Sukses

Gedung-Gedung Tua di Helsinki yang Memukau

Para wisatawan mancanegara menikmati bangunan-bangunan bersejarah di Kota Helsinki, Finlandia, yang masih terawat dengan baik. Saat musim panas, warga Helsinki memilih bersantai di luar rumah.

Liputan6.com, Helsinki: Bila mengunjungi Kota Helsinki, Finlandia, tampak deretan gedung berusia ratusan tahun yang terawat dengan baik dan memukau. Suasana Ibu Kota negara ribuan pulau kecil inilah yang mengundang wisatawan mancanegara berkunjung. Bahkan, keberadaan sejumlah gedung tua itu berpadu dengan modernisasi kehidupan warganya yang menjunjung tinggi kebudayaan. Demikian gambaran Kota Helsinki saat SCTV berkunjung ke sana, baru-baru ini. Seperti wilayah di bagian utara Eropa lainnya, Finlandia tengah mengalami musim panas yang berlangsung cukup lama. Namun, sebagian besar dari sekitar 500 ribu penduduk Helsinki nampak menikmati benar kehidupan di luar rumah. Mereka pun mengunjungi beberapa pasar tradisional. Bagi yang ingin bersantai, mereka mendatangi sejumlah kafe di pinggir jalan. Memang, tempat-tempat itu menjadi favorit bagi penduduk setempat. Begitu pula para turis. Alternatif lainnya, mereka biasanya menyerbu berbagai objek wisata. Lokasi wisata yang cukup terkenal adalah Tempeliaukion Kirko atau Gereja Batu yang dibangun sekitar 600 tahun lampau. Sementara Gereja Katedral, Istana Kepresidenan, dan Pulau Sumonlina menjadi pilihan lain. Terutama Pulau Sumonlinan yang memiliki sejarah. Pada 1900, pulau ini menjadi benteng pertahanan rakyat Finlandia dari serangan Rusia. Benteng bersejarah ini didatangi ratusan orang setiap hari. Sekadar diketahui, Finlandia melepaskan diri dari penjajahan Rusia pada tahun 1917. Saat ini, negara berpenduduk sekitar lima juta terus memacu perekonomian untuk sejajar dengan negara Eropa lainnya yang lebih dahulu maju.(ANS/Nina Bahri dan Haryo Dewanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.