Sukses

5 Efek Samping Jika Tak Rajin Bersihkan Make-up Sebelum Tidur

Efek samping jika Anda tidak membersihkan riasan wajah sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan wajah sebelum tidur merupakan suatu hal penting yang kerap disepelekan banyak orang.

Terlebih, jika Anda mengenakan riasan wajah dengan banyak produk selama seharian penuh. 

Tidur dengan meninggalkan riasan produk di wajah tentu akan memberi dampak kesehatan bagi kulit wajah. 

Mengutip laman Bright Side, Selasa (29/9/2020), berikut adalah 5 efek samping jika Anda terbiasa tidak menghapus riasan wajah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menyumbat Pori-Pori

Banyak produk riasan, terutama yang mengandung silikon atau akrilik, dapat menyumbat pori-pori Anda. Bahan-bahan ini meresap ke dalam pori-pori Anda dan menjebak bakteri dan minyak alami di dalamnya. Kombinasi minyak, keringat, bakteri, dan sel kulit mati dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Itu bisa terjadi bahkan saat Anda memakai riasan di siang hari, tetapi membiarkannya semalaman juga berpotensi meningkatkan peluang ini.

3 dari 6 halaman

2. Menyebabkan Jerawat

Ketika Anda tidak menghapus riasan sebelum tidur, kulit Anda kekurangan oksigen.

Bahan kimia yang mengiritasi dalam riasan juga bersentuhan dengan kulit Anda lebih lama. Jika kulit Anda tidak pecah di malam hari karena riasan, bahan kimia berbahaya dan kekurangan oksigen pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

4 dari 6 halaman

3. Menyebabkan Penuaan Dini

Berbagai kandungan dalam riasan dapat menyebabkan reaksi kimia yang merusak dan mempercepat penuaan pada kulit.

Kulit kita bertindak sebagai pelindung bagi lingkungan kita, dan jika kita tidak membantunya 'mengatur ulang' di malam hari, pertahanannya melemah dan perubahan yang tidak diinginkan pada pola gen kita dapat terjadi.

 

5 dari 6 halaman

4. Menyebabkan Infeksi Mata

Ahli kacamata memperingatkan kita bahwa banyak produk riasan mata mengandung formaldehida, logam berat, dan racun lainnya. Tidur dengan racun di kulit Anda dapat menyebabkan iritasi dan bahkan menyebabkan bulu mata rontok lebih awal.

Jika Anda tidak membersihkan maskara secara teratur, hal itu dapat menyebabkan radang mata dan konjungtivitis, menurut sebuah studi kasus. 

6 dari 6 halaman

5. Bibir Pecah-Pecah

Jika Anda memakai lipstik di siang hari, biasanya lipstik tidak selalu sempurna sepanjang waktu karena makan dan minum membuatnya cepat luntur. Namun saat Anda tidur, lipstik punya cukup waktu untuk menyerap kelembapan dari bibir Anda. Jika Anda tidak membersihkan lipstik sebelum tidur, kemungkinan besar Anda akan bangun dengan bibir kering dan pecah-pecah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini