Sukses

Tidur Telanjang Hingga Jadi Jomblo, 7 Hal Baik Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan telah menemukan bahwa 70% kematian terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Gaya hidup yang tidak sehat membuat penumpukan penyakit timbul di tubuh kita masing-masing, bahkan tanpa kita sadari.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui kebiasaan apa yang perlu segera Anda ubah guna mencegah penyakit yang berkepanjangan nantinya.

Mengutip Bright Side, Kamis (17/9/2020), berikut adalah 7 fakta soal kesehatan yang perlu Anda ketahui:

2 dari 9 halaman

1. Puasa baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian yang diadakan oleh para ilmuwan di University of Southern California menunjukkan bahwa puasa selama dua sampai hari dapat membantu menyegarkan sistem kekebalan tubuh. 

Selama percobaan berlangsung, relawan berpuasa selama beberapa hari berturut-turut setiap enam bulan. Selama hari-hari berpuasa, tubuh mereka mulai menggunakan cadangan glukosa, lemak, dan ketonnya sendiri dan mulai menghancurkan sejumlah besar leukosit juga. Akibatnya, kehilangan cadangan tersebut dapat berkontribusi pada pembaruan sel-sel sistem kekebalan.

Puasa panjang juga menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan penuaan dan munculnya serta perkembangan tumor, termasuk kanker.

Patut disebutkan bahwa puasa merupakan kontraindikasi pada defisiensi berat badan yang parah, tumor ganas, tuberkulosis aktif, gangguan irama jantung, urolitiasis dan kolelitiasis, tukak lambung, dan sirosis hati. Selain itu, anak-anak dan orang tua serta wanita selama kehamilan dan menyusui harus pantang puasa jangka panjang.

3 dari 9 halaman

2. Paparan Cahaya Saat Tidur Bisa Buat Depresi

Ilmuwan Jepang dari Nara Medical University telah mengamati proses tidur pada lebih dari 860 orang lanjut usia yang tidak memiliki jejak depresi pada awal percobaan. Ternyata mereka yang tidak tidur dalam kegelapan total mulai merasa cemas dan stres.

Profesor Kenji Obayashi menyarankan bahwa sedikit cahaya pun dapat mengganggu kerja jam biologis internal dan secara negatif mempengaruhi sekresi hormon melatonin, yang diproduksi dalam kegelapan. Ini dapat mempengaruhi jiwa secara negatif dan menyebabkan depresi.

Para ilmuwan menyarankan untuk menggantung tirai anti tembus pandang di kamar tidur dan mematikan semua perangkat yang memiliki indikator cahaya.

4 dari 9 halaman

3. Cairan Pembersih Berpengaruh pada Kesehatan Wanita

Ilmuwan dari Universitas Bergen di Norwegia menganalisis data lebih dari 6.000 orang yang telah mengikuti ujian kesehatan pernapasan selama 20 tahun di Uni Eropa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kondisi paru-paru perempuan yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga atau yang rutin menggunakan produk pembersih berupa aerosol dan nebulizer semakin memburuk dari waktu ke waktu, tidak seperti perempuan lainnya.

Selain itu, penurunan fungsi paru-paru pada petugas kebersihan dalam pengamatan selama 20 tahun ini sangat besar sehingga sebanding dengan 20 tahun merokok.

Selain itu, pembantu rumah tangga wanita sering menderita asma dan masalah ini belum terlihat di kalangan pria. Para ilmuwan sangat mendorong setiap orang untuk menggunakan pembersih kimiawi dalam jumlah lebih sedikit.

5 dari 9 halaman

4. Orang Optimistis Memiliki Risiko Penyakit Jantung Lebih Rendah

Ilmuwan dari Duke Clinical Research Institute dan Columbia University menganalisis data survei yang telah diisi oleh hampir 2.400 pasien angina kronis dan sampai pada kesimpulan yang menarik. Ternyata pasien yang memiliki sikap optimis terhadap kehidupan membutuhkan perawatan di rumah sakit 30-40% lebih jarang dibandingkan dengan yang memiliki sikap pesimis.

Suasana hati yang positif mengurangi tingkat adrenalin dan kortisol - hormon kecemasan dan stres. Inilah yang memengaruhi peningkatan tekanan darah, yang pada gilirannya memengaruhi perkembangan penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

6 dari 9 halaman

5. Minum Kopi Bisa Buat Payudara Wanita Mengecil

Penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Cancer telah membuktikan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kopi (3 cangkir atau lebih per hari) dapat menyebabkan payudara menyusut pada wanita. Semakin banyak kopi yang dikonsumsi wanita, semakin besar efeknya. Semua ini terjadi karena pengaruh hormon khusus yang menghubungkan 2 aktivitas ini - konsumsi kopi dan penyusutan payudara. 

Selain itu, gangguan makanan juga dapat mengurangi ukuran payudara. Ini terjadi karena penurunan berat badan seluruh tubuh dan perubahan sistem hormonal yang berdampak negatif pada ukuran payudara.

7 dari 9 halaman

6. Jadi Lajang Ternyata Baik untuk Tubuh

Para ilmuwan dari Central University of Queensland di Australia telah memantau lebih dari 15.000 orang selama 9 tahun dan telah memperhatikan bahwa orang-orang yang menjalin hubungan memiliki kelebihan berat badan 20% lebih sering daripada orang lajang, termasuk janda dan cerai.

Dan itu terjadi terlepas dari kenyataan bahwa pasangan, seperti yang diketahui para ilmuwan, memiliki pola makan yang lebih seimbang, lebih sedikit merokok, dan mengonsumsi lebih sedikit alkohol.

Ternyata mereka yang memiliki pasangan makan porsi makanan lebih banyak daripada orang lajang saat makan malam keluarga. 

Selain itu, penulis utama studi The Natalie berpendapat bahwa orang yang sudah menikah bertambah berat badan karena mereka tidak perlu langsing lagi untuk mengesankan pasangannya. Karena itu, mereka membiarkan dirinya makan lebih banyak, terutama makanan tinggi lemak dan gula.

8 dari 9 halaman

7. Tidur Tanpa Busana Punya Manfaat Baik

Spesialis dari US National Sleep Foundation menemukan bahwa tidur telanjang lebih baik daripada tidur dengan piyama atau pakaian dalam. 

Dr. Sarah Brewer menemukan serangkaian alasan mengapa tidur telanjang baik untuk Anda.

Pertama, tubuh kita sendiri yang mengatur suhu optimal untuk tidur nyenyak dan pakaian mengganggu mekanisme ini yang menyebabkan tubuh kepanasan. Inilah salah satu faktor yang dapat menyebabkan insomnia.

Kedua, saat merasa sejuk, tubuh kita mulai memproduksi hormon yang meningkatkan regenerasi sel, dan ini membuat kulit dan rambut kita tampak sehat.

Ketiga, tidur tanpa pakaian meminimalkan risiko infeksi jamur di area intim pria dan wanita.

9 dari 9 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: