Sukses

5 Mitos Keliru Soal Handphone, Ternyata Begini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan smartphone dalam kehidupan kita sehar-hari sudah hampir tidak dapat dipisahkan. 

Maka dari itu, segala pemahaman tentang smartphone pun menjadi penting bagi kita. 

Walaupun demikian, banyak persepsi atau pemahaman terkait smartphone yang kerap salah kaprah.

Mengutip Bright Side, Selasa (15/9/2020), berikut adalah 5 pemahaman tentang smartphone yang ternyata salah:

2 dari 6 halaman

1. Meredupkan Cahaya Smartphone Dapat Mengurangi Risiko Kesehatan Mata

Anda mungkin percaya bahwa menjaga mode kecerahan malam di ponsel Anda, bahkan pada siang hari membantu Anda untuk tidak membebani mata.

Namun, seorang ahli kacamata tidak setuju dan mengklaim bahwa ketika Anda meredupkan layar alih-alih menyesuaikan pengaturan kecerahan dengan benar, Anda justru membuat mata Anda tegang.

Ini terjadi karena Anda perlu lebih fokus dan mata Anda harus bekerja dua kali lipat, yang juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Kecerahan layar yang ideal adalah kecerahan yang sama dengan cahaya di sekitar Anda, sehingga kedua cahaya tersebut menyatu dan alami untuk mata.

3 dari 6 halaman

2. Mengisi Daya Semalaman Dapat Merusak Baterai

Smartphone disebut "pintar" karena suatu alasan, dan di antara semua fungsi praktisnya ada kemampuan untuk mengenali bahwa baterainya terisi penuh.

Ponsel Anda akan menghentikan arus masuk tanpa bantuan Anda, sama seperti ponsel mati saat baterai berada pada titik terendah.

Jika Anda benar-benar peduli dengan masa pakai baterai Anda, jangan biarkan baterai terlalu sering habis, segera isi daya ponsel Anda saat handphone masih dalam keadaan hidup. 

4 dari 6 halaman

3. Menutup Aplikasi Bisa Menghemat Daya Ponsel

Pernyataan ini tampaknya sangat logis, dan Anda mungkin berpikir bahwa semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, semakin banyak pekerjaan yang dilakukan ponsel Anda.

Faktanya, seperti yang dinyatakan oleh Apple, menutup aplikasi untuk menghemat daya baterai tidak membantu dan bahkan memperburuk keadaan.

Semua aplikasi secara otomatis ditutup dan jika Anda mengganggu dan menutupnya secara manual, Anda sebenarnya membuat ponsel Anda kehilangan lebih banyak daya.

5 dari 6 halaman

4. Mengeringkan Smartphone dengan Pengering Rambut

Menggunakan pengering rambut adalah ide buruk untuk mengeringkan handphone setelah terkena cairan. Cara ini mungkin dapat sedikit membantu mengeringkan ponsel Anda, tetapi akan membuatnya terlalu panas.

Cara terbaik adalah membiarkannya kering di atas rak. 

6 dari 6 halaman

5. Radiasi Elektromagnetik Dapat Menyebabkan Kanker dan Masalah Kesehatan Lainnya

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengkhawatirkan pernyataan ini sejak tahun 1990 dan, hingga saat ini, 25.000 artikel telah diterbitkan tentang topik tersebut. 

WHO menyatakan bahwa hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa medan elektromagnetik tingkat rendah dapat membahayakan kesehatan manusia dengan cara apa pun. Namun, WHO juga mengatakan bahwa jika seseorang berdiri tepat di dekat antena atau radar yang menghasilkan gelombang tersebut, risikonya bisa meningkat.