Sukses

Hindari Virus Corona Wuhan, 34 Maskapai Dunia Ini Batasi Penerbangan ke China

Tak mau ambil risiko, puluhan maskapai di dunia batasi penerbangan ke China demi menghindari terpapar Virus Corona baru.

Liputan6.com, Jakarta- Meluasnya wabah Virus Corona telah membuat puluhan negara dan maskapai penerbangan untuk membatasi perjalanan mereka ke China, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (4/2/2020).

Jumlah penerbangan yang dibatalkan mencapai hampir 10.000 penerbangan, menurut Cirium, yang menyediakan data dan penelitian tentang industri perjalanan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan bahwa pembatasan terhadap perdagangan dan perjalanan sebenarnya tidak diperlukan untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona. Namun, beberapa negara telah memutuskan untuk tetap menghentikan perjalanan ke China.

Angka kematian di China akibat wabah Virus Corona yang berasal dari pusat kota Wuhan, dikabarkan telah naik menjadi setidaknya 362 per hari Senin, termasuk Filipina (yang menjadi negara pertama di luar China) yang mengkonfirmasi kematian akibat infeksi virus tersebut, seperti dikutip dari Aljazeera.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berikut 34 Maskapai yang Batasi Penerbangan

1. Australia

Qantas Airways Ltd, yang merupakan maskapai terbesar Australia yang dikabarkan akan menangguhkan layanan penerbangan ke China mulai 9 Februari mendatang.

2. Kanada

Kanada juga dikabarkan telah mengingatkan warga mereka untuk menghindari perjalanan yang tidak mendesak ke China.

Maskapai asal Kanada, yaitu Air Canada, telah menghentikan penerbangan mereka ke rute Beijing dan Shanghai. Penangguhan ini diperkirakan berlangsung hingga 29 Februari mendatang.

3. Mesir

Terhubung hingga ke Hangzhou, Beijing dan Guangzhou, maskapai asal Mesir, yaitu Egypt Air, dikabarkan telah menangguhkan penerbangan ke China.

4. Finlandia

Maskapai asal Finlandia, yaitu Finnair, dikabarkan akan membatalkan semua penerbangan ke China termasuk penerbangan yang datang dari sana. Sistem ini dikatakan akan dimulai antara 6 Februari dan 29 Februari mendatang.

5. Prancis

Prancis juga dikabarkan mendesak warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke China.

Maskapai asal Prancis, yaitu Air France, dikabarkan akan keluar dari China hingga 9 Februari mendatang.

6. Jerman

Maskapai asal Jerman, yaitu Lufthansa, juga akan menangguhkan layanan penerbangan ke China hingga 9 Februari mendatang.

7. Hongkong

Maskapai asal Hong Kong, yaitu Cathay Pacific, dikabarkan akan membatasi kapasitas penerbangannya ke China sebesar 50% atau lebih hingga bulan Maret mendatang.

8. Indonesia

Indonesia dikabarkan telah meminta warganya untuk sementara waktu berhenti bepergian ke China.

Indonesia memiliki 5 maskapai penerbangan domestik yang terbang ke China, diantaranya adalah: PT Garuda Indonesia, PT Citilink Indonesia, PT Lion Mentari Airlines, PT Sriwijaya Air dan PT Batik Air Indonesia.

Larangan penerbangan sementara juga dikabarkan berlaku untuk maskapai asing yang terbang dari China ke Indonesia, termasuk untuk transit.

9. India

Maskapai asal India, yaitu Air India, dan IndiGo telah menangguhkan penerbangan antara beberapa kota di India dan China.

10. Israel

Maskapai asal Israel, yaitu Carrier El Al, telah menangguhkan penerbangan ke Beijing hingga 25 Maret mendatang.

3 dari 5 halaman

Italia hingga Oman

11. Italia

Italia dikabarkan telah menangguhkan semua penerbangan dari China, Hong Kong, Makau, dan Taiwan hingga 28 April mendatang.

12. Jepang

Jepang dikabarkan telah mendesak warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke China.

13. Kenya

Maskapai asal Kenya, yaitu Kenya Airways, telah menangguhkan penerbangan ke China termasuk penerbangan dari Guangzhou sampai pemberitahuan lebih lanjut.

14. Mongolia

Mongolia dikabarkan telah menutup perbatasannya dengan China hingga 2 Maret mendatang.

15. Maroko

Maskapai asal Moroko, yaitu Royal Air Maroc, dikabarkan telah menangguhkan penerbangan langsung ke China hingga 29 Febuari mendatang.

16. Myanmar

Myanmar juga telah mengatakan akan menangguhkan penerbitan visa-on-arrival untuk semua pengunjung dari China.

17. Selandia Baru

Maskapai asal Selandia Baru, yaitu Air New Zealand, dikabarkan akan menghentikan layanan perjalanan ke Shanghai-nya dari setiap hari menjadi empat kali dalam seminggu. Sistem ini akan dimulai pada 18 Febuari hingga 31 Maret mendatang.

18. Belanda

Maskapai asal Belanda, yaitu KLM, dikabarkan telah menangguhkan penerbangan langsung ke beberapa kota di China dan mengurangi jumlah penerbangan mingguan mereka ke Shanghai.

19. Korea Utara

Korea Utara dikabarkan telah menutup perbatasannya dengan pengunjung dari China sejak 22 Januari lalu.

20. Oman

Otoritas penerbangan Oman dikabarkan telah menangguhkan semua penerbangan antara kesultanan dan China.

4 dari 5 halaman

Pakistan hingga Tanzania

21. Pakistan

Pakistan telah menghentikan penerbangan ke Wuhan dan Hubei, tetapi mereka dikabarkan akan membuka kembali rute lain di China.

22. Filipina

Filipina dikabarkan telah memperluas larangan perjalanan yang sebelumnya diberlakukan pada pengunjung dari provinsi Hubei ke seluruh China, termasuk Hong Kong dan Makau, juga melarang warga Filipina untuk bepergian ke daerah-daerah tersebut.

23. Qatar

Maskapai asal Qatar, yaitu Qatar Airways, dikabarkan telah menangguhkan penerbangan ke China mulai 3 Febuari hingga pemberitahuan lebih lanjut.

24. Rusia

Rusia juga telah menghentikan (sementara) perjalanan wisata bebas visa ke China dan akan menghalangi warga China mencapai Rusia di atas perbatasan Mongolia untuk sementara waktu.

25. Rwanda

Maskapai asal Rwanda, yaitu RwandAir, dikabarkan telah menghentikan penerbangan ke China termasuk penerbangan dari sana, mereka juga akan meninjau keputusan bulan ini.

26. Singapura

Maskapai asal Singapura, yaitu Singapore Airlines dan SilkAir telah mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi frekuensi layanan mereka ke China pada bulan Febuari ini dengan adanya pembatasan masuk yang dikeluarkan oleh otoritas setempat.

27. Korea Selatan

Maskapai asal Korea, yaitu Korean Air, juga dikabarkan menghentikan penerbangan ke Wuhan sampai 22 Febuari mendatang dan akan mengurangi layanan penerbangan ke rute China lainnya. Maskapai Air Seoul  juga telah menangguhkan penerbangan tanpa batas antara Incheon dan kota-kota Zhangjiajie dan Linyi di China.

28. Spanyol

Maskapai asal Spanyol, yaitu Iberia Airways, telah  menangguhkan penerbangannya ke Shanghai (yang juga merupakan satu-satunya rute yang beroperasi ke China) hingga Febuari mendatang.

29. Taiwan

Maskapai asal Taiwan, yaitu Mandarin Airlines, telah menangguhkan penerbangan dari Taiwan ke Wuhan hingga akhir Febuari mendatang.

30. Tanzania

Maskapai asal Tanzania, yaitu Air Tanzania, dikabarkan telah menunda penerbangan Febuari pertamanya ke China dari Dar es Salaam.

5 dari 5 halaman

Turki dan Vietnam

31. Turki

Maskapai asal Turki, yaitu Turkish Airlines telah menangguhkan penerbangan ke Beijing, Guangzhou, Shanghai dan Xi'an hingga 9 Febuari mendatang.

32. Inggris

Maskapai asal Inggris, yaitu British Airways, dikabarkan telah menghentikan rute harian ke Beijing dan Shanghai. Maskapai Virgin Atlantic juga telah menghentikan penerbangan ke Shanghai selama 14 hari sejak 1 Febuari lalu.

33. Amerika Serikat

Maskapai asal AS, yaitu Delta Air Lines Inc dan American Airlines Group Inc, juga telah menangguhkan semua penerbangan ke China hingga akhir April mendatang. Maskapai United Airlines juga dikabarkan akan menangguhkan layanan perjalanan ke Beijing, Shanghai dan Chengdu mulai 6 Febuari mendatang.

34. Vietnam

Otoritas penerbangan di Vietnam dikabarkan telah membatalkan semua izin penerbangan dan menangguhkan lisensi penerbangan baru untuk maskapai yang beroperasi antara negara dan China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.