Sukses

Unik, Hewan Asal Australia Ini Memiliki Kotoran Berbentuk Kubus

Hewan berkantung asal Australia ini dapat melakukan hingga 100 endapan kotoran dalam semalam.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan menemukan alasan mengapa wombat menghasilkan kotoran berbentuk kubus, menjadikannya sebagai satu-satunya hewan yang diketahui melakukan hal itu.

Hewan berkantung asal Australia ini dapat melakukan hingga 100 endapan kotoran dalam semalam. Meski memiliki anus bulat seperti mamalia lain, wombat tidak menghasilkan pelet bundar, gulungan tubular atau tumpukan yang berantakan.

Para peneliti mengungkapkan bahwa elastisitas usus yang bervariasi membantu membentuk kotoran menjadi kubus. Dan inilah yang menjadi alasan utamanya, demikian dikutip dari laman BBC, Selasa (25/8/2020).

"Hal pertama yang mendorong saya untuk melakukan ini adalah bahwa saya belum pernah melihat sesuatu yang seaneh ini dalam biologi. Itu adalah misteri," kata Patricia Yang dari Institut Teknologi Georgia.

Setelah mempelajari saluran pencernaan wombat, tim yang dipimpin oleh Dr Yang mempresentasikan temuannya pada pertemuan tahunan American Physical Society Division of Fluid Dynamics di Atlanta.

Mereka bisa meneliti hewan tersebut setelah menemukan bangkai wombat yang ditemukan mati di Tasmania.

"Kami membuka usus hewan itu," kata rekan penulis David Hu, yang juga dari Georgia Tech.

Tim tersebut membandingkan usus wombat dengan usus babi dengan memasukkan balon ke dalam saluran pencernaan hewan untuk melihat bagaimana balon itu meregang.

Di wombat, feses berubah dari bentuk seperti cairan menjadi padat di 25 persen terakhir usus. Tetapi kemudian pada 8 persen terakhir, variasi elastisitas dinding usus membuat kotoran akan berbentuk kubus yang terpisah-pisah.

Lewat penelitian ini, para ilmuwan menjelaskan mengapa kotoran hewan ini bisa berbentuk kubus sepanjang 2 cm (0,8 inci).

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunikan Hewan Lain

Ada sejumlah keunikan pada hewan. Seperti contoh basilisk yang merupakan spesies kadal yang dapat dengan mudah berjalan, dan bahkan berlari, di atas air. Ini ditemukan di hutan hujan dan sering menggunakan kemampuan ini untuk melarikan diri dari predator.

Lalu, keunikan lain ada pada zebra. Semua orang tentu tahu bahwa hewan ini memiliki corak hitam putih. Lalu apa fungsinya?

Di samping berperan sebagai kamuflase alami, beberapa serangga diketahui bisa dibuat kebingungan oleh corak bulu zebra, dan menggagalkan mereka mengganggu mamalia berkaki empat itu.

Keunikan juga dimiliki oleh bebek. Bebek mampu mengadopsi tingkah laku hewan pertama yang mereka lihat. Ini dikenal sebagai "pencetakan."

Mereka tidak menyadari diri mereka sebagai spesies dan salah mengira hal pertama yang mereka lihat sebagai orangtua mereka. Mereka dapat meniru manusia juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.