Sukses

Donald Trump Kritik Kemenangan Film Parasite di Oscar 2020 Saat Kampanye

Donald Trump tidak senang dengan kemenangan Parasite.

Liputan6.com, Colorado Springs - Kejayaan film Parasite di Academy Awards tak mendapat sambutan baik dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ia bahkan membandingkan film itu dengan sinema legendaris AS lain.

Keluhan Presiden Trump ia sampaikan ketika sedang berkampanye di Colorado Springs. Trump mengaku tak paham kenapa juri Academy Awards memberikan Piala Oscar kepada Parasite.

"Apa pula maksudnya semua itu?" ujar Trump. "Kita sudah punya cukup masalah dengan Korea Selatan akibat dagang. Di atas hal itu, mereka memberikannya (penghargaan) film terbaik tahun ini?" kata Trump seperti dikutip Time, Jumat (21/2/2020).

Parasite menjadi juara utama di Academy Awards tahun ini dengan meraih penghargaan Film Terbaik (Best Picture).

Presiden Trump sendiri mengaku belum menonton film Parasite, tetapi dalam beberapa tahun terakhir Donald Trump memang kesal dengan Academy Awards yang terus mengkritiknya di TV.

Trump pun berharap kemunculan sinema legendaris AS tempo dulu.

"Tolong, bisakah kita mendapatkan kembali Gone with the Wind? Sunset Boulevard, banyak sekali film-film hebat," ujar Trump.

Gone with the Wind (1939) pernah menjadi juara di Oscar untuk Film Terbaik. Film itu diadaptasi dari novel karangan Margaret Michell. Sunset Boulevard (1950) juga mendapat nominasi film terbaik tetapi kalah oleh All About Eve yang dibintangi Bette Davis.

Parasite berkisah tentang keluarga Kim yang menipu agar bisa bekerja di rumah keluarga Park yang tajir. Manuver licik keluarga Kim malah berakhir dengan tragedi yang menimpa kedua keluarga.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Distributor

Neon yang mendistribusikan film Parasite di Amerika Serikat langsung merespons sindiran Presiden Trump di Twitter. Kritikan dari Trump dinilai Neon sebagai "wajar" karena Trump dianggap tak bisa baca.

"Bisa dipahami. Dia tak bisa baca," ujar Neon via Twitter. 

Ungkapan "baca" itu merujuk kepada subtitle film Parasite. Masalah subtitle menjadi tantangan bagi film-film asing untuk berjaya di Amerika Serikat. 

Ketika menang piala Golden Global, sutradara Parasite yakni Bong Joon Ho mengajak audiens AS agar tak ragu menonton film dengan subtitle yang menurutnya hanya halangan kecil.

"Sekalinya kamu mengatasi penghalang subtitle yang setinggi satu inci, kamu akan diperkenalkan dengan lebih banyak lagi film-film luar biasa," ujar Bong Joon Ho melalui penerjemah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.