Sukses

Olahraga Ini Cocok untuk Orang dengan Tipe Kepribadian Introvert (2)

Orang introvert butuh olahraga yang bikin mereka nyaman tanpa harus terlibat lebih jauh dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Kerap dikaitkan dengan kegiatan yang di dalam rumah dan dianggap membosankan seperti membaca buku, orang introvert juga perlu untuk berolahraga. Namun, olahraga bagi orang dengan tipe kepribadian ini tidak sembarangan. Salah-salah, hal ini malah akan membuat mereka tidak nyaman.

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai 6 dari 13 olahraga yang tepat untuk orang introvert.

Dilansir dari Women's Health pada Rabu (9/5/2018), paling tidak ada 13 olahraga yang cocok bagi mereka dengan kepribadian ini. Berikut ini lima dari 13 olahraga yang cocok untuk orang dengan tipe kepribadian introvert.

7. Mendayung

"Olahraga di atas air dan nikmati ketenangan, serta kemampuan untuk menemukan perasaan tenang itu akan benar-benar menarik bagi mereka," kata Kristen Dieffenbach, konsultan mental dari Association for Applied Sport Psychology.

Jika tidak ada kesempatan untuk melakukannya di air, mesin dayung di gym juga mampu memberikan ketenangan serta pengalaman yang sama.

8. Yoga

Yoga akan menjadi latihan yang bagus untuk orang introvert. Menurut pelatih bersertifikat dan penasihat senior untuk pendidikan kesehatan dan kebugaran American Council on Exercise, Jessica Matthews, ini akan membuat mereka mendapatkan fokus yang mendalam.

"Itu akan berlaku dalam yoga berkelompok atau di rumah sendiri," tambahnya.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Latihan Beban

9. Pilates dan Barre

Fokus dan gerakan-gerakan sederhana ketika latihan pilates atau barre, menjamin Anda memusatkan perhatian pada latihan sendiri.

"Ini adalah latihan yang berorientasi pada proses. Anda akan fokus pada pengalaman diri sendiri. Orang yang lebih introvert mampu menikmati jenis gerakan dibandingkan latihan yang konvensional," kata Matthews.

10. Latihan Beban

Latihan beban sebenarnya menawarkan ketenangan pada pikiran dan tubuh. Anda juga tidak harus membandingkan diri dengan orang lain.

"Benar-benar hanya ada Anda saat itu. Fokuslah pada bentuk, teknik, dan beban yang diangkat," kata Matthews.

11. Panjat tebing

Pergi ke alam bebas menjadi waktu yang tepat bagi siapa pun untuk memusatkan diri. Namun, orang introvert akan merasakan itu lebih daripada orang lain.

Salah satu olahraga yang tepat adalah panjat tebing.

"Ini adalah latihan di mana individu akan bertanggung jawab untuk kesuksesan mereka sendiri," kata Matthews.

 

3 dari 3 halaman

Selancar dan Latihan di Rumah

 12. Berselancar

Jika Anda tinggal dekat pantai atau punya waktu yang cukup, berselancar merupakan olahraga yang tepat. Hal itu juga memadukan ketenangan dengan kepuasan ketika berada di alam.

"Masuk ke dalam sensasi itu benar-benar memuaskan bagi seorang introvert," tambah Matthews.

13. Latihan Streaming

"Ada berbagai latihan virtual yang mengagumkan saat ini. Anda bisa melakukannya dengan nyaman di rumah sendiri," kata Dieffenbach.

Ada beberapa kelas yang menawarkan latihan secara daring dengan berlangganan. Ini membuat Anda berlatih dalam kelompok, tanpa harus bicara dengan siapa pun yang bikin tidak nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.