Sukses

Rekor Tertinggi, Dalam Sehari 34.918 Orang Positif Corona COVID-19 di Brasil

Liputan6.com, Jakarta - Brasil melaporkan jumlah kasus Virus Corona COVID-19 yang terkonfirmasi mencapai 923.189. Total kasus itu bertambah setelah 34.918 orang dinyatakan positif COVID-19, yang menjadi rekor baru peningkatan harian terbesar sejak kasus kematian pertama akibat virus itu dilaporkan tiga bulan lalu.

Sementara itu, tercatat 1.282 kematian baru akibat Virus Corona COVID-19 dalam 24 jam terakhir, sehingga totalnya bertambah menjadi 45.241, seperti disampaikan Kementerian Kesehatan Brasil, dikutip dari Xinhua, Rabu (17/6/2020).

Data terbaru itu diumumkan di tengah desakan untuk melonggarkan karantina wilayah atau lockdown dan melanjutkan kegiatan ekonomi. Kota Rio de Janeiro, misalnya, memutuskan untuk memulai kembali kompetisi olahraga, seperti sepak bola, namun tanpa penonton.

Sebagai negara terbesar dan terpadat di Amerika Latin, Brasil menjadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Negara Bagian Sao Paulo di Brasil tenggara menjadi pusat penyebaran COVID-19 di negara tersebut, dengan 190.285 kasus infeksi dan 11.132 kematian. 

2 dari 3 halaman

Sistem Kesehatan Brasil Alami Tekanan Besar

Angka kematian Virus Corona COVID-19 di Brasil telah melampaui Inggris pada Jumat 12 Juni, untuk menjadi yang tertinggi kedua di dunia dengan 41.828 orang tewas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sistem kesehatan negara itu menghadapi tekanan "namun tidak kewalahan", meski kasus positif di Negeri Samba telah mencapai 828 ribu.

"Dari data yang kita lihat, sistem seperti itu tidak kewalahan," kata ahli darurat utama WHO Dr Mike Ryan, dengan beberapa daerah di Brazil menggunakan lebih dari 80 persen kapasitas tempat tidur perawatan intensif rumah sakit mereka.

Brasil jelas memiliki hotspot di kota-kota berpenduduk padat, lanjut Ryan, tetapi secara keseluruhan sistem kesehatannya menghadapi jumlah infeksi terburuk kedua di dunia.

Kementerian Kesehatan pun melaporkan pada hari Jumat, total kumulatif 828.810 kasus yang dikonfirmasi dari Virus Corona COVID-19, dengan 25.982 infeksi baru dalam 24 jam terakhir, dan 909 kematian lainnya, angka kedua setelah Amerika Serikat.

"Data yang kami miliki saat ini mendukung (visi) sebuah sistem di bawah tekanan tetapi sistem (kesehatan Brasil) masih dapat mengatasi jumlah kasus yang parah," kata Ryan pada briefing di Jenewa.

Kementerian Kesehatan Brasil telah melaporkan lebih dari 1.200 kematian sehari sejak hari Selasa, jumlah korban yang meningkat ketika negara itu bergerak untuk mengurangi pembatasan karantina dan membuka kembali bisnis, suatu langkah yang diminta oleh Presiden Jair Bolsonaro.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: