Sukses

Viral Foto Wanita Nyetir Mobil di Kota Terlarang, Warga China Berang

Liputan6.com, Beijing - Lu Xiaobao mengunggah foto dirinya bersama teman dan mobilnya di Kota Terlarang (Forbidden City) di Beijing, China. Tak berapa lama, unggahan tersebut viral.

Meskipun dia telah menghapusnya, foto yang dengan cepat menjadi viral sudah tersebar luas. Netizen pun mendesak pihak dari Kota Terlarang untuk memberikan penjelasan.

Salah satu staf kemudian meminta maaf setelah membiarkan Lu mengendarai mobil ke tempat yang pada dasarnya dijaga dengan ketat. Pihak yang bersangkutan mengatakan, "sangat tertekan dan dengan tulus meminta maaf kepada publik."

Kota Terlarang adalah bekas istana kekaisaran China antara tahun 1420 dan 1912. Tempat itu adalah tempat warisan dunia dan salah satu daerah yang paling dijaga ketat di Tiongkok.

Kota Terlarang juga merupakan sebuah kompleks besar yang memiliki makna budaya dan sejarah yang signifikan. Terdiri dari halaman, istana dan taman, itu adalah rumah bagi koleksi kekaisaran seni dan artefak dinasti Ming dan Qing.

2 dari 4 halaman

Viral di Media Sosial

Kota Terlarang sering ditutup pada hari Senin, untuk memungkinkan pekerjaan pemeliharaan dan renovasi.

Foto itu diunggah oleh Lu pada 17 Januari di akun Weibo, sebuah media sosial China, yang berisi “pada hari Senin museum istana ditutup, jadi saya bergegas, bersembunyi dari keramaian, dan pergi bermain di Kota Terlarang."

Karena unggahannya itu, tagar #DrivingIntoTheForbiddenCity menjadi viral dalam waktu singkat dan telah digunakan ratusan ribu kali.

Lu telah menghapus foto aslinya, tetapi komentarnya telah dibagikan lebih dari 400.000 kali. Salah satu pengguna Weibo memberi komentar bahwa menghapus foto sudah tidak ada gunanya, karena seluruh negara Tiongkok telah mengetahui dan melihatnya. 

Saat ini sedang berlangsung Festival Musim Semi, salah satu hari libur umum terbesar China ketika ada migrasi massal di seluruh Tiongkok pergi mengunjungi tujuan wisata populer. Beijing dan tempat ikoniknya, pada saat ini tahun ini dikenal penuh dengan lautan orang.

3 dari 4 halaman

Siapakah Wanita Itu?

Warganet berspekulasi bahwa wanita itu berasal dari latar belakang keluarga kaya, mengingat unggahan foto sebelumnya di akun Weibo menunjukkan dirinya berada di kapal pesiar mewah.

Profil di akun Weibo Lu menjelaskan bahwa dia adalah pramugari di Air China, tetapi maskapai itu menjawab pertanyaan media yang mengatakan bahwa dia telah meninggalkan perusahaan beberapa tahun yang lalu.

China memiliki undang-undang yang ketat tentang perlindungan peninggalan budaya, dan sebelumnya telah "menandai" beberapa orang yang merusak tempat-tempat berharga. 

Ini bukan pertama kalinya Kota Terlarang mendapat kecaman karena foto-foto kontroversial di tempat itu. Pada Juni 2015, pernah beredar foto tentang pemotretan telanjang di luar museum istana.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Xi Jinping Akui Tahu Virus Corona 2 Pekan Sebelum Ia Umumkan ke Publik
Artikel Selanjutnya
Intens Lawan Virus Corona, China Harap Tidak Ada Wuhan Kedua