Sukses

Rubik Berukuran 9,9 milimeter Dijual Seharga Rp 28 Juta di Jepang, Minat Beli?

Liputan6.com, Tokyo- Sebuah Kubus Rubik yang sangat kecil berukuran 9,9 milimeter dijual dengan harga sekitar 1.900 dolar AS atau setara Rp 28 juta di Jepang

Dilansir Associated Press, Minggu (27/9/2020), Kubus Rubik dengan berat 2 gram itu dibuat untuk menandai ulang tahun ke-40 sejak mainan 3 dimensi tersebut mulai dijual di Jepang.

Menurut MegaHouse Corp., anak perusahaan dari pembuat mainan Bandai Co. yang berbasis di Tokyo, mengatakan bahwa Kubus Rubik tersebut terbuat dari "logam ultra-presisi", dan dilengkapi dengan kotak untuk dapat dipajangan.

Meski dengan ukurannya yang begitu kecil, Kubus Rubik itu masih bisa dimainkan.

Pemesanan untuk Kubus Rubik tersebut telah dimulai pada 23 September, dengan hanya transaksi pembayaran kartu kredit. Sementara pengiriman akan dimulai pada Desember 2020.

Kubus Rubik mungil tersebut mulai dipamerkan pada pekan ini di sebuah pameran di Tokyo yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Hungaria di Jepang.

Akan berlangsung hingga 9 November 2020, pameran tersebut juga mencakup karya seni yang dibuat dengan Kubus Rubik. 

Duta Besar Hungaria untuk Jepang, Norbert Palanovics, mengungkapkan bahwa Kubus Rubik merupakan mainan sederhana yang cerdas dari negaranya yang sangat ia banggakan.

"Kubus Rubik adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, di sini, di Jepang, juga, dan menginspirasi semua orang," ujarnya. 

 

 

2 dari 3 halaman

Sekilas Mengenai Sejarah Kepopuleran Kubus Rubik

Pada periode 1970-an, Kubus Rubik ditemukan oleh seorang profesor arsitektur asal Hungaria, Erno Rubik.

Hingga pada periode 1980-an, sebuah perusahaan AS mengubah temuannya tersebut menjadi produk yang populer.

Dalam dua tahun pertama, sejak diluncurkan, terdapat lebih dari 100 juta Kubus Rubik yang terjual di seluruh dunia.

Kemudian, mainan tersebut juga menjadi terkenal di Jepang, di mana lebih dari 4 juta Kubus Rubik terjual dalam delapan bulan pertama pada Juli 1980.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: