Sukses

India Peringati Awal Politik Pembangunan Jammu dan Kashmir

Liputan6.com, Jakarta - 5 Agustus 2020 menandai peringatan pertama awal politik pembangunan untuk merayakan keputusan pemerintah India, yang mengatur kembali negara bagian Jammu dan Kashmir menjadi dua wilayah persatuan: Jammu dan Kashmir (J&K), dan Ladakh.

Dengan visi untuk pembangunan, tata kelola yang lebih baik, dan keadilan sosial ekonomi bagi kelompok masyarakat yang kurang beruntung, wilayah ini sedang berjalan di jalur kemajuan.

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat menyampaikan bahwa ada banyak hal yang akan terus diperbaiki, terutama sektor pendidikan.

"Banyak hak yang kita terima begitu saja dalam demokrasi modern, masyarakat Jammu dan Kashmir melihatnya untuk pertama kalinya ketika beberapa undang-undang serikat termasuk Undang-Undang Hak Pendidikan Wajib dan Gratis 2009, UU Peradilan Remaja (Perawatan dan Perlindungan Anak) 2015, UU Perlindungan HAM 1994, dan UU Hak atas Informasi 2005 diperluas ke daerah tersebut," ujar Dubes Pradeep Kumar Rawat dalam rilisi yang diterima oleh Liputan6.com, Kamis (6/8/2020).

"Hak suara, akses ke pendidikan tinggi, dan pekerjaan mereka ditolak. Demikian pula, wanita yang menikah dengan non-Kashmir tidak memiliki hak properti. Mereka dapat memiliki masa depan yang lebih baik di pengaturan yang baru."

Dalam pernyataannya, Dubes Pradeep Kumar Rawat menyampaikan program pemerintah India dalam urusan ketenagakerjaan.

"Program Generasi Ketenagakerjaan Perdana Menteri India, program subsidi terkait kredit yang bertujuan menghasilkan peluang wirausaha melalui pembentukan usaha mikro di sektor non-pertanian dengan membantu pengrajin tradisional dan kaum muda yang tidak bekerja, telah membuka sejumlah peluang baru bagi masyarakat."

"Khadi Village Industries Board (KVIB) atau Badan Industri Desa Khadi telah membantu beberapa orang mendirikan unit tekstil kecil di bawahnya."

"Menjelang KTT Investor Global yang direncanakan, pemerintah J&K menyelenggarakan pra-pertemuan pertama rapat investor di berbagai kota metropolitan. Hal ini menunjukkan peluang investasi yang tersedia di sector-sektor fokus, yang bertujuan untuk mendorong manufaktur dan penciptaan lapangan kerja. Lebih dari 150 nota kesepahaman, senilai US$ 1,8 miliar, telah ditandatangani."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertanian Kashmir

Apel Kashmir dikenal di seluruh dunia. Tapi memasarkan hal yang sama dan memastikan harga remuneratif kepada petani merupakan tantangan.

Melalui skema intervensi pasar yang transparan, 15.000 ton apel diperoleh langsung dari petani per Januari tahun ini dan uangnya langsung ditransfer ke rekening bank mereka tanpa perantara. "Selain itu, kunyit Kashmir, satu-satunya kunyit di dunia yang tumbuh di ketinggian 1.600 hingga 1.800 meter, menerima tag indikasi geografis."

"Taman Rempah-rempah mutakhir sedang dibangun di Pampore di Kashmir, sebuah kota yang dikenal sebagai pusat penanaman safron di India. Otentikasi kualitasnya karena tag ini akan memastikan prospek pendapatan yang lebih baik bagi petani."

Selanjutnya, pemerintah India menaruh konsen pada sumber daya manusia yang sangat penting untuk tata kelola dan pemberian layanan yang berpusat pada masyarakat.

"Menciptakan sistem pendidikan yang kuat dapat menjadi pendukung dalam tujuan ini," ujar dubes Pradeep Kumar Rawat.

"50 institusi pendidikan baru telah didirikan yang akan menawarkan 25.000 kursi tambahan bagi siswa. 500.000 siswa juga telah memanfaatkan sejumlah skema beasiswa pemerintah."

Kota-kota Jammu dan Srinagar sedang dikembangkan sebagai kota pintar yang modern dan berkelanjutan. Jembatan Chenab, untuk menjadi jembatan rel tertinggi di dunia, membentuk penghubung penting dalam bentangan 111 km antara Katra dan Banihal dan merupakan bagian dari bagian Udhampur-Srinagar-Baramulla dari proyek Kereta Api Kashmir siap untuk diselesaikan segera. Hal ini akan memastikan konektivitas dalam semua kondisi cuaca ke wilayah tersebut.

Ekosistem sektor kelistrikan sedang ditransformasikan dengan dukungan perusahaan listrik pusat dan perusahaan pembiayaan. Baru-baru ini Lt Gubernur meresmikan sepuluh proyek distribusi tenaga listrik yang dilaksanakan untuk mengurangi kekurangan listrik di berbagai wilayah.

Jammu & Kashmir memiliki potensi sekitar 20.000 Mw senilai kapasitas tenaga air. Setelah seluruh potensi daya dieksploitasi, Jammu & Kashmir dapat diubah menjadi eksportir energi netto.

 

3 dari 3 halaman

Mengatasi Pandemi

J&K adalah salah satu teritori atau negara bagian dengan kinerja terbaik di India dalam pengelolaan Corona COVID-19. Selain memiliki tingkat pengujian empat kali lipat dari rata-rata nasional, wilayah ini mampu mendirikan tujuh belas rumah sakit COVID-19 khusus.

Mereka menyediakan 60.000 tempat tidur, termasuk 20.000 di ruang perawatan intensif dan 25.000 di unit isolasi dengan fasilitas oksigen.

Sementara itu, bantuan senilai US$ 46 juta telah disetujui untuk kelompok-kelompok yang dirugikan oleh pandemi, termasuk pemilik rumah perahu, pengrajin dan kelompok-kelompok swadaya yang terlibat di sektor kain tenun dan kerajinan tangan.

Kinerja di bawah Ayushman Bharat Pradhan Mantri Jan Arogya Yojana (AB PM-JAY) yang memberikan perlindungan finansial komprehensif sebesar 5 lakh (500.000) per keluarga ini telah memenangkan niat baik masyarakat terhadap penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas.

Perbaikan dalam tata kelola secara keseluruhan dan partisipasi kaum muda dalam proses pembangunan menempatkan Wilayah Persatuan Jammu dan Kashmir di jalur menuju pembangunan yang maju dan berkeadilan.

"Masih banyak tantangan yang tersisa. Terorisme lintas batas selama puluhan tahun dan kesenjangan pemerintahan yang menimbulkan kebencian membutuhkan udara segar perdamaian dan pembangunan. Mari kita beri kesempatan untuk mewujudkan impian tentang kehidupan yang lebih baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.