Sukses

5 Negara dengan Ketersediaan Air Tawar Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Brasilia - Air adalah kebutuhan penting umat manusia di seluruh dunia. Jika tak ada air, maka keberlangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya akan berhenti.

Pasokan air tawar sangat dibutuhkan oleh manusia. Sebab, air tawar ini akan digunakan untuk memasak, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya.

Ada banyak negara besar di dunia yang memiliki pasokan air tawar terbanyak di dunia. Sejumlah negara ini didominasi oleh hutan, danau, dan sungai.

Seperti dikutip dari laman Worldatlas, Kamis (8/10/2020), berikut 5 negara dengan pasokan air tawar terbesar dunia:

 

2 dari 6 halaman

1. Brasil

Brasil memiliki volume sumber air tawar terbarukan tertinggi, dengan total sekitar 8.233 kilometer kubik. Brasil menyumbang sekitar 12 persen dari sumber daya air tawar dunia.

Wilayah Amazon berisi lebih dari 70 persen dari total air tawar di Brasil. Meski memiliki banyak sumber air tawar, salah satu wilayah terpadat di Brasil, Sao Paulo, menghadapi kekeringan parah. Akses air tawar untuk lingkungan miskin di daerah perkotaan tetap menjadi tantangan di Brasil.

 

3 dari 6 halaman

2. Rusia

Air tawar di Rusia termasuk sungai, danau, dan waduk buatan manusia. Danau Baikal, danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia, terletak di Rusia.

Baikal menampung sekitar 1/5 air tawar di dunia. Danau itu terbentuk di celah. Namun, volume danau secara bertahap berkurang karena perubahan iklim. Baikal menampung banyak anjing laut. Secara total, Rusia memiliki 4.508 kilometer kubik sumber daya air tawar.

 

4 dari 6 halaman

3. Amerika Serikat

Volume sumber daya air tawar terbarukan di AS sekitar 3.069 kilometer kubik. Sekitar 77 persen air tawar berada di permukaan dan 23 persen di bawah tanah.

Mayoritas badan air tawar di Amerika Serikat adalah danau. Sumber air tawar lainnya adalah sungai, kolam, dan waduk. Ada ribuan danau di AS, termasuk Danau Besar yang terkenal di dunia.

 

5 dari 6 halaman

4. Kanada

Volume air tawar terbarukan di Kanada kira-kira 2.902 kilometer kubik. Sebagian besar air tawar Kanada ditemukan di sistem sungai dan danau yang beragam.

Selain itu, air tawar sebagian besar berada di bawah tanah, di kolam kecil atau di gletser. Air bawah tanah sebagian besar tidak dapat diperbarui.

Air tawar di danau Kanada menyediakan air minum untuk lebih dari 8 juta orang dan mendukung seperempat pertanian di negara tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. China

Cina memiliki volume sumber daya air tawar terbarukan tertinggi ke-5 di dunia. Negara ini memiliki sekitar 2.840 kilometer kubik air tawar.

Danau Poyang yang terletak di Provinsi Jiangxi merupakan danau air tawar terbesar di China. Sungai Xin, Xiu, dan Gan semuanya mengosongkan air mereka ke danau. Volume danau terus berfluktuasi tergantung musim.