Sukses

2 Januari Hari Introvert Sedunia, Kenali 5 Karakter yang Jadi Kelebihan

Liputan6.com, Jakarta - 2 Januari ditetapkan sebagai Hari Introvert Sedunia. Meskipun bukan hari libur resmi, Hari Introvert Dunia telah dirayakan oleh para introvert di seluruh dunia sejak 2011.

Bukan kebetulan bahwa Hari Introvert Dunia jatuh segera setelah Hari Tahun Baru: Idenya adalah bahwa para introvert membutuhkan waktu setelah menjalani musim liburan.

Tidak ada lagi obrolan basa-basi dengan rekan yang tak terlalu akrab atau berkumpul bersama keluarga yang bahkan tak tahu namanya.

Ini juga merupakan hari untuk membawa kesadaran pada para introvert dan mengingat mengapa menjadi sosok tersebut adalah sesuatu yang luar biasa, bukan sesuatu yang memalukan.

Menurut psychologytoday.com, berikut adalah 5 karakter orang introvert yang merupakan suatu kelebihan: 

2 dari 6 halaman

1. Introvert merupakan pemecah masalah dan pencari solusi.

Introvert cenderung lebih suka bekerja sendiri.

Saat Anda bersama orang lain, otak Anda dipaksa melakukan banyak tugas. Bahkan jika Anda tidak berinteraksi dengan seseorang, sebagian dari perhatian Anda dipenuhi dengan kehadiran mereka, demikian saran penelitian.

Tetapi ketika Anda sendirian, Anda dapat menjernihkan pikiran dan memfokuskan pikiran Anda. Dan semua pemikiran yang dalam dan terkonsentrasi ini dapat mengarah pada solusi baru dan ide-ide brilian.

3 dari 6 halaman

2. Tanpa disadari, introvert mampu bekerja lebih baik dalam tim

Corinne Bendersky dan rekan-rekannya menemukan bahwa ekstrovert membuat kesan pertama yang baik, namun mereka mungkin mengecewakan seiring waktu ketika mereka menjadi bagian dari tim.

“Nilai dan reputasi mereka di tempat kerja berkurang seiring waktu,” jelas Bendersky. “Di tim, Anda diharapkan untuk bekerja keras dan berkontribusi banyak. Tetapi mereka sering menjadi pendengar yang buruk, dan mereka tidak berkolaborasi dengan baik."

Introvert, di sisi lain, dapat bekerja lebih keras dalam tim, karena mereka sangat peduli tentang apa yang orang lain pikirkan tentang mereka.

Jadi, sementara perusahaan mungkin tertarik untuk mempekerjakan orang ekstrovert, karena mereka terdengar hebat dalam wawancara, perusahaan juga harus ingat bahwa orang introvert memiliki kekuatan yang hebat, namun tidak banyak diketahui. 

4 dari 6 halaman

3. Introvert memiliki hubungan yang intim dan mendalam dengan orang lain

Introvert memiliki satu kualitas terbaik dalam diri mereka, yaitu hubungan yang mendalam.

Alih-alih berbicara tentang cuaca atau apa yang Anda lakukan akhir pekan ini, mereka lebih suka mengintip ke dunia batin Anda. Apa yang sudah kamu pelajari belakangan ini? Bagaimana ide Anda berkembang? Bagaimana kabarmu?

Ketika Anda mengenal seorang introvert dalam hidup Anda, Anda mungkin mengalami keintiman yang belum pernah dimiliki sebelumnya.

5 dari 6 halaman

4. Introvert selalu memegang perkataannya

Introvert cenderung lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Mereka juga berpikir matang-matang sebelum berbicara. 

Mereka memilih kata-kata yang diucapkan dengan hati-hati, karena mereka tahu bahwa sekali berkata, kata-kata tidak dapat ditarik kembali atau dengan mudah dilupakan.

6 dari 6 halaman

5. Introvert mampu tenang ketika menghadapi masalah

Ketika semua orang kehilangan kendali atas perubahan kebijakan terbaru yang ada di kantor, mereka yang introvert memikirkan cara baru untuk menyesuaikan diri.

Ketika semua orang panik karena suatu hal tidak berjalan sesuai dengan rencana, para introvert sudah memiliki rencana cadangan secara diam-diam.