Sukses

Nyaris 100.000 Kematian di AS, Halaman Depan New York Times Muat Nama Korban COVID-19

Surat kabar ternama New York Times memasang daftar panjang dari nama-nama masyarakat di AS yang meninggal karena Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, New York - Alih-alih artikel, foto, atau grafik yang biasanya muncul di halaman depan The New York Times, pada hari Minggu, hanya ada daftar panjang nama orang-orang yang meninggal karena pandemi Virus Corona COVID-19. 

Ketika jumlah korban jiwa dari Virus Corona COVID-19 di Amerika Serikat mendekati 100.000, jumlah yang diperkirakan akan tercapai dalam beberapa hari mendatang, para editor di The Times telah merencanakan bagaimana menandai tonggak sejarah yang suram.

Simone Landon, selaku asisten editor ingin mewakili angka tersebut dengan cara menyampaikannya secara luas.

Departemen di The Times telah secara kuat membahas pandemi Virus Corona COVID-19 selama berbulan-bulan.

Tetapi Landon dan rekan-rekannya menyadari bahwa baik dari pihak media maupun masyarakat, tentu ada kejenuhan melihat kenaikan angka korban jiwa yang dipublikasikan setiap harinya. 

"Kami tahu bahwa kami sedang mendekati tonggak ini," tambahnya. "Kami tahu bahwa harus ada cara untuk mencoba memperhitungkan angka itu."

Meletakkan 100.000 nama di halaman depan "tidak benar-benar memberi tahu Anda banyak tentang siapa orang-orang ini, kehidupan yang mereka jalani, apa artinya bagi kami sebagai suatu negara," kata Landon.

Alain Delaquérière, seorang peneliti, menyisir berbagai sumber online terkait berita dan pemberitahuan kematian akibat COVID-19 yang ditulis sebagai penyebab kematian. Dia menyusun daftar hampir seribu nama dari ratusan surat kabar.

Sebuah tim editor dari seluruh ruang redaksi, di samping tiga jurnalis mahasiswa pascasarjana, membacanya dan mengumpulkan frase yang menggambarkan keunikan dari setiap nyawa yang hilang:

"Alan Lund, 81, Washington, konduktor dengan telinga yang paling menakjubkan ..."

"Theresa Elloie, 63, New Orleans, terkenal karena bisnisnya membuat pin dan korsase yang detail ..."

"Florencio Almazo Morán, 65, New York City, tentara  ..."

"Coby Adolph, 44, Chicago, pengusaha dan petualang ..."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terinspirasi Surat Kabar Tahun 1800-an

Desain seperti itu merujuk pada koran-koran kuno.

"Itu semacam menjalankan teks dengan subtitle kecil," kata Bodkin, selaku kepala kreatif The Times sambil menggambarkan surat kabar pada pertengahan 1800-an.

Bodkin mengatakan dia tidak ingat adanya halaman depan tanpa gambar selama 40 tahun bekerja di The Times, "meskipun ada beberapa halaman dengan hanya grafis," katanya, menambahkan, "Ini tentu yang pertama di zaman modern."

Di dalam surat kabar tersebut, daftar itu pun berlanjut, disambung dengan esai oleh Dan Barry, seorang reporter dan kolumnis Times. Tapi kebanyakan hanyalah nama yang menggambarkan lebih banyak nyawa hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.