Sukses

Ribuan Burung Mati Misterius di Danau India

Sekitar sepuluh spesies ditemukan mati misterius di sekitar Danau Sambhar, danau air asin pedalaman terbesar di India dekat Jaipur.

Liputan6.com, Jaipur - Ribuan burung bermigrasi dari sekitar sepuluh spesies ditemukan mati misterius di sekitar Danau Sambhar, danau air asin pedalaman terbesar di India dekat Jaipur. Hal itu mengirimkan gelombang kejut di antara penduduk setempat dan pihak berwenang.

Ini adalah insiden kedua di negara bagian dalam waktu sepekan. Kamis lalu, 37 unggas jenis demoiselle crane ditemukan mati di daerah Khinchan, Jodhpur.

Pihak berwenang India telah memulai upaya penyelamatan dan telah mengirim isi perut mereka ke laboratorium patologi di Ludhiana dan Bhopal, guna penyelidikan lebih lanjut untuk menguak penyebabnya.

Di Khinchan, petugas mencurigai benih bermuatan pestisida di bidang tertentu sebagai penyebab kematian.

Para pejabat juga mengatakan bahwa mereka mencurigai kontaminasi air sebagai salah satu alasan kematian para burung. Tetapi sedang menunggu laporan uji isi perut unggas-unggas tersebut.

Meskipun jumlah resmi adalah 1.500, penduduk setempat mengklaim jumlah unggas yang mati bisa mencapai 5.000.

"Kami belum pernah melihat yang seperti itu. Lebih dari 5.000 burung mati secara misterius di seluruh tempat itu," ujar Abhinav Vaishnav, 25 tahun, seorang pengamat burung setempat seperti dikutip dari India Today, Kamis (14/11/2019).

Ketika Vaishanav berjalan-jalan di sepanjang tepi danau pada hari Minggu, ia mengambil ratusan gumpalan gelap berserakan di tanah berawa untuk kotoran sapi. Tapi ia tidak membuatnya dan rekan pengamat burung Kishan Meena dan Pavan Modi menyadari bahwa benjolan itu adalah tubuh dari ratusan burung migran yang tak bernyawa.

Bangkai dari ratusan burung mati termasuk jenis coot, black-winged stilt, northern shovelers, ruddy shelduck, dan pied avocet yang tersebar di tepi 12-13 km dari daerah tepi danau, yang mengarah ke sejumlah kemungkinan lebih dari 5.000, kata mereka.

Penjaga hutan Rajendra Jakhar mengatakan alasan yang mungkin adalah hujan es yang melanda daerah itu beberapa hari yang lalu.

"Kami memperkirakan sekitar 1.500 burung dari sekitar 10 spesies telah mati. Kami juga melihat kemungkinan lain seperti keracunan air, infeksi bakteri atau virus," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengumpulkan Bangkai

Sebuah tim medis dari Jaipur juga telah mengumpulkan beberapa bangkai dan sampel air dan dikirim ke Bhopal untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ashok Rao, seorang dokter hewan dan bagian dari tim penyelidik, mengatakan bahwa sementara alasan pasti kematiannya tidak pasti, ia mengesampingkan kemungkinan flu burung.

"Pada pemeriksaan awal, kami tidak menemukan sekresi apa pun dari burung-burung itu, yang merupakan jenis terkait kasus-kasus flu burung," katanya.

RG Ujjwal, petugas departemen peternakan, bergabung dengan Rao dan membuat daftar kemungkinan alasan di balik musibah misterius itu.

"Mungkin ada semacam kontaminasi dalam air. Peningkatan salinitas air juga bisa menjadi alasan lain, karena meningkatkan konsentrasi garam dalam darah, yang selanjutnya dapat menyebabkan aliran darah melambat dan organ-organ internal seperti otak dapat berhenti. bekerja, "kata Ujjwal.

Danau ini juga menjadi favorit flamingo, stilts, stints, garganey, camar dan sejumlah spesies burung lainnya.

Jakhar menginformasikan bahwa danau itu setiap tahun menampung sekitar 2-3 lakh ribuan burung, yang meliputi sekitar 50.000 flamingo dan 10.000 burung perandai.

 

3 dari 3 halaman

Memicu Kebingungan

Episode aneh telah membuat penduduk desa dan orang-orang di departemen kehutanan bingung karena kurangnya penjelasan yang masuk akal.

Seorang petugas mengatakan suhu yang lebih tinggi dan air yang dalam karena musim hujan yang baik juga dapat menyebabkan kematian, seperti burung tidak dapat makan dengan benar setelah kelelahan dengan penerbangan panjang.

"Saya belum pernah melihat hal seperti itu dalam 40 tahun pelayanan saya di departemen kehutanan. Pertama saya pikir itu mungkin karena hujan es, tapi itu terjadi setiap tahun. Tidak ada limbah kimia dalam air ini juga," kata Ramesh Chandra Daroga, seorang lokal yang bekerja dengan departemen kehutanan.

Ashok Sharma, direktur gabungan Pusat Diagnosis Penyakit Negara, mengatakan bahwa begitu alasan dipastikan, langkah selanjutnya akan diambil.

"Kami tidak berpikir itu adalah kasus infeksi, tetapi jika ternyata menjadi kasus kami akan mengambil langkah lebih lanjut untuk memastikan itu tidak menyebar," yakinnya.

Sementara itu, bangkai dikumpulkan di troli-traktor dan dimakamkan di parit. Sebanyak 669 burung mati dikuburkan sementara ratusan berbaring berserakan ketika staf hutan ragu-ragu untuk menjelajah ke daerah berlumpur yang licin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.