Sukses

KJRI Houston Gelar Virtual Indonesian Festival, Promosikan Produk dan Musik Tanah Air

Indonesia melalui perwakilannya di Houston menggelar Virtual Indonesian Festival (VIF) 2020 di Houston pada 22 Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia melalui perwakilannya di Houston menggelar Virtual Indonesian Festival (VIF) 2020 di Houston pada 22 Agustus. Acara itu digelar bekerja sama dengan Indonesian Chamber of Commerce Southeastern Central USA.

Acara virtual itu diadakan dalam rangka untuk mempromosikan produk-produk Indonesia, pertunjukan tari, musik dan kuliner nusantara.

VIF dimeriahkan oleh Jaya Suprana; pianis sekaligus CEO Museum Rekor Indonesia, Vina Panduwinata; Ikang Fawzi; dan James F. Sundah yang merupakan musisi kenamaan tanah air, demikian dikutip dari berita yang dirilis Kementerian Luar Negeri RI, Kemlu.go.id, Senin (24/8/2020).

Selain para musisi, acara virtual VIF juga dihadiri oleh Chintami Atmanegara, yang menampilkan busana rancangannya.

Setiap tahunnya, Indonesian Festival diselenggarakan secara rutin. Tetapi karena adanya pembatasan akibat COVID-19, acara itu digelar secara virtual untuk 2020.

Meski begitu, VIF merupakan festival yang unik karena para penjual dan peserta dapat bertemu tanpa batas waktu dan jarak. Dalam acara itu, ada sebanyak 25 penjual yang berasal dari Tanah Air maupun AS yang menawarkan produk-produk andalannya.

Dengan video yang dibuat semenarik mungkin, merupakan cara dari para penjual untuk mempromosikan produknya. Kemudian, para pembeli yang berminat dapat menghubungi para penjual tersebut secara langsung.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambutan Wakil Menteri Luar Negeri RI

Adapun berbagai produk-produk Indonesia yang dipromosikan di VIF, yaitu di antaranya adalah pakaian, karya fashion, makanan, kerajinan, Service, serta produk lainnya.

"VIF merupakan wadah yang tepat untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang sedang merintis usaha/bisnis ke luar negeri maupun pengembangan usaha expor dan impor dengan AS," tulis Kemenlu RI.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar menyampaikan saat pembukaan acara VIF, "Tahun ini kita melakukan adjustment tapi kita tetap merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Penting sekali bagi kita untuk melanjutkan transaksi bisnis kita di dalam new normal saat ini".

Menurut Kemenlu RI, volume perdagangan Indonesia-AS pada tahun 2019 mencapai sebesar US$27.88 miliar dengan surplus di pihak Indonesia sebesar US$12.41.

Sementara total volume perdagangan Indonesia – AS periode bulan Januari – Juni 2020 mencapai sebesar USD 13.7 milyar dengan posisi surplus di pihak Indonesia sebesar USD 6.37 milyar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.