Sukses

WNI di Singapura Terjangkit Virus Corona, Kemenkes: Dia Langsung Diisolasi

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menanggapi kabar mengenai seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona baru (2019-nCoV).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menanggapi kabar mengenai seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona baru (2019-nCoV). WNI berusia 44 tahun tersebut merupakan pekerja rumah tangga (PRT) di Singapura.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu menjelaskan, WNI yang bersangkutan langsung diisolasi.

"Setelah PRT dicurigai gejala virus corona (dengan gejala demam, sesak napas), dia langsung masuk ruang isolasi. Sekarang ini, dia dalam pemantauan ketat petugas kesehatan di sana," jelas Wiendra saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

"Kasus ini termasuk kasus yang berbeda, karena ART ini tidak atau habis dari Tiongkok. Dia tertular dari kontak dengan majikannya. Ada penularan human to human (antarmanusia), dari majikan ke PRT-nya."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tertular dari Majikan

Wiendra menceritakan, aturan bagi PRT di Singapura sangat ketat. Untuk hari-hari biasa, mereka tidak mudah untuk keluar rumah.

"Hari Sabtu-Mingggu baru boleh keluar. Artinya, warga negara kita yang terpapar virus corona itu punya kontak erat (bersentuhan, terkena droplet/percikan) dari majikannya yang positif virus corona," ujarnya.

Melalui video call, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menyampaikan, kasus Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Singapura dikonfirmasi sebagai kasus ke-21 di negara tersebut.

Anung mengatakan, Kementerian Luar Negeri melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura mendapat laporan dari Kementerian Kesehatan Singapura bahwa WNI tersebut kini menjalani perawatan di Singapura.

"Kemenlu melalui juru bicaranya mengharapkan WNI di Singapura tetap waspada, menjaga kesehatan, dan kebersihan serta memerhatikan imbauan yang dikeluarkan pemerintah Singapura melalui jalur resmi Ministry of Health https://www.moh.gov.sg/2019-ncov-wuhan."

3 dari 3 halaman

Pengecekan Ketat di Pintu-pintu Masuk

Terkait semakin banyaknya orang yang terinfeksi virus corona, Pemerintah Indonesia kembali memperketat pemeriksaan di berbagai pintu masuk negara terutama di udara dan laut, termasuk dari Singapura. 

"Per hari ini, diperkirakan setiap hari sekitar 17.000 orang berlalu-lalang dari Singapura ke Indonesia, baik sebagai wisatawan maupun traveler yang bekerja," Anung melanjutkan.

Thermal scan (pengecekan suhu tubuh) terus dilakukan. Berdasarkan WHO, pada 4 Februari 2020, telah terkonfirmasi kasus virus corona di dunia sebanyak 20.630.

Ada penambahan kasus baru kemarin sejumlah 3.241 kasus. Jumlah kematian dilaporkan 426 kasus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini