Sukses

Presiden AS dan Brasil Direncanakan Bertemu Bahas Isu Perdagangan

Trump juga telah mengumumkan rencana pertemuan btersebut kepada para wartawan di Gedung Putih. Ia mengatakan keduanya akan makan malam di resor presiden Mar-a-Lago.

Liputan6.com, Florida - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro di Florida pada Sabtu, 7 Maret 2020 waktu setempat.

Pertemuan keduanya direncanakan untuk membahas perdagangan, infrastruktur, Venezuela dan Timur Tengah.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Sabtu (7/3/2020) hal tersebut dibenarkan oleh pihak Gedung Putih yang menyatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat kemarin.

Trump juga telah mengumumkan rencana pertemuan btersebut kepada para wartawan di Gedung Putih. Ia mengatakan keduanya akan makan malam di resor presiden Mar-a-Lago.

Jair Bolsonaro yang menang pada pemilu tahun lalu memang menaruh rasa kekagumannya kepada Trump. Hal itu bahkan ia utarakan sebelum menjadi presiden.

"Saya pengagum Presiden Trump. Ia ingin Amerika Serikat menjadi besar dan hebat, saya pun berpikir serupa, ingin menjadikan Brasil sebagai negara yang besar dan terhormat," kata Bolsonaro, sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Bolsonaro dalam konferensi pers pertama sejak meraih 46 persen suara dalam pemilu putaran pertama, yang digelar pada 7 Oktober 2019.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Pertemuan Jokowi dan Trump

Pada kabar lain, Presiden AS Donald Trump sempat dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Namun belakangan, rencana itu dikabarkan batal.

Kementerian Luar Negeri RI juga mengonfirmasi bahwa Amerika Serikat menunda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US yang berdasarkan jadwal digelar di Las Vegas, Maret 2020.

"Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri) sudah dilaporkan oleh Wakil Dubes RI di DC, informasi resmi yang disampaikan pihak AS atas penundaan KTT tersebut," ujar Plt Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi terpisah.

"Sebagaimana yang diungkap di media, (penundan KTT), terkait upaya AS menangani masalah Covid-19 (corona)," ucap Faizasyah.

Dengan adanya perkembangan terakhir, maka pertemuan Jokowi – Trump diperkirakan akan turut tertunda.

Sebelumnya, Presiden Jokowi diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Trump. Pertemuan itu akan digelar di sela KTT ASEAN-AS 2020 di Las Vegas, AS.

"Rencananya iya (bertemu Donald Trump). Setelah (pertemuan KTT ASEAN-AS)," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.