Sukses

Begini Tata Kota Anti-Pandemi, Ibu Kota Baru Indonesia Sudah Penuhi Kriterianya?

Setelah Virus Corona mereda, penting bagi para ahli tata kota untuk mempertimbangkan bentuk kota yang strategis untuk membendung munculnya pandemi serupa di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Virus Corona COVID-19 telah mengubah dunia di luar pintu rumah kita menjadi hutan belantara yang baru terbentuk. 

Ruang publik sekarang adalah area yang harus dijelajahi dengan seminimal mungkin, kecuali pekerja penting, jadi bagi sebagian besar dari kita, dunia telah menyusut sesuai ukuran rumah.

Melansir laman BBC, Selasa (28/4/2020), kota-kota modern tidak dirancang untuk menghadapi kehidupan selama pandemi seperti saat ini, dan cara hidup yang terbalik ini telah mengubahnya menjadi "susunan tak terputus dari rumah kita sendiri," kata Lydia Kallipoliti, asisten profesor arsitektur di The Cooper Union di New York. 

Tata letak ini mungkin masuk akal ketika kota-kota merupakan hub yang terhubung secara internasional yang diisi dengan jutaan orang yang bekerja, bepergian, jalan-jalan, menari dan berpelukan satu sama lain tanpa berpikir dua kali. Tapi dunia seperti itu sepertinya jauh sekali dari situasi sekarang.

Abad ke-21 sejauh ini telah mengalami SARS, MERS, Ebola, flu burung, flu babi dan sekarang COVID-19. Jika kita benar-benar memasuki era pandemi, bagaimana kita bisa merancang kota masa depan sehingga dunia luar tidak menjadi zona larangan bepergian, tetapi tetap menjadi ruang yang aman dan layak huni?

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pusat Kota Jadi Sumber Penyebaran Penyakit

Pusat kota nampaknya sudah menjadi sangat jauh dalam hal pencegahan penyakit.

"Dulu tinggal di kota akan mengurangi harapan hidup Anda ... itu adalah jebakan maut," kata jurnalis sains dan penulis The Fever and Pandemic, Sonia Shah.

Pesatnya pertumbuhan kota-kota selama Revolusi Industri menyebabkan jalan-jalan yang tercemar menjadi sarang infeksi, terutama di kota besar seperti London dan New York. Ketika kota-kota ini berkembang, wabah tipus dan kolera menjadi masalah kesehatan masyarakat yang sangat besar sehingga menyebabkan pembangunan seluruh sistem sanitasi baru yakni saluran pembuangan.

"Untuk menyimpan kekotoran di sebuah kota hanya akan mengundang penyakit dan kematian," menurut para penulis buku 1840 The Separate System of Sewerage, Teori dan Konstruksi, yang menyerukan agar selokan dibangun di New York. Selanjutnya dicatat bahwa, "dengan merapikan kota-kota tertentu di Inggris, tingkat kematian akibat penyakit paru saja berkurang sebesar 50%."

Seiring waktu, kota-kota juga mulai menerapkan standar bangunan dasar termasuk "apartemen untuk memiliki cahaya dan ventilasi dan, Anda tahu, hanya ada sejumlah orang di masing-masing tempat tersebut," kata Shah, yang menjelaskan bahwa secara bertahap segala sesuatu mulai berubah.

Dalam beberapa tahun terakhir, panggilan bagi kota untuk fokus pada kesehatan dalam perencanaan mereka telah berkembang. 

"Untuk kota-kota tangguh dan berkelanjutan yang kita semua inginkan dan butuhkan, rencana perkotaan perlu dirancang, dievaluasi dan disetujui dengan menggunakan lensa kesehatan," kata Layla McCay, direktur Pusat Desain Urban dan Kesehatan Mental.

Ada banyak contohnya. Sejak 2016, Dewan Taman Nasional Singapura telah membangun taman terapi di taman umum untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional warga. Di Tokyo, warga bekerja dengan perancang kota untuk menghijaukan lingkungan mereka untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Seiring berkembangnya kota-kota di dunia, desain perkotaan sebenarnya telah menjadikan banyak dari mereka sebagai alternatif yang sehat untuk kehidupan pinggiran kota atau pedesaan.

Selama abad yang lalu semakin banyak dari kita telah berbondong-bondong ke kota untuk mencari peluang kerja, dan menjadi dekat dengan sumber semua kebutuhan kita sehari-hari, dari makanan hingga perawatan kesehatan. Seiring berkembangnya kota-kota di dunia, desain perkotaan sebenarnya telah menjadikan banyak dari mereka sebagai alternatif yang sehat untuk kehidupan pinggiran kota atau pedesaan. 

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa kehidupan kota dikaitkan dengan tingkat obesitas yang lebih rendah di Inggris daripada kehidupan di pinggiran kota, dan ceritanya serupa terjadi di Amerika Serikat.

Tetapi itu tidak berarti bahwa kehidupan kota adalah yang terbaik dalam hal penyakit menular. 

Dalam masa pandemi, pusat-pusat kota yang sibuk telah jadi bagian besar dari masalahnya. Tanpa langkah-langkah kesehatan masyarakat yang cepat dan efisien untuk melawan penyebaran infeksi, semakin besar dan semakin terhubungnya kota, semakin cepat virus akan menyebar. 

"Justru karena mereka adalah pusat perdagangan transnasional dan mobilitas, kota-kota padat penduduk dan hyper-connected dapat memperbesar risiko pandemi," tulis Rebecca Katz, co-direktur Pusat Ilmu Kesehatan dan Keamanan Global dan Robert Muggah, direktur di Institut Igarapé , sebuah lembaga think tank yang berbasis di Brazil untuk Forum Ekonomi Dunia.

Dengan perkiraan bahwa 68% populasi dunia akan hidup di kota pada tahun 2050, kebutuhan untuk merancang kota dengan baik untuk pandemi akan semakin mendesak.

3 dari 6 halaman

Sanitasi Jadi Modal Awal

Tidak semua kota sama-sama rentan terhadap penyakit. 

Kota-kota kaya seperti Kopenhagen, dengan banyak ruang hijau dan infrastruktur untuk bersepeda, terkenal di dunia karena manfaat kesehatannya. Tapi itu cerita yang sangat berbeda bagi mereka yang tinggal di permukiman informal di kota-kota yang kurang berkembang secara ekonomi seperti Nairobi, Kenya atau Dhaka, Bangladesh.

Tanpa sanitasi yang layak atau akses ke air bersih untuk mencuci "di sinilah epidemi memiliki potensi paling besar untuk memulai dan menyebar," kata Elvis Garcia, seorang ahli kesehatan masyarakat dan seorang dosen di Sekolah Pascasarjana Desain Harvard.

"Dalam 10 tahun, diperkirakan 20% dari populasi dunia akan hidup di lingkungan perkotaan dengan akses terbatas ke infrastruktur air, kesehatan, dan sanitasi yang layak," katanya. 

Jika virus seperti COVID-19, yang dapat terdeteksi selama berhari-hari sebelum gejala muncul, akan muncul di antara komunitas rentan ini akan menjadi bencana, seperti halnya dengan wabah Ebola 2014-2016 di Afrika Barat. Negara-negara yang terkena dampak memiliki beberapa cakupan air, sanitasi dan kebersihan terburuk di dunia, yang memperburuk penyebaran dan jangkauan wabah Ebola, dengan konsekuensi fatal, menurut Oxfam International.

Menangani sanitasi dasar adalah langkah pertama dalam membangun kota yang lebih sehat. 

"Itu berarti sistem air dan sanitasi yang tepat dan rumah-rumah berkualitas baik," kata Garcia. 

Kepadatan populasi adalah faktor lain yang dapat memiliki pengaruh besar pada penyebaran penyakit menular. Hal ini karena kepadatan dapat meningkatkan frekuensi penularan. Pada tahun 2002 dan 2003, sebuah perumahan di Hong Kong menjadi pusat wabah SARS. Kota dan wilayah administrasi khusus adalah salah satu tempat paling padat dan tidak merata di dunia, dan virus ini akhirnya menewaskan hampir 800 orang.

Wuhan, kota di China di mana wabah COVID-19 pertama kali ditemukan adalah kota terpadat di China tengah, dan telah menjadi rumah bagi 11 juta orang. 

Demikian juga, New York, yang memiliki wabah terburuk di AS, adalah kota terpadat di negara ini. Bahkan dengan ruang hijau besar seperti Central Park di Manhattan dan Prospect Park di Brooklyn, penduduknya masih harus berjuang untuk menjaga jarak antara satu sama lain untuk mengekang penyebaran penyakit.

 

4 dari 6 halaman

Perlu Lebih Banyak Ruang bagi Pejalan Kaki

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah kepadatan diusulkan oleh dewan kota New York Corey Johnson dalam sebuah wawancara dengan Politico, yaitu dengan menutup bagian-bagian kota untuk lalu lintas dan membukanya hanya untuk berolahraga. 

"Anda mungkin dapat memberikan jarak sosial yang lebih banyak jika Anda memilih jalan-jalan tertentu yang bisa ditutup," katanya.

Pada konferensi pers harian, Gubernur New York Andrew Cuomo mendukung gagasan membuka jalan untuk mengurangi kepadatan. 

Penutupan jalan mereka berlangsung hanya 11 hari, tetapi di seluruh dunia, dari Calgary ke Cologne, kota-kota telah menutup jalan-jalan untuk memberi orang lebih banyak ruang. 

Oakland telah jauh menutup 74 mil jalan-jalan kota untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. 

Di kota-kota masa depan, perencanaan pejalan kaki bahkan dapat melangkah lebih jauh dengan membangun trotoar yang lebih luas, menurut Pusat Desain Urban dan McCay Kesehatan Mental.

Akses ke banyak ruang hijau juga penting untuk kesehatan mental dan fisik warga kota selama pandemi. 

Marianthi Tatari, seorang arsitek di UNStudio Amsterdam, mengatakan, "20 menit 'waktu hijau' sehari membantu memberi kita pendekatan yang sehat dan manusiawi untuk situasi kita saat ini."

Di Inggris, ruang hijau pribadi dibuka dan kemudian ditutup di tengah kekhawatiran akan membantu menyebarkan penyakit, tetapi di Portland bukannya menutup taman mereka, mereka menutupnya untuk lalu lintas untuk membuat lebih banyak ruang bagi orang untuk keluar. 

Pergerakan ini bersifat sementara untuk saat ini, tetapi karena kebutuhan akan social distancing berlanjut, mungkin akan lebih banyak ruang yang didestrianisasi. 

5 dari 6 halaman

Fasilitas Cuci Tangan

Tetap, lantaran sanitasi menjadi bagian yang sangat penting dari upaya membendung penyakit, berada di taman tanpa cara untuk menjaga tangan Anda tetap bersih bisa menjadi masalah. 

McCay menyarankan untuk meningkatkan pembangunan fasilitas cuci tangan di semua kota. 

"Jika semua orang mencuci tangan dengan rajin, kita akan melihat pengurangan semua jenis infeksi," katanya. "Mungkin salah satu alasan kita tidak melakukannya adalah karena tidak ada fasilitas ini di tempat."

Jo da Silva, direktur pengembangan berkelanjutan global di perusahaan teknik ARUP menyarankan kita mungkin perlu mengubah cara kita membangun lingkungan dalam ruangan kita juga. 

Di gedung bersama "kita mungkin berpikir keperluan memiliki lebih dari satu lift, dan beberapa tangga," katanya. Melakukan hal ini menghindari “pinch points”, sebuah istilah untuk ketika banyak orang mencoba menggunakan ruang yang sama dan terlalu dekat satu sama lain dalam prosesnya.

Jika pandemi menjadi bagian rutin dari kehidupan kita, kota-kota kita harus lebih mudah beradaptasi, menurut Johan Woltjer dari Fakultas Arsitektur dan Kota Universitas Westminster. 

"Selama krisis seperti kita saat ini, itu berarti menciptakan perumahan sementara dan [memiliki] pusat kesehatan dibangun lebih fleksibel dan memiliki ruang yang tersedia di kota-kota untuk itu," katanya. 

Salah satu contohnya adalah Rumah Sakit Nightingale sementara di London, dikonversi hanya dalam sembilan hari dan mampu menampung 4.000 pasien dan 1.000 rumah sakit di Wuhan, China, yang dibangun dari bawah hanya dalam 10 hari. Memiliki ruang dan kemampuan untuk menciptakan struktur sementara yang cepat ini akan menjadi bagian mendasar dari kota yang dibangun untuk pandemi.

6 dari 6 halaman

Perlu Kemandirian

Aspek penting lainnya dalam membangun kota yang tahan terhadap pandemi adalah memikirkan cara manusia mencari makanan.

Di dunia global, sumber daya dari seluruh penjuru dunia dapat berakhir di jantung pusat kota kita dalam hitungan jam atau hari, dan virus menumpanginya. 

"Kota-kota kami bukan benteng," kata Shah. 

Para ilmuwan mengatakan Virus Corona baru kemungkinan berasal dari kelelawar, yang melewati spesies perantara sebelum mencapai manusia di Wuhan, dengan stasiun kereta api besar yang menghubungkan kota ke seluruh China dan bandara internasionalnya yang sibuk. 

"Lima juta orang meninggalkan Wuhan sebelum mereka mengunci kota itu, karena kita semua terhubung," kata Shah. 

Dia menyarankan bahwa untuk mengurangi risiko, kota-kota kita mungkin perlu menjadi lebih lokal dan mandiri di masa depan. 

"Jika Anda memiliki kota, misalnya, mereka bisa memberi makan sendiri," Shah menyarankan. "Ini tidak seperti masing-masing tempat harus menjadi sebuah pulau, tetapi bahwa ada semacam keseimbangan dan keberlanjutan yang dapat Anda lihat di dalam pemukiman Anda sendiri."

Sudah ada contoh pertanian urban yang memberi makan jutaan orang ketika tidak ada pilihan lain. 

Selama Perang Dunia Kedua, orang Amerika menanam 20 juta plot sayuran rumah tangga, menghasilkan sembilan juta pon produksi setiap tahun dan sebesar 44% dari panen AS, tetapi tantangan membangun kota swasembada masih sangat besar.

Garcia setuju bahwa kota masa depan perlu lebih dilokalkan, tidak hanya dalam makanan tetapi dalam akses ke fasilitas sehari-hari. 

"Mungkin di kota-kota besar, Anda harus membuat entitas nuklir kecil," katanya. "Dan setiap entitas nuklir memiliki semua sumber daya di dalamnya."

Salah satu contohnya adalah kota berdurasi 20 menit, sesuatu yang sedang diuji coba di Melbourne, Australia sebelum pecahnya pandemi.

Di kota 20 menit, hampir semua yang dibutuhkan warga, dari berbelanja hingga perawatan kesehatan, berolahraga, berjarak 20 menit berjalan kaki atau naik sepeda.

Lokalisasi juga dapat membantu dengan titik lain dalam perang melawan penularan, angkutan umum massal. Sementara dipuji sebagai solusi lingkungan untuk polusi yang disebabkan oleh penggunaan mobil individu, angkutan umum tidak ideal dalam situasi pandemi. 

Jadi kota-kota perlu membuat lebih banyak ketentuan untuk bersepeda, dan kota-kota mungkin perlu "menawarkan lebih banyak jalur dan jalan kecil sehingga ada cara alternatif untuk berkeliling: jadi kita tidak semua secara kolektif di jalan yang sama atau dalam angkutan umum yang sama", kata Woltjer.

Rumah kita perlu diganti juga. 

Dalam upaya menjadikannya lebih hemat energi dan panas, banyak ruang kerja, apartemen, dan blok apartemen tidak memiliki jendela yang dapat dioperasikan. 

Tetapi jika kita ingin menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah, rumah kita harus memiliki ventilasi yang lebih baik dan menawarkan lebih banyak cahaya, menurut Kallipoliti School of Architecture dari Irwin S. Chanin. Dia menjelaskan perlunya menghindari sesuatu yang disebut "sick building syndrome", yang adalah apa yang terjadi "ketika bangunan sepenuhnya disegel dan mulai resirkulasi patogen melalui sistem mereka". Mungkin rumah kita bahkan akan dibangun untuk menampilkan "kunci udara dekontaminasi seperti di lingkungan Mars", sarannya.

Tetapi ketika dunia bergulat dengan kenyataan pahit dari situasi kita saat ini, kita tidak bisa sekadar membangun jalan keluar dari masalah. Pergeseran pemikiran diperlukan untuk setiap kota masa depan, menurut arsitek Roberto Palomba, yang saat ini sedang dikarantina di rumahnya di Milan.

Sebagai juri dalam kompetisi Arsitektur Pandemi yang baru diluncurka , yang menyerukan kreatif untuk menyampaikan ide-ide tentang desain kota dalam menghadapi ancaman kesehatan global, ia ingin fokus tidak hanya pada desain, tetapi pada hubungan kita yang lebih luas dengan alam.

“Kita telah menyalahgunakan alam, dan membuat epidemi,” kata Palomba. Sebelum berpikir tentang kota-kota baru, fokusnya harus pada mencegah penyakit baru muncul di tempat pertama. 

"Saya percaya bahwa kota-kota yang menentang pandemi akan menjadi tempat itu saja, tempat-tempat di mana masing-masing spesies akan menemukan rasa hormat dalam hidup berdampingan."

Jadi mungkin kita seharusnya tidak membayangkan rencana pusat kota baru yang mengkilap ketika membayangkan kota yang tahan pandemi. 

Perubahannya akan sangat praktis, seperti fasilitas cuci tangan yang selama ini seringkali tidak terlihat.

Jika kita melakukan kesiapsiagaan menghadapi pandemi dengan benar, kota-kota kita mungkin kelihatan seperti sekarang ini - hanya sedikit kurang ramai, dengan sedikit lebih banyak ruang terbuka lokal, dan dengan lebih banyak sumber daya yang mereka butuhkan untuk menopang diri mereka sendiri di ambang pintu.

Apakah semua kriteria tersebut sudah dipenuhi dalam desain ibu kota baru kita?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.