Sukses

Tersangka Pemerkosaan Jadi Mendagri Prancis, Ratusan Wanita Unjuk Rasa

Dipilihnya seorang tersangka pemerkosaan menjadi Mendagri Prancis membuat ratusan wanita unjuk rasa.

Liputan6.com, Paris - Ratusan wanita menggelar aksi protes di pusat kota Paris pada Jumat 10 Juli atas penunjukan Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin, yang sedang diselidiki karena tuduhan pemerkosaan.

Darmanin, yang menyangkal tuduhan itu, dipromosikan untuk menjabat sebagai menteri dalam negeri dalam perombakan pemerintah pada hari Senin. 

Darmanin (37) sebelumnya menjabat sebagai menteri keuangan.

Menuntut untuk diturunkan, para wanita melambaikan plakat dengan pesan-pesan seperti "Pemerintahan seksis, pemeranan feminis". 

Aksi protes lain juga terjadi di luar kementerian dalam negeri yang melibatkan sejumlah wanita pada hari Selasa.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuduhan Kasus Pemerkosaan

Seorang hakim menolak kasus terhadap Darmanin pada dua tahun lalu, tetapi bulan lalu pengadilan banding Paris memerintahkan penyelidikan atas tuduhan pemerkosaan untuk dibuka kembali.

Pemerintah mengatakan penyelidikan terhadapnya bukan alasan untuk memblokir pengangkatannya sebagai menteri. 

Putusan pengadilan berarti bahwa hakim investigasi sekarang akan memutuskan apakah ada kasus untuk dilanjutkan dengan penyelidikan formal, setelah sebelumnya diberhentikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.