Sukses

Sumber Kuman, Seberapa Sering Bantal di Rumah Anda Harus Dibersihkan?

Mencuci bantal akan mengurangi bau tidak sedap yang dihasilkan dari air liur berbulan-bulan di malam hari, tetapi juga akan membunuh tungau debu yang terkumpul di sana.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak barang tergeletak di sekitar rumah Anda yang mungkin membutuhkan perhatian yang baik. Sementara kebanyakan dari kita rajin mencuci pakaian dan piring secara teratur.

Namun, banyak orang lupa membersihkan barang-barang sehari-hari yang kurang terlihat seperti kuas makeup, sarung tangan, dan ventilasi kipas sesering yang seharusnya. Item lain yang mesti ditambahkan ke daftar ini adalah bantal.

Normalnya, Anda harus memasukan bantal ke mesin cuci dua kali setahun, atau lebih sering jika Anda tinggal di iklim yang hangat dan lembab.

Melakukan hal itu tidak hanya akan mengurangi bau tidak sedap yang dihasilkan dari air liur berbulan-bulan di malam hari, tetapi juga akan membunuh tungau debu yang terkumpul di sana.

Tungau dan debu tumbuh subur di daerah tropis, itulah sebabnya seseorang di Florida harus mencuci bantal sekali setiap beberapa bulan atau sekali per musim, sedangkan seseorang di New Mexico tidak perlu terlalu sering melakukannya.

Sebelum Anda mengeluarkan sabun cuci, pastikan bantal Anda layak untuk dicuci. Bantal bulu angsa dan bulu lain bisa bertahan bertahun-tahun, tetapi serat sintetis tidak tahan lama.

Jika serat sintetis pada bantal Anda menggumpal atau rata, itu pertanda baik bahwa sudah waktunya untuk meninggalkannya ke bantal baru.

Untuk menguji ketahanan bantal Anda, apakah itu bulu angsa atau sintetis, Anda harus meletakkannya di atas permukaan yang keras, melipatnya menjadi dua, dan apabila mengeluarkan udara tandanya masih bagus. Jika tidak berati sudah jelek.

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mencuci Bantal

Cara terbaik untuk mencuci bantal adalah dengan mesin. Kemudian, Anda sebaiknya memeriksa tag bantal Anda untuk petunjuk pabrik dan memastikan bantal Anda tidak hanya dry-clean.

Jika Anda memotong labelnya sejak lama, jangan terlalu khawatir: Sebagai pedoman praktis, Good Housekeeping merekomendasikan mencuci dengan air hangat pada siklus lembut dengan deterjen cair ringan, kemudian memasukkannya melalui siklus bilas ekstra dan putaran pada suhu dingin untuk menghilangkan sisa deterjen.

Untuk bantal bulu, sebaiknya gunakan detergen bubuk yang khusus dirancang untuk bulu angsa karena sabun cair bisa meninggalkan residu lengket.

Agar bantal sintetis Anda tidak rusak dan menggumpal, banyak yang merekomendasikan untuk menggulungnya seperti sosis panjang dan mengamankan ujung dan tengah dengan karet gelang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.