Sukses

Beda Pendapat dengan PM Justin Trudeau, Menkeu Kanada Bill Morneau Mundur

Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau telah mengumumkan pengunduran dirinya.

Liputan6.com, Ottawa- Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau telah mengumumkan pengunduran dirinya pada 17 Agustus waktu setempat.

Pengumuman terkait pengunduran dirinya itu muncul di tengah memuncaknya ketegangan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengenai pengeluaran untuk biaya pemulihan pandemi Virus Corona COVID-19.

"Sementara kita memasuki sebuah tahap baru melawan pandemi, sudah waktunya bagi Menteri Keuangan baru untuk melaksanakan proyek ini," ujar Morneau seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (18/8/2020).

"Itulah sebabnya saya mengundurkan diri dari tugas-tugas saya sebagai menteri keuangan dan anggota Parlemen," tambahnya, usai menghadiri pertemuan dengan Trudeau.

Morneau, yang memegang jabatan sebagai Menteri Keuangan Kanada sejak 2015, mengumumkan ia bermaksud mencalonkan diri untuk jabatan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (Organization for Economic Co-operation and Development/OECD).

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi COVID-19 yang Tak Berjalan Mulus

Beberapa media Kanada, selama sepekan terakhir, telah menyoroti perbedaan tajam antara Morneau dan PM Trudeau tentang bagaimana menghidupkan kembali ekonomi Kanada yang melemah akibat pandemi Virus Corona COVID-19.

Upaya tersebut diharapkan dapat dilakukan tanpa membahayakan keuangan publik, sementara defisit diperkirakan telah mencapai lebih dari 340 miliar dolar.

Sementara itu, Morneau juga menjadi sasaran penyelidikan oleh Komisi Etika Kanada, terkait badan amal yang mempekerjakan putrinya. Tanpa ada tender atau penawaran lain, pemerintah diketahui memberikan kontrak besar kepadanya.

Selain Morneau, penyelidikan itu juga menarget PM Trudeau, beberapa anggota keluarganya yang juga telah dibayar oleh badan amal itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.