Sukses

Rayakan 100 Ribu Follower Instagram, Dubes Jepang Masafumi Ishii Ikutan Main TikTok

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena TikTok sebetulnya sudah viral di Indonesia pada tahun lalu, tetapi sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kini, TikTok justru makin populer di negara-negara barat dan turut dipakai pejabat tinggi negara. 

Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Ishii Masafumi (atau biasa disebut Masafumi Ishii), ikut berbagi keceriaan di TikTok dalam rangka menyambut 100 ribu follower-nya di Instagram.

Pada video TikTok itu, Dubes yang terkenal murah senyum tersebut mengenakan batik berwarna turqoise dan aksen oranye pada bagian kerah dan cuff. Ia membawa display angka 100 dan ada dua staf yang ikut menari di belakangnya.

"Akhirnya ... follower Instagram saya mencapai 100k," ujar dubes Jepang itu di Instagram. 

 
 
 
View this post on Instagram

😵😲😵Akhirnya ... follower instagram saya mencapai 100k🎉🎉🎉🎉🎉...bahkan jumlahnya melesat bertambah 7000 orang hanya dalam 1 hari di tanggal 10 Januari pada saat kunjungan Menlu MOTEGI.. 😵😵😵 Terima kasih karena teman-teman selalu mengikuti kegiatan saya ... Selanjutnya pun, keinginan saya adalah membuat postingan yang dapat menunjukkan kecintaan saya kepada Indonesia. 💚💙💚 ついに、ついに、フォロワーが10万人に達しました⁉️🎉⁉️ しかも、茂木外務大臣が来られていた1月10日だけで、7000人程急激に増えたのです😵😲😵 皆さん、いつも見てくれて本当にどうもありがとうございます🙏🙏🙏 これからも、インドネシアへの愛が伝わるようなポストができたらいいなぁ、と思っております❤️ #dubesjepang #dutabesarjepang #dubesishii#jakarta#indonesia#ジャカルタ#インドネシア#dangdut#siapabenarsiapasalah

A post shared by Ambassador Ishii Masafumi (@jpnambsindonesia) on

"Terima kasih teman-teman selalu mengikuti kegiatan saya ... Selanjutnya pun, keinginan saya adalah membuat postingan yang dapat menunjukkan kecintaan saya kepada Indonesia," ia menambahkan. 

Banyak warganet lokal merasa terhibur dengan aksi Dubes Ishii. Banyak di antara warganet perempuan yang mengaku merasa gemas.  

Ini bukan pertama kalinya Dubes Ishii memakai gaya santai untuk berdiplomasi dengan warganet. Sang dubes hobi melakukan diplomasi kuliner serta selalu bersemangat mengeksplorasi budaya dan politik Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram

💛💛💛💛💛💛💛💛💛 Menu lunch siang ini nasi kuning dengan lauk khas masakan Jawa. Pada hari ini Presiden Direktur Lotte Holdings Japan Bapak Tsukuda datang ke kantor saya dan bercerita tentang kegiatan beliau di Indonesia dan lain-lain. Bahkan saya pun menerima oleh-oleh produk Lotte. Kue coklat pie ini juga dijual di Indonesia dan sudah sejak lama menjadi produk terkenal yang beredar di pasaran. 🍫🍪🍭🍩🍫 この日のメニューも?ナシクニン💛です、おかずはジャワの代表的なものでした👍 この日はロッテホールディングスの佃社長がお見えになりインドネシアでの活動などをお伺いしました。そして、ロッテさんの代表的なお菓子をいただきました🍭このチョコパイはインドネシアでも販売さてれます、ロングセラーのお菓子ですよね? #dutabesarjepang#dubesishii#makansiangdubes#ishiitaishi#exploreindonesia#makanankhasindonesia #seriemakansiangdubes#サラメシ#大使メシ#ジャカルタ#インドネシア#jpnambsindonesia#quicklunch#nasikuning#serisnackjepang#日本のおやつシリーズ

A post shared by Ambassador Ishii Masafumi (@jpnambsindonesia) on

Sembari menikmati santapan khas Indonesia, sang dubes Jepang turut menunjukan program dan potensi Jepang, seperti Hello Kitty, produk cokelat Lotte, dan Mt. Fuji International Marathon 2019. 

 
 
 
View this post on Instagram

🐃🍜🐃🍜🐃🍜🐃🍜🐃🍜 Menu lunch saya kali ini adalah mie kuah dengan topping berbagai bagian dari sapi seperti daging, babat dan urat. Dengan melihat postingan makan siang saya yang banyak menu mienya, maka teman-teman semua tentu bisa mengerti kalau saya sangat suka dengan masakan mie. 🤣🤣🤣 Kitty-chan ini adalah maskot suporter OSAKA WORLD EXPO dengan pakaian kimono yang indah. 👘 Kemudian untuk snack hari ini adalah coklat kit-kat rasa apel shinshu yang dijual terbatas musimnya. 🍎Sewaktu saya pulang ke Jepang kemarin, saya kaget melihat beragam rasa coklat kit-kat. 👏 このランチメニューは牛肉のいろんな部位が入った汁麺です🍜麺料理のポストが多いのでみなさんもうお判りだと思いますが、私は麺料理が大好きです🤐こちらのキティちゃんは大阪・関西万博の応援団で、着物がかわいいです👘そしておやつにはキットカットの限定信州りんご🍎日本に帰ったときに色んな種類のキットカットがあって驚きました👀 #dutabesarjepang#dubesishii#makansiangdubes#ishiitaishi#exploreindonesia#makanankhasindonesia #seriemakansiangdubes#サラメシ#大使メシ#ジャカルタ#インドネシア#jpnambsindonesia#quicklunch#miekuah

A post shared by Ambassador Ishii Masafumi (@jpnambsindonesia) on

2 dari 3 halaman

Dubes Jepang Tertarik Rekrut SDM Terampil dari Indonesia

Tahun lalu, Ishii Masafumi mengungkapkan sejumlah alasan khusus mengapa Jepang tertarik merekrut tenaga terampil dari Indonesia.

Dia menjelaskan, Indonesia memang menjadi salah satu negara prioritas teratas ketika berbicara perekrutan tenaga asing untuk negeri tirai bambu tersebut.

"Kita memang juga negosiasi dengan negara-negara lain dan Indonesia masuk salah satu pilihan teratas. Alasan lain seperti diketahui potensi anak muda di Indonesia begitu besar. Perekonomian Indonesian juga tengah bertumbuh," tuturnya di Jakarta pada Juni tahun lalu. 

Hal itu dibenarkan oleh Menteri Ketenagakerjaan saat itu, Hanif Dhakiri, yang menyebutkan bahwa bonus demografi yang dinikmati Indonesia kini menjadi keuntungan tersendiri untuk RI.

Kata dia, manfaat bonus demografi ialah investasi pada sumber daya manusia terutama pada anak muda. Pemerintah pun dinilai harus mendongkrak potensi penduduk usia produktif agar mampu bersaing di pasar internasional.

"Karena problem populasi mereka (Jepang) menjadi lebih terbuka untuk penempatan tenaga kerja. Jepang akan mengalami shortage tenaga kerja dan aging society. Sedangkan, kita sedang memiliki bonus demografi, jadi masuk ke pasar mereka," paparnya.

Sementara itu, Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Maruli Hassoloan menjelaskan bahwa karakter Indonesia yang sopan dan gemar bekerja menjadi pertimbangan menarik bagi pemerintah Jepang.

"Tinggi minatnya, orang Indonesia disukai pekerja keras, sopan, santun. Program Pemagangan juga mereka disukai," tegas dia. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Resepsi Mewah Mantan Kapolsek Kembangan yang Digelar di Tengah Pandemi Corona COVID-19
Artikel Selanjutnya
Tes Seberapa Fokus Otak Anda, Berapa Kaki yang Dilihat?