Sukses

Punya Penyakit Jantung, Ini 5 Gaya Hidup yang Harus Anda Lakukan

Liputan6.com, Jakarta Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 17 juta orang meninggal karena penyakit terkait jantung setiap tahunnya di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 3 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular termasuk stoke dan serangan jantung.

Penyakit terkait jantung sering disebut sebagai 'sillent killer' karena sifatnya yang membunuh diam-diam. Jika Anda memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan jantung, ada beberapa gaya hidup yang harus Anda lakukan untuk menghindari terjadinya serangan jantung di masa mendatang.

Apa saja? Melansir dari TimesofIndia, ini dia:

 

2 dari 7 halaman

1. Banyak bergerak

Olahraga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan. Ini membantu dengan mengelola perasaan cemas atau tertekan dan juga memungkinkan tidur yang lebih baik.

Setiap orang harus menargetkan 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu. Ini bisa berupa jalan cepat, bermain bulu tangkis, atau tenis. Anda juga dapat memilih untuk melakukan aktivitas fisik intensif selama 75 menit dalam seminggu.

Selain itu, dua hingga tiga hari strength training juga penting untuk memulihkan, menambah, dan mempertahankan massa otot. Penting untuk menemukan aktivitas yang Anda sukai sehingga membantu Anda konsisten dengan rutinitas olahraga Anda.

Strengt training dua kali seminggu dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, tulang yang lebih kuat, dan peningkatan kesehatan mental.

 

3 dari 7 halaman

2. Memerhatikan apa yang dimakan

Mulailah dengan makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan. Juga sertakan ikan, protein tanpa lemak, dan makanan olahan susu rendah lemak dalam diet Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan jantung membaik ketika makanan-makanan tersebut menggantikan makanan tak sehat dalam menu harian Anda.

 

4 dari 7 halaman

3. Berhenti merokok

Kita semua tahu bahwa merokok merusak kesehatan, bahkan bagi perokok pasif. Merokok membuat darah Anda lengket dan rentan mengembangkan lebih banyak gumpalan yang dapat memicu serangan jantung.

 

5 dari 7 halaman

4. Belajar mengelola stres

Kita semua tahu bagaimana stres dapat meningkatkan tekanan darah yang mana tak baik untuk jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan cara yang dapat membantu Anda mengelola stres dan rasa cemas Anda.

Buatlah rutinitas untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai setiap hari. Jadwal tidur yang konsisten juga membantu dalam mengelola kesehatan jantung.

 

6 dari 7 halaman

5. Pelajari tentang penyakit Anda dan risikonya

Mengatasi masalah selalu lebih mudah jika Anda mengetahui penyebabnya dengan benar. Mempelajari apa yang baik dan tak baik untuk penyakit Anda adalah pendekatan terbaik untuk menangani masalah apa pun.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: