Sukses

Pemerintah Kota Singapura Bersih-Bersih Ruang Publik untuk Cegah Virus Corona

Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona di Singapura, pemerintah kota melakukan bersih-bersih di sejumlah ruang publik.

Liputan6.com, Singapura - Pemerintah Singapura melakukan upaya konkret guna mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas lagi. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Masagos Zulkifli mengatakan, pembersihan untuk daerah dengan tingkat lalu lintas manusia yang tinggi akan ditingkatkan. Ia menyampaikan hal itu sehari setelah Singapura melaporkan empat kasus pertama penularan Virus Corona secara lokal, pada Rabu (5/2/2020).

Berbicara kepada wartawan setelah mengamati pembersih disinfektan dan membersihkan satu blok di area Tampines, Masagos mengatakan bahwa semua dewan kota telah "diperintahkan" untuk lebih sering membersihkan daerah dengan lalu lintas tinggi. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia. 

"Ini termasuk tempat-tempat seperti pagar, tombol lift dan taman bermain," katanya.

"NEA (Badan Lingkungan Nasional) telah memanggil para pengawas untuk mengingatkan mereka tentang cara pembersihan yang tepat, jenis solusi yang harus mereka gunakan, jenis konsentrasi yang harus mereka masukkan dalam larutan pembersih mereka."

Dia menambahkan, dewan kota akan terus meningkatkan pembersihan sampai Departemen Kesehatan memberikan jelas bahwa tidak ada lagi penyebaran virus di Singapura.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak "terpengaruh oleh desas-desus", terutama panggilan untuk menghindari tempat-tempat yang diduga memiliki kasus virus.

"Segera setelah kami tahu ada kasus, NEA akan mengawasi pemilik tempat untuk memastikan bahwa tempat itu didesinfeksi dengan benar dan aman bagi publik untuk dikunjungi," katanya.

"Yang harus kita lakukan sekarang adalah meningkatkan kebiasaan hidup kita sendiri," imbuh Masagos.

"Mari kita menjadi orang dunia pertama dan terus melakukan ini, tidak hanya untuk tujuan krisis, tetapi juga untuk memastikan bahwa Singapura adalah tempat di mana setiap orang mempraktikkan kebiasaan kebersihan yang baik."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebersihan Tempat Kerja juga Harus Dijaga

Menteri Tenaga Kerja Josephine Teo dan Sekretaris Jenderal NTUC Ng Chee Meng mengunjungi Chinatown untuk mengetahui bagaimana bisnis yang berjalan di sana, dan untuk mengamati praktik pembersihan yang meningkat di toko souvenir.

Karyawan di toko sekarang membersihkan toko merekalebih sering daripada yang biasa dilakukan empat kali sehari. Cairan pembersih tangan juga kini disediakan. 

Teo mengatakan bahwa pemerintah memahami bahwa orang-orang, terutama mereka yang bekerja di garis depan, mungkin khawatir. Namun, dia meyakinkan bahwa ada langkah-langkah perlindungan yang dapat diambil oleh pengusaha dan karyawan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan kebersihan, katanya.

"Ada, misalnya, meja yang mungkin menjadi bagian dari interaksi manusia dan kami ingin memastikan bahwa penjaga toko membantu menjaga tempat itu tetap bersih," katanya.

Dia menambahkan bahwa itu meluas ke semua tempat kerja yang memiliki "kontak manusia yang tinggi".

"Para pemilik usaha juga dapat berperan untuk membantu karyawan mereka mengetahui apa yang harus dilakukan ketika pelanggan masuk dengan gejala seperti batuk atau bersin," katanya.

"Mungkin saran yang ramah dapat diberikan kepada pelanggan seperti saran untuk pergi ke dokter, dirawat, atau mungkin melayani mereka dengan cara lain misalnya melalui telepon."

Mengulangi pesan Teo, Chee mendesak agar tempat kerja harus menggunakan tisu berbasis alkohol guna membersihkan permukaan.

"Ini agar kita bisa menggunakan garis pertahanan kedua untuk mencegah penularan," katanya.

Baik Teo maupun Chee juga menekankan pentingnya kebersihan pribadi. "Tentu saja, jika Anda tidak sehat, segera cari bantuan medis," kata Teo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.