Sukses

Raja Salman Meninggal Dipastikan Hoaks, Kerajaan Arab Saudi Rilis Foto Terbaru

Kerajaan Arab Saudi menepis hoaks meninggalnya Raja Salman dengan merilis sejumlah foto sang raja sedang menjalankan tugas kerajaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dikabarkan meninggal dunia. Namun, kabar meninggalnya Raja Salman itu dipastikan hoaks.

Kerajaan Arab Saudi menepis hoaks meninggalnya Raja Salman dengan merilis sejumlah foto sang raja sedang menjalankan tugas kerajaannya pada Minggu, 8 Maret 2020.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mengunggah foto-foto Raja Salman yang memimpin upacara pelantikan Duta Besar Saudi yang baru diangkat ke Ukraina dan Uruguay.

Sebuah sumber yang dekat dengan kepemimpinan Arab Saudi mengatakan kepada AFP bahwa "raja itu sehat dan baik-baik saja," seperti dikutip Rabu (11/3/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hoaks Raja Salman Meninggal

Hoaks meninggalnya Raja Salman dilaporkan terjadi setelah whistleblower Saudi dan aktivis Twitter Mujtahid mengatakan pada Sabtu, 7 Maret 2020 bahwa Raja Salman sudah mati atau di ambang pintu kematian.

Mujtahid mengatakan, puluhan orang dari keluarga kerajaan telah ditahan, termasuk Pangeran Ahmed bin Abdulaziz al-Saud, saudara Raja Salman, dan keponakan Raja Pangeran Mohammed bin Nayef.

Staf pengadilan, personel istana kerajaan, dan anggota penjaga kerajaan telah diberitahu bahwa mengunjungi raja tidak mungkin karena kondisi kesehatannya, kata Mujtahid.

Pelapor juga mencatat bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman akan mengeluarkan pernyataan atas nama ayahnya untuk menyatakan pengunduran diri raja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.