaran Corona jenis baru ini berawal dari Peppers Waymouth Hotel, salah satu hotel di Adelaide yang digunakan untuk karantina.

Ada seorang pembersih dari Peppers Waymouth Hotel yang juga terinfeksi COVID-19 karena menyentuh permukaan suatu benda, bukan dari kontak langsung dengan siapa pun yang menjalani karantina di tempat itu.

"Penularan melalui droplet tidak dapat diklasifikasikan sebagai kelalaian karantina hotel," imbuh Steven Marshall, Perdana Menteri Australia Selatan.

Diyakini bahwa pembersih yang terinfeksi COVID-19 itu juga menularkan virus ke penjaga keamanan hotel.

Lalu ada juga pekerja di Penjara Buruh Yatala di pinggiran utara Adelaide yang terinfeksi COVID-19. Orang itu pernah berkontak dengan pengidap COVID-19 dari kasus sebelumnya.

Hanya dalam 24 jam, klaster COVID-19 di Adelaide meningkat menjadi 17 kasus. Sebagian besar kasus di klaster Adelaide disebabkan karena pernah berkontak dengan pasien pada kasus-kasus sebelumnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Corona COVID-19 Menyerang Rumah Perawatan Lansia

Namun, ada satu pasien yang diyakini tidak memiliki kaitan dengan kasus-kasus sebelumnya. Kasus ini diyakini terjadi pada seorang karyawan di Brompton Aged Care Home Adelaide.

Selain itu, ada dugaan bahwa tes COVID-19 yang dilakukan di Rumah Perawatan Lansia Brompton menunjukkan hasil positif pada beberapa pasien. Jika tes itu dipastikan positif, maka akan menambah kasus baru di Adelaide.

Sektor perawatan lansia Victoria juga telah dilanda oleh COVID-19 pada beberapa waktu lalu. Berbagai pusat perbelanjaan, toko, bus, supermarket dan sekolah telah dibatasi dan dianggap sebagai zona yang berisiko yang berpotensi menyebabkan penularan COVID-19.

Ada pun informasi yang mengatakan bahwa bagi masyarakat yang mengunjungi Bagian Gawat Darurat di Rumah Sakit Lyell McEwin antara pukul 17.30 Jumat 13 November dan 08.00 Sabtu 14 November telah berpotensi tertular COVID-19.

Sebagai informasi, saat ini ada lebih dari 160 orang di Australia Selatan yang diisolasi dan penutupan telah diberlakukan. Jam malam juga kembali diberlakukan di sana.

Semua penerbangan internasional ke Adelaide tidak sepenuhnya beroperasi. Pusat kebugaran serta pusat rekreasi juga ditutup.

Aktivitas masyarakat seperti kebaktian gereja dan pernikahan pun telah dibatasi.

 

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 3 halaman

Infografis Perang Global Melawan Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.