Sukses

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Seorang Introvert

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang kepribadian, manusia berada pada sebuah kontinum introvert dan ekstrovert. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ketika introvert bertindak seperti ekstrovert, itu bisa membantu meningkatkan suasana hati mereka.

Tak heran, para introvert sering diminta untuk bertindak selayaknya ekstrovert. Akan tetapi, seorang introvert ternyata memiliki kualitas yang berbeda, yang dapat memberikan pelajaran pada orang lain.

"Seorang introvert tahu bahwa hidup mereka "kaya dan penuh" yang membuat mereka merasa puas dan nyaman untuk melakukan segala halnya sendiri," kata seorang profesor ilmu perilaku, Laurie Helgoe seperti dikutip Today, Jumat (8/11/2019).

 

2 dari 2 halaman

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Seorang Introvert

1. Tahu kapan harus mengatakan tidak

Ada kesalahpahaman seperti seorang introvert tidak suka berada di dekat orang lain. Padahal, orang introvert begitu menikmati menghabiskan waktu bersama teman dan keluarganya, hanya saja frekuensinya tidak sebanyak ekstrovert.

"Masalahnya bukan mereka tidak ingin bersama orang lain. Sebaliknya, mereka merasa hanya perlu berbuat lebih sedikit pada kehidupan sosialnya," ucap prosefor psikologi, Christopher Soto.

Artinya, seorang introvert lebih cenderung sering mengatakan tidak. Ketika banyak orang merasakan fear of missing out (FOMO), atau takut tidak dikatakan gaul atau up to date, seorang introvert tidak merasakan demikian karena sudah merasa nyaman dengan kesendirian.

2. Tidak membagikan segalanya

Baik di tempat kerja ataupun pesra, banyak orang yang terlalu banyak bercerita. Seorang introvert, di sisi lain cenderung tidak akan melakukan itu.

"Ekstrovert berisiko melakukan itu, mengungkapkan terlalu banyak informasi tanpa memiliki batas. Sedangkan introvert lebih terhindar dari hal tersebut," ucap Christopher.

3. Tidak akan asal bertindak

Seorang introvert cenderung tidak akan memiliki perilaku berisiko dan mungkin akan menghindari hal-hal yang tidak disengaja. Seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi, misalnya.

"Kegiatan santai yang berisiko bagi keselamatan biasanya kurang menarik bagi para introvert, dan itu mungkin baik untuk melindungi diri mereka," ucap Christopher.

4. Berhenti sebelum berbicara

Orang ekstrovert biasanya akan menyukai pujian, sehingga seringkali mereka berbicara banyak hal untuk mendapatkan validasi yang tinggi. Seorang introvert tidak perlu validasi sebanyak itu dan akan merasa kurang tertarik untuk berbicara terlalu banyak.

"Itu adalah kekuatan para introvert, biasanya mereka akan duduk dan memikirkan apa yang dikatakan semua orang. Kemudian mempertimbangkan respons apa yang akan diberikan," ucap Helgoe.

5. Seorang pengamat

Menjadi orang yang berhati-hati bisa mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesehatan. Orang introvert seringkali terlibat dalam banyak pengamatan, yang memungkinkan mereka untuk lebih merasakan setiap momen yang dilalui.

"Orang introvert melihat dunia dengan cara yang berbeda, layaknya karya seni atau cerita yang bisa memperkaya kehidupan," ucap Helgoe.

Penulis: Diviya Agatha

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Jitu Sampaikan Ide Kreatif dan Inovatif