Sukses

Pandemi Corona COVID-19 Mengubah Peringatan 75 Tahun Perang Dunia II

Liputan6.com, Jakarta- Eropa memperingati 75 tahun Perang Dunia II pada Jumat (8/5/2020). Peringatan dilakukan ketika pandemi Virus Corona COVID-19 yang akhirnya memaksa pembatalan upacara dan Berlin yang menyatakan libur untuk pertama kalinya.

Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier akan ditemani Kanselir Angela Merkel dalam meletakkan karangan bunga di Neue Wache, yaitu peringatan utama Jerman untuk para korban perang dan kediktatoran yang diikuti pidato presiden.

Di tempat lainnya, 8 Mei dirayakan setiap tahun sebagai Hari Kemenangan di Eropa, sebagai peringatan penyerahan tanpa syarat Jerman kepada Sekutu oleh Nazi.

Namun untuk mengingat hari 75 tahun yang lalu ketika perang berakhir di Eropa, kota Berlin telah menyatakan hari libur umum, seperti dikutip dari Channel News Asia.

2 dari 3 halaman

Pembatalan Parade

Parade skala besar di seluruh Eropa pada tanggal peringatan itu telah dihilangkan, dan berkurang secara drastis atau dipindahkan secara online.

Upacara peringatan untuk hari tersebut di seluruh Prancis  dilaporkan telah diturunkan secara drastis, meskipun Presiden Emanuel Macron masih akan menghadiri acara di Champs-Elysees. Sedangkan di Inggris, parade jalanan oleh para veteran juga telah dibatalkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: