Sukses

Berada Dekat Bumi, Bintang Merah Raksasa Ini Diprediksi Ilmuwan Akan Meledak

Cahaya sebuah bintang merah raksasa yang dekat bumi terpantau meredup. Ilmuwan memprediksi benda langit itu akan meledak. Berbahayakah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bintang muda terpantau melakukan aktivitas tak menentu belakangan ini.

Bintang itu, Betelgeuse, tiba-tiba cahanya meredup. Mungkin itu pertanda, kata para astronom, bahwa bintang itu akan meledak. Kemungkinan lain adalah supergiant merah itu mungkin hanya akan melalui sebuah fase.

Seorang profesor astronomi di Universitas Villanova, Ed Guinan, yang juga penulis utama pada makalah 8 Desember berjudul "The Fainting of the Nearby Supergiant Betelgeuse", mengatakan kepada CNN bahwa Betelgeuse (diucapkan: jus BAY-tel) keterangannya menurun tajam sejak Oktober, dan sekarang sekitar 2,5 kali lebih redup dari biasanya.

Dari posisi bintang paling terang kesembilan di langit, Betelgeuse sekarang berada di posisi ke 23.

Guinan dan rekan-rekannya telah mengamati bintang ini selama beberapa dekade, dengan penelitian terus menerus sejak 1980. Dalam setengah abad terakhir, bintang itu tidak pernah redup secara agresif, dan itu bisa berarti kita berada di ambang sesuatu yang luar biasa.

"Apa yang menyebabkan supernova berada jauh di dalam bintang. Dan karena bintang itu sangat besar, mustahil untuk mengetahui apa yang terjadi sejauh ini," kata Guinan seperti dikutip dari CNN, Jumat (27/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Supernova?

Menurut ilmuwan, hal itu bisa menjadi awal supernova.

Supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak daripada nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang.

Betelgeuse adalah bintang di bahu Orion, rasi bintang ikonik dalam bentuk seorang pemburu yang memegang busur di langit malam. Namanya berasal dari bahasa Arab untuk "tangan Orion."

Bintang itu, yang berjarak sekitar 700 tahun cahaya dari Bumi, adalah tetangga yang relatif dekat di dalam galaksi kita.

"Apa yang istimewa dari ini adalah seberapa dekat itu," kata Guinan.

Guinan mengatakan itu adalah kandidat supernova terdekat yang paling mungkin. Usianya sekitar sembilan juta tahun, dan bintang sebesar Betelgeuse biasanya tidak memiliki rentang hidup lebih dari 10 juta tahun.

Meskipun waktunya hampir tiba, bintang itu mungkin tidak akan meledak dalam hidup Anda."Itu mungkin akan terjadi dalam 200.000 atau 300.000 tahun ke depan," kata Guinan.

Itu adalah bintang variabel, yang artinya meredup dan cerah secara teratur, dalam siklus yang dapat bertahan sekitar 420 hari. Betelgeuse telah berada dalam periode redup normal selama beberapa bulan terakhir, tetapi periodenya lebih cepat secara dramatis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Proses peredupan akan berakhir pada pertengahan Januari, menurut model matematika. Tetapi Betelgeuse sering mengikuti aturannya sendiri, katanya.

"Saya pribadi berpikir bintang itu akan bangkit kembali, tetapi sangat menyenangkan melihat bintang-bintang berubah," kata Guinan. Namun, dia menambahkan, "Jika terus meredup, maka semua taruhan dibatalkan."

3 dari 3 halaman

Ini yang Terjadi Jika Meledak Siang Hari

Jika meledak, cahaya bintang itu akan cukup cerah untuk dilihat di siang hari.

Itu mungkin berarti kita berada di ambang pertunjukan cahaya yang cemerlang, karena jika bintang sedekat ini meledak, itu akan membuat dampak. Bintang-bintang dengan cepat memadukan berbagai elemen dalam inti mereka.

Dan jika Betelgeuse terbakar hingga ke inti besi, yang tidak akan melebur, inti itu bisa runtuh dengan cepat, mengarah ke supernova. Supergiant merah akan menyala biru cerah selama tiga dari empat bulan, dan akan memakan waktu sekitar satu tahun untuk memudar.

"Itu akan menjadi bintang yang sangat terang terlihat di siang hari," kata Guinan.

Tidak akan ada bahaya langsung terhadap kehidupan di bumi, tetapi radiasi ultraviolet dari ledakan langit dapat menghanguskan ozon di atmosfer kita.

Betelgeuse Terlihat Aneh Selama Beberapa Tahun

Perilaku aneh Betelgeuse telah muncul dengan cara lain selama beberapa dekade. Pada 2009, mendiang astronom dan Peraih Nobel Charles Townes mengatakan kepada CNN bahwa ia mengamati Betelgeuse menyusut 15% sejak pertengahan 1990-an.

Saat itu, Townes dan rekan-rekannya bingung karena bintang biasanya menjadi lebih cerah saat menyusut. Betelgeuse terlihat redup. Bintang ini telah bertindak berbeda dalam beberapa bulan terakhir, dan siapa pun dapat menebak apa artinya semua bacaan yang tidak biasa.

"Itu mungkin bintang terang yang sangat kecil, atau bahkan mungkin lubang hitam. Ledakan akan sangat mengejutkan," kata Townes saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini