Sukses

Menguak 27 Fakta Menarik yang Bikin Pendidikan Finlandia Nomor 1 Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Finlandia dikenal sebagai negara yang memiliki pendidikan terbaik di dunia. Nomor wahid.

Finlandia juga menjadi pesaing utama pada setiap program untuk survei penilaian siswa internasional. Hal ini dibuktikan dengan negara Nordik yang terletak di Eropa Utara tersebut mengungguli Amerika Serikat dalam bidang membaca, sains, dan matematika. Dan negara itu berada di posisi teratas sejak program pertama untuk program PISA pada tahun 2000.

Siswa-siswi di Finlandia dilaporkan mengungguli siswa di sebagian besar AS dan Inggris. Gurunya menikmati keseimbangan kerja dan kehidupan yang jauh lebih baik.

Sistem pendidikan di Finlandia sebagai salah satu yang terbaik di dunia pun akhirnya menjadi sorotan. Banyak orang mencari tahu, bagaimana negara dengan ibu kota Helsinki itu mencapai status sebagai salah satu yang terbaik dalambindang tersebut.

Berikut ini fakta menarik yang disebutkan membuat pendidikan Finlandia menjadi nomor satu dunia, seperti dikutip dari teacherofsci.com, Jumat (20/12/2019):

Sistem Pendidikan Finlandia.

1. Anak-anak Finlandia memasuki pendidikan pada usia lebih tua daripada di banyak negara. Mereka mulai sekolah pada usia 7 dan percaya bahwa "memulai anak-anak di sekolah sebelum mereka siap secara alami tidak memiliki keuntungan jangka panjang yang terbukti secara ilmiah", seperti dikutip dari Finland.org.au.

2. Sebelum usia 7 tahun, anak-anak sekolah Finlandia dapat mengikuti kegiatan di day care/nursery school, tetapi mereka tidak memiliki pendidikan forma di sana, Sebaliknya, mereka fokus pada permainan kreatif. 

"Mereka butuh waktu untuk bermain dan aktif secara fisik. Ini waktu untuk kreativitas ”. kata Tiina Marjoniemi, kepala pusat penitipan anak Franzenia di Helsinki seperti dikutip dari The Guardian

3. Untuk setiap 45 menit pembelajaran, siswa menikmati 15 menit permainan.

4. Masa sekolah hanya wajib selama 9 tahun, artinya siswa dapat meninggalkan pendidikan pada usia 16 tahun. Semuanya setelah itu bersifat opsional. Ide ini dianggap untuk mempersiapkan siswa Finlandia untuk dunia nyata.

5. Siswa-siswi Finlandia tidak mendapat penilaian sama sekali selama enam tahun pertama pendidikan mereka.

6. Siswa di Finlandia hanya perlu mengikuti ujian terpusat (National Matriculation Exam) pada usia 16 tahun.

Jam Sekolah Finlandia

7. Siswa Finlandia melakukan paling sedikit jumlah jam pelajaran per minggu di negara maju, namun mendapatkan hasil terbaik dalam jangka panjang. Hari sekolah dimulai pukul 08.00-09.00 pagi dan selesai pada pukul 14.00.

2 dari 5 halaman

Peringkat Pendidikan Finlandia

8. Sekolah-sekolah di Finlandia tidak diberi peringkat dengan cara apa pun, tidak ada perbandingan yang dibuat antara sekolah, daerah, guru atau bahkan siswa. Mereka percaya bahwa kerja sama adalah kunci kesuksesan, bukan kompetisi.

9. Guru dari Finlandia adalah beberapa yang paling berkualitas di dunia. Persyaratan untuk menjadi guru di negara itu ditetapkan sangat tinggi, hanya sekitar 10% dari pelamar yang berhasil dan semua memiliki gelar master (yang notabene disubsidi penuh!).

10. Guru Finlandia memiliki status yang sama dengan dokter dan pengacara.

11. Guru Finlandia juga tidak diberi penilaian. Ini mungkin akibat langsung dari proses seleksi ketat mereka. Oleh karena itu, para pengguna jasa guru merasa tak perlu untuk terus melakukan penilaian.

Jika seorang guru tidak menunjukkan kinerja yang memuaskan, semua tergantung kepala sekolah.

"Ini tentang akuntabilitas guru,"  ujar Direktur Kementerian Pendidikan Finlandia dan penulis Finnish Lessons, Pasi Sahlberg.

12. Sekolah tidak diinspeksi.

Inspeksi sekolah sebenarnya dihapuskan di Finlandia pada awal 1990-an. Mereka memiliki ideologi bahwa mereka dapat membantu mengarahkan dan membantu melalui dukungan dan pendanaan. Sekali lagi, mereka mempercayai profesionalisme guru dan pemimpin sekolah. Sekolah didorong untuk mengevaluasi diri.

13. Tidak ada sekolah selektif atau sekolah swasta. Salah satu alasan mengapa tidak ada persaingan antara sekolah-sekolah Finlandia adalah bahwa semua sekolah didanai melalui dana publik. Tidak ada kompetisi = level bidang permainan.

14. Semua anak sekolah Finlandia menerima makanan sekolah gratis, semuanya, sepanjang sekolah!. Sudah ada makan siang panas yang sehat, disajikan untuk semua siswa sejak tahun 1943 selama 9 tahun di sekolah, seperti dikutip dari Huffingtonpost.com.

15. Siswa Finlandia semuanya memiliki akses ke dukungan yang secara individual didasarkan pada kebutuhan spesifik mereka sejak awal karir sekolah. Mereka percaya bahwa setiap anak memiliki beberapa kebutuhan khusus, oleh karena itu pendidikan khusus adalah untuk semua orang.

16. Pendidikan dasar adalah prioritas. Alih-alih berfokus pada peningkatan nilai ujian dan mendominasi dalam matematika, sains, dan bahasa Inggris, sistem pendidikan Finlandia berfokus pada menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis bagi siswa dan pembelajaran. Ideologi sistem pendidikan Finlandia adalah bahwa pendidikan harus menjadi "instrumen untuk menyeimbangkan kesenjangan sosial".

17. Siswa Finlandia memiliki guru yang sama hingga 6 tahun karir sekolah mereka. Ini adalah salah satu pilar ideologi lingkungan pendidikan yang harmonis.

Ini memungkinkan hubungan siswa / guru terus tumbuh dekat dari tahun ke tahun, memungkinkan tingkat kepercayaan dan rasa hormat yang jauh lebih dalam daripada hanya bersama selama satu tahun.

3 dari 5 halaman

Kurikulum Pendidikan Finlandia

18. Siswa Finlandia memiliki pekerjaan rumah lebih sedikit daripada siswa lain di planet ini. Bahkan dengan jam sekolah lebih sedikit, mereka masih mendapatkan semua yang mereka perlu lakukan saat di sekolah.

Hal itu dipercaya dapat membangun kemampuan anak Finlandia untuk tumbuh dan belajar menjadi orang dewasa yang bahagia dan bertanggung jawab.

19. Semua kelas memiliki kemampuan campuran. Ini tidak populer di banyak sistem pendidikan di Inggris dan AS dan mungkin ada banyak guru yang tidak menyukainya. Namun, beberapa sistem pendidikan yang paling sukses memiliki kelas kemampuan campuran, jadi itu berhasil!

20. Siswa Finlandia belajar lebih banyak bahasa. Mereka belajar bahasa Finlandia sejak hari pertama di sekolah.

Pada usia 9 tahun mereka mulai belajar bahasa Swedia, yang merupakan bahasa kedua Finlandia. Pada usia 11 tahun belajar bahasa ketiga (yang biasanya bahasa Inggris). banyak siswa bahkan mulai belajar bahasa keempat ketika mereka berusia 13 tahun.

Mereka hanya diuji pada dua bahasa pertama mereka dalam ujian akhir di akhir sekolah menengah.

21. Guru umumnya hanya menghabiskan waktu 4 jam sehari di kelas, dan memiliki 2 jam setiap minggu untuk pengembangan profesional, sehingga mengurangi stres guru.

22. Kurikulum nasional Finlandia adalah pedoman berbasis luas, yang memungkinkan guru untuk menggunakan gaya dan ide mereka sendiri di kelas. Ini dibangun di atas kepercayaan yang dimiliki sistem pendidikan Finlandia pada para pengajarnya.

4 dari 5 halaman

Statistik Pendidikan Finlandia

23. 93% siswa lulus sekolah menengah. Jumlah itu melebihi AS.

24. 24 66% siswa sekolah menengah melanjutkan ke pendidikan lanjutan (perguruan tinggi atau kursus kejuruan).

25. Biaya sekolah Finlandia sekitar 30% lebih sedikit per siswa daripada AS, Inggris, Jepang dan Jerman. (Indikator OECD)

26. Kurang dari 100% siswa kelas 9 di Finlandia melanjutkan ke sekolah menengah. Angka ini termasuk sebagian besar anak-anak disabilitas parah, menurut smithsonian.com.

27. 43% dari siswa dalam pendidikan lanjutan (16+) berada di sekolah kejuruan.

Jadi begitulah, kira-kira siswa dan guru Finlandia adalah bagian dari sistem pendidikan yang hebat.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: