Sukses

Profesor di Haiti Picu Kepanikan Usai Diduga Terpapar Corona COVID-19

Khawatir akan kemungkinan terinfeksi Virus Corona, Nelson menghubungi administrator kampus dan menyampaikan kekhawatirannya.

Liputan6.com, Malpasse - Ketika profesor Universitas Haiti, Bellamy Nelson kembali dari perjalanannya dari Amerika Serikat, ia mulai mengalami gejala seperti flu. Ketika memberi kuliah, pada Senin 16 Maret sore di sebuah universitas negeri di Limonade di Haiti utara, ia merasa sakit.

Khawatir akan kemungkinan terinfeksi Virus Corona COVID-19, Nelson menghubungi administrator kampus dan menyampaikan kekhawatirannya. Ia kemudian pulang dan mengarantina secara mandiri, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (21/3/2020).

Administrator universitas memberi tahu Departemen Kesehatan Masyarakat di yurisdiksi tempat Nelson tinggal.

Pejabat kesehatan mengunjungi profesor itu di rumahnya dan melakukan tes Virus Corona COVID-19.

Mereka menyarankannya untuk tetap mengarantina diri dan mengatakan keberadaannya tidak akan dipublikasikan untuk melindungi privasi dan keselamatannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Negatif

Pasa Kamis 19 Maret pagi, di media sosial dan siaran di udara, wartawan lokal melaporkan Nelson bersembunyi setelah orang-orang bersenjatakan parang menyerang ambulans yang mengangkutnya. Mereka juga melaporkan hasil tes Virus Coronanya negatif.

Dalam wawancara dengan VOA, administrator universitas menyangkal kejadian itu. Ia mengatakan Nelson tetap dikarantina dan tidak pernah meninggalkan rumahnya, sehingga mustahil baginya untuk diserang, sebagaimana dilaporkan.

Ia juga mengatakan Departemen Kesehatan masih menunggu hasil tes. Nelson merupakan kasus Virus Corona kedua yang diduga terjadi di Haiti dalam seminggu.

Selama akhir pekan, seorang perempuan tak dikenal yang bepergian ke negara asalnya di mana virus menyebar, menunjukkan gejala seperti flu dan menjalani pengujian untuk Virus Corona.

Hasil tesnya, yang dilakukan laboratorium nasional di Port-au-Prince menunjukkan ia negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.