Sukses

Warga Jerman Anggap Donald Trump Lebih Bahaya dari Kim Jong-un dan Putin

Ditanya siapa pemimpin yang menjadi ancaman terbesar bagi perdamaian dunia, orang Jerman cenderung menunjuk Donald Trump.

Berlin - Meskipun Amerika Serikat adalah salah satu sekutu terdekat Jerman, kepercayaan publik di Jerman secara signifikan telah terkikis di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, demikian hasil survei terbaru dari YouGov.

Responden Jerman ditanya siapa pemimpin yang lebih berbahaya: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Presiden China Xi Jinping, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Presiden Rusia Vladimir Putin, atau Presiden AS Donald Trump.

Sekitar 41% responden Jerman mengatakan mereka berpikir Donald Trump adalah pemimpin yang paling berbahaya dari kelima pemimpin dunia itu. Demikian dikutip dari DW Indonesia, Senin (30/12/2019).

Di tempat kedua Kim Jong-un terpaut jauh di belakang dengan 17%, diikuti oleh Vladimir Putin dan Ayatollah Ali Khamenei dengan 8%. Di tempat terkahir, atau yang dianggap paling tidak berbahaya adalah Presiden China Xi Jinping dengan 7%.

Lebih dari 2.000 orang di Jerman mengambil bagian dalam survei itu, yang dipesan oleh kantor berita Jerman DPA.

Dalam jajak pendapat serupa dari YouGov yang dilakukan pada bulan Juli tahun lalu, masih 48% orang Jerman yang mengatakan Donald Trump lebih berbahaya daripada Kim Jong-un dan Vladimir Putin. Namun, jajak pendapat tahun lalu tidak memasukkan nama pemimpin Iran atau China.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Macron Lebih Dipercaya Ketimbang Merkel

Dalam sebuah jajak pendapat lain yang dirilis akhir tahun ini terlihat bahwa kepercayaan publik di Jerman pada Kanselir Angela Merkel juga berkurang, terutama jika dibandingkan dengan para pemimpin Eropa lainnya.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei Kantar atas pesanan kelompok media Funke, 57% orang Jerman yang disurvei menyatakan bahwa mereka kepercayaan mereka terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron "lebih tinggi". Angela Merkel berada beberapa poin di belakang, dengan 53%. Responden bisa menyebut beberapa nama sekaligus.

Kalau pertanyaan dibalik, yaitu siapa yang mereka percaya "sangat sedikit", 44% orang Jerman mengatakan mereka sangat sedikit percaya kepada Angela Merkel, dan 32% menyatakan hal serupa tentang Emmanuel  Macron.

Dalam jajak pendapat itu, Donald Trump menduduki peringkat tertatas sebagai pemimpin yang paling tidak dapat dipercaya, dengan 89%, di peringkat kedua Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan 86%. Posisi ketiga ditempati Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dengan 71 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.