Sukses

Arkeolog Mesir Temukan 59 Peti Mati yang Dikubur Sejak 2.500 Tahun Lalu

59 peti mati kayu yang telah dikubur sejak 2.500 tahun lalu ditemukan di Mesir.

Liputan6.com, Saqqara - Para arkeolog di Mesir mengatakan bahwa mereka telah menemukan 59 peti mati kayu yang diawetkan dengan baik dan tertutup dalam beberapa pekan terakhir, yang telah terkubur lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

Sambil membuka salah satu sarkofagus yang dilengkapi dengan hiasan, tim mengungkapkan sisa-sisa mumi yang dibungkus dengan kain penguburan dengan tulisan hieroglif dalam warna-warna cerah. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Minggu (4/10/2020). 

Penemuan dramatis itu digali di selatan Kairo di kuburan Saqqara yang luas, pekuburan ibu kota Mesir kuno, Memphis, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Sejumlah orang mengabadikan foto peti mati kuno yang baru ditemukan di situs pemakaman Saqqara di Provinsi Giza, Mesir, 3 Oktober 2020. Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir memamerkan 59 peti mati kuno yang baru ditemukan dengan kondisi terawat baik di Provinsi Giza. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

"Kami sangat senang dengan penemuan ini," kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Tertinggi.

Sejak penemuan 13 peti mati pertama diumumkan hampir tiga minggu yang lalu, lebih banyak lagi yang kemudian ditemukan di lubang di kedalaman hingga 12m.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Ada yang Terkubur

"Sejumlah peti mati tambahan yang tidak diketahui mungkin masih terkubur di sana," ujar Menteri pariwisata dan barang antik, Khaled al-Anani.

“Jadi hari ini bukan akhir dari penemuan, saya anggap itu awal dari penemuan besar,” ujarnya.

Peti mati, yang disegel lebih dari 2.500 tahun yang lalu, berasal dari Periode Akhir Mesir kuno, dari sekitar abad keenam atau ketujuh SM, tambah menteri Khaled.

Penggalian di Saqqara dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan banyak artefak serta mumi ular, burung, kumbang scarab, dan hewan lainnya.

Penemuan peti mati itu adalah pengumuman besar pertama sejak wabah COVID-19 di Mesir, yang menyebabkan penutupan museum dan situs arkeologi selama sekitar tiga bulan mulai akhir Maret.

Puluhan patung juga ditemukan di daerah tersebut termasuk patung perunggu yang menggambarkan Nefertem, dewa kuno bunga teratai.

Studi pendahuluan menunjukkan bahwa sarkofagus kemungkinan besar milik para pendeta, negarawan senior, dan tokoh terkemuka dalam masyarakat Mesir kuno dari dinasti ke-26, kata Anani.

Setelah ini, semua peti mati akan dibawa ke Museum Agung Mesir yang akan segera dibuka di dataran tinggi Giza, tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.