Sukses

10 Fakta Unik Finlandia, Negara Paling Bahagia dengan Pendidikan Nomor 1 Dunia

Liputan6.com, Helsinki - Finlandia menjadi sorotan karena posisinya sebagai negara dengan pendidikan tertinggi di dunia. Berada di posisi puncak bahkan mengalahkan Amerika dan Inggris.

Selain itu, Finlandia juga masuk dalam daftar negara paling bahagia di dunia. Di mana warga menikmati standar hidup yang tinggi dan kehidupan yang damai.

Daftar negara-negara paling bahagia di dunia itu dirilis oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan untuk PBB (Sustainable Development Solutions Network for the United Nations). Jika selama ini Anda mengira negara hebat pasti bahagia, anggapan itu tidak sepenuhnya tepat. Peringkat teratas nyatanya diraih oleh negara yang tidak memiliki ambisi besar untuk mendominasi perpolitikan global.

Ternyata predikat paling bahagia itu tidak hanya diberikan kepada warga lokal semata, namun juga imigran yang berpindah ke Finlandia.

John Helliwell, salah seorang editor laporan tersebut yang juga merupakan profesor emeritus bidang ekonomi di University of British Columbia, mengatakan Finlandia bahagia karena gaya hidup mereka.

Negara Nordik di Eropa Utara itu juga dikenal karena keindahan alamnya yang nyata serta budayanya yang unik. 

Berikut ini fakta menarik lain tentang Finlandia yang jadi sorotan, seperti dikutip dari worldatlas, Sabtu (21/12/2019):

2 dari 3 halaman

Rumah Sauna hingga Pecinta Susu

10. Ada Lebih dari 3 Juta Sauna Di Finlandia

Sauna Finlandia adalah bagian integral dari budaya di Finlandia. Ada lebih dari 3 juta sauna untuk 5 juta penduduk negara itu.

Sauna di Finlandia adalah tempat untuk bersantai dan bersosialisasi dengan keluarga dan teman. Bagi orang Finlandia, sauna adalah suatu keharusan, dan di masa lalu kebanyakan wanita Finlandia melahirkan di sauna.

9. Orang Finlandia Sangat Suka Minum Susu

Orang Finlandia sangat menyukai susu dan produk susu. Konsumsi susu tahunan per orang di Finlandia adalah 34,34 galon, menjadikan Finlandia negara konsumen susu tertinggi di dunia.

Orang Finlandia mengkonsumsi susu dalam bentuk cairnya, seperti susu asam atau susu dadih, dan produk susu lainnya seperti es krim, keju, dan yogurt.

8. Perlombaan Wife-Carrying Race atau Menggendong Istri Berasal dari Finlandia

Menggendong istri, juga dikenal di Finlandia sebagai eukonkanto, adalah kompetisi di mana pria harus membawa rekan wanita satu tim mereka (secara tradisional istri mereka) dan berlomba melawan pesaing lain melalui jalur hambatan khusus. Orang yang selesai pertama dinyatakan sebagai pemenang.

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan di Sonkajärvi, Finlandia. Saat ini, Sonkajärvi menjadi tempat digelarnya Wife Carrying World Championships. Pemenangnya menerima hadiah bir senilai berat istrinya.

7. Finlandia Adalah Satu-Satunya Rumah dari Saimaa Ringed Seal yang Langka

Spesies anjing laut yang sangat terancam, Saimaa Ringed Seal ditemukan di Danau Saimaa, Finlandia. Hanya sekitar 380 individu dari spesies yang hidup di danau saat ini.

Anjing laut jenis itu mulai menghuni danau ketika daratan naik dan memotong danau dari laut setelah zaman es terakhir.

Selama sekitar 9.500 tahun, spesies anjing laut ini berevolusi secara terpisah dan merupakan salah satu dari sedikit hewan laut air tawar yang hidup saat ini.

6. Kata Palindromik Terpanjang Berasal Dari Bahasa Finlandia

Palindrome adalah frasa atau kata yang dibaca sama dari depan atau belakang.

Kata palindromik terpanjang yang dikenal adalah saippuakivikauppias (19 huruf), yang dalam bahasa Finlandia berarti pedagang soda api (soda api).

3 dari 3 halaman

Pecandu Kopi hingga Masuk Daftar Paspor Tersakti

5. Orang Finlandia Minum Kopi Lebih Banyak Daripada Orang Lain

Sama seperti susu, orang-orang Finlandia juga kecanduan kopi. Terbukti dari kenyataan bahwa negara itu berada di peringkat nomor satu dalam daftar 10 negara konsumen kopi teratas dunia.

Orang Finlandia mengkonsumsi 12 kg kopi per orang setiap tahun.

Kopi tidak hanya menjadi minuman sehari-hari di negara ini, tetapi juga merupakan minuman perayaan yang dikonsumsi pada acara-acara khusus, pesta, dan makan siang pasca-ibadah di gereja.

4. Finlandia Merayakan 'Hari untuk Kegagalan'

Finlandia merayakan kegagalan pada 13 Oktober setiap tahun.

Perayaan pertama diadakan pada tahun 2010 oleh mahasiswa Finlandia. Sejak itu menjadi sangat populer dan menarik nama-nama besar di masyarakat Finlandia.

Saat ini, banyak politikus, artis, tokoh media, dan lainnya yang terkenal mendukung Day for Failure atau hari kegagalan. Dalam perayaan itu orang-orang berbagi kisah kegagalan mereka dan bagaimana mereka mengatasi masalahnya.

Hari itu dirayakan untuk memungkinkan orang membuka masalah dalam kehidupan, dan mengumpulkan dorongan dari masyarakat serta orang lain yang mengalami nasib serupa tetapi masih berhasil bertahan.

3. Terowongan Terpanjang Kedua Dunia Terletak di Finlandia

Terowongan Air Päijänne adalah terowongan sepanjang 120 km di bagian selatan Finlandia. Terowongan itu memasok air bersih bagi jutaan orang Finlandia yang tinggal di wilayah tersebut.

Terowongan ini adalah terowongan terpanjang kedua di dunia, setelah Delaware Aqueduct atau Saluran Air Delaware di Amerika Serikat.

2. Finlandia Menjadi ibu Kota dengan Tahanan Kabur Terbanyak di Eropa

Sementara Finlandia dipuji karena sistem "penjara terbuka" progresifnya, Finlandia juga menderita kelemahan sistem tersebut. Di negara itu, tahanan diizinkan untuk bersirkulasi di komunitas sekitarnya pada siang hari. Mereka dapat belajar, bekerja, atau berbelanja seperti orang bebas lainnya.

Sistem seperti itu dianggap efektif dari segi biaya, dan juga diyakini menurunkan level reofending rates. Namun, sistem ini juga memudahkan tahanan untuk melarikan diri. Tahanan Finlandia memiliki tingkat tahanan kabur 1.084 per 10.000 tahanan, jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di Eropa.

1. Paspor Finlandia Salah Satu yang Tersakti di Dunia

Individu dengan paspor Finlandia dapat mengakses 175 negara di seluruh dunia tanpa visa. Ini adalah paspor paling kuat ketiga di dunia, setelah paspor Jerman dan Singapura.