Sukses

Top 3: Asteroid Sebesar Piramida Giza Melintas hingga Staf Boeing Ejek 737 MAX

Asteroid sebesar Piramida Giza melintasi bumi hingga ejekan karyawan Boeing Ejek 737 MAX menjadi artikel populer edisi Senin 13 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta Asteroid sebesar Piramida Giza melintasi Bumi pada Minggu 12 Januari malam. Berita tersebut menjadi sorotan.

Asteroid yang dijuluki 2020 AO1 itu diperkirakan berdiameter sekitar 49 hingga 100 meter. Dan bila mencapai 100 meter, maka batu ruang angkasa itu ukurannya sama dengan Piramida Giza.

Berita selanjutnya yang jadi sorotan tentang Inggris yang menganggap Iran telah menangkap dubesnya sebagai pelanggaran hukum internasional. Departemen Luar Negeri Inggris pada Sabtu membenarkan Duta Besarnya di Tehran, Rob Macaire ditahan sesaat oleh otoritas Iran. Inggris pun mengecam penangkapan tersebut sebagai "pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional."

Berita yang juga tak kalah menjadi sorotan yakni ejekan karyawan boeing terhadap 737 MAX. Boeing mengungkap ratusan pesan berisi komentar kasar terkait 737 MAX, pesawat yang disebut tak memerlukan pilot untuk menjalani pelatihan simulator.

Sementara yang lain mengangkat masalah keselamatan dan mengeluh tentang standar keamanan yang longgar. Dalam pesan yang tercatat April 2017, seorang karyawan Boeing memberi tahu yang lain: "Pesawat ini dirancang oleh badut yang pada gilirannya diawasi oleh monyet."

Simak selengkapnya dalam Top 3 Global Liputan6.com, edisi Senin (13/1/2020) berikut ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Asteroid Sebesar Piramida Giza Lintasi Bumi Malam Ini

Asteroid besar akan melintasi Bumi pada Minggu (12/1/2020) malam ini. Asteroid yang dijuluki 2020 AO1 itu diperkirakan berdiameter sekitar 49 hingga 100 meter.

Bila mencapai 100 meter, maka batu ruang angkasa itu ukurannya sama dengan Piramida Giza.

Menurut perkiraan Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, 2020 AO1 akan meluncur melewati Bumi sekitar pukul 19.18 GMT, di mana titik itu akan melaju dengan kecepatan hampir 40.000 mph.

Asteroid itu akan berada sekitar dua juta mil dari Bumi saat melintas. Meski jauh, jarak itu dikategorikan NASA sebagai 'pendekatan dekat' dengan planet Manusia.

 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Inggris Anggap Iran Tangkap Dubesnya Sebagai Pelanggaran Hukum Internasional

Kantor Luar Negeri Inggris pada Sabtu membenarkan Duta Besarnya di Teheran, Rob Macaire ditahan sesaat oleh otoritas Iran. Inggris pun mengecam penangkapan tersebut sebagai "pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional."

Penahanan Rob Macaire terjadi saat massa berdemonstrasi di Teheran menuntut Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mundur sebagai tanggung jawab atas  insiden penembakan pesawat Ukraina yang menewaskan warga sipil.

Kantor Berita Tasnim yang berbasis di Teheran melaporkan Dubes Inggris Rob Macaire ditahan selama beberapa jam di depan Universitas Amir kabir lantaran diduga menghasut massa anti-pemerintah.

 

Baca selengkapnya...

 

4 dari 4 halaman

3. Terungkap Karyawan Boeing Ejek 737 MAX: Pesawat Dibuat Badut dan Diawasi Monyet

Boeing mengungkap ratusan pesan berisi komentar kasar terkait 737 MAX, pesawat yang disebut tak memerlukan pilot untuk menjalani pelatihan simulator. Sementara yang lain mengangkat masalah keselamatan dan mengeluh tentang standar keamanan yang longgar.

Perusahaan raksasa pembuat pesawat Amerika Serikat itu merilis sebuah kumpulan dokumen internal pada Kamis 9 Januari 2020.

 

Baca selengkapnya...

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.