Sukses

Benarkah Banyak Orang Tak Percaya pada Vaksin COVID-19? Ini Kata Ahli

Vaksin Corona COVID-19 yang tengah diproduksi oleh sejumlah negara untuk mencegah penyebaran virus yang sudah memakan banyak jiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan menyerukan tindakan dunia segera untuk meningkatkan kepercayaan publik pada vaksin Virus Corona COVID-19 yang saat ini menjadi benda yang paling dibutuhkan.

Sebab, penelitian menunjukkan bahwa minoritas yang cukup besar di beberapa negara mungkin enggan divaksinasi COVID-19, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (21/10/2020).

Dengan sedikit perawatan yang efektif dan tidak ada obat untuk Virus Corona, perusahaan dan pemerintah berlomba untuk mengembangkan vaksin dalam upaya menghentikan pandemi.

Tetapi ada kekhawatiran yang semakin meningkat bahwa "keraguan vaksin" juga meningkat, dengan informasi yang salah dan ketidakpercayaan mewarnai penerimaan masyarakat terhadap kemajuan ilmiah.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan Selasa, 20 Oktober di Nature Medicine, para peneliti di Spanyol, Amerika Serikat dan Inggris mensurvei 13.400 orang di 19 negara yang terpukul parah oleh Virus Corona COVID-19.

Peneliti menemukan bahwa sementara 72 persen responden mengatakan mereka akan diimunisasi, sementara 14 persen menolak dan 14 persen lainnya ragu-ragu.

Ketika diekstrapolasi di seluruh populasi, ini bisa berjumlah puluhan juta orang yang mungkin menghindari vaksinasi, kata para peneliti.

"Temuan ini harus menjadi seruan untuk bertindak bagi komunitas kesehatan internasional," kata penulis Heidi Larson, yang menjalankan Proyek Kepercayaan Vaksin di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

"Jika kita tidak mulai membangun literasi vaksin dan memulihkan kepercayaan publik pada sains saat ini, kita tidak dapat berharap untuk menahan pandemi ini."

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang paling tidak percaya pada pemerintah mereka cenderung tidak menerima vaksin.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koresponden China

Sementara di China 88 persen responden mengatakan mereka akan menggunakan "vaksin yang terbukti, aman dan efektif".

"Kami menemukan bahwa masalah keragu-raguan vaksin sangat terkait dengan kurangnya kepercayaan pada pemerintah," kata koordinator studi Jeffrey Lazarus, dari Institut Barcelona untuk Kesehatan Global.

Ketika ditanya apakah mereka akan menerima vaksin yang disetujui dan aman yang direkomendasikan oleh pemberi kerja mereka, hanya 32 persen responden yang sepenuhnya setuju.

Tingkat penerimaan sangat bervariasi di setiap negara, dengan China sekali lagi memiliki tanggapan positif yang paling jelas (84 persen baik sepenuhnya atau agak setuju) dan Rusia dengan paling sedikit (27 persen).

Para peneliti dan dokter di Inggris, Amerika Serikat, Afrika Selatan, India, dan Brasil akan memposting di bawah tagar #TeamHalo - referensi sebagai upaya ilmiah global - di TikTok, Twitter, dan Instagram.

Awal bulan ini, sebuah studi di jurnal Royal Society Open Science menemukan sepertiga orang di beberapa negara mungkin percaya informasi yang salah mengenai virus corona dan pada gilirannya kurang terbuka untuk imunisasi.

Dan penelitian terbaru dari Cornell University menemukan bahwa Presiden AS Donald Trump adalah pendorong kesalahan informasi COVID-19 terbesar di dunia, karena promosinya tentang apa yang para peneliti disebut sebagai "obat ajaib".

3 dari 3 halaman

Infografis Hindari Penularan Covid-19, Ayo Jaga Jarak!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.