Sukses

Roda Mobil Hingga Logo Media Sosial, Ini 10 Alasan di Balik Pemilihan Warnanya

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin beberapa dari kita sering bertanya-tanya mengapa barang ini harus berwarna kuning atau mengapa barang itu harus berwarna hijau.

Ternyata, pemilihan warna dari suatu barang tidak sembarangan.

Ada alasan kuat yang kadang juga berlandaskan ilmu sains di balik pemilihan warna benda-benda tersebut.

Dilansir dari Bright Side, Rabu (6/11/2019), berikut merupakan 10 alasan di balik pemilihan warna-warna benda:

2 dari 11 halaman

1. Hidran Kebakaran

Hidran api memiliki warna berbeda untuk mewakili berapa galon per menit (GPM) yang dapat mereka hasilkan. Hidran api yang berbeda digunakan untuk menghentikan berbagai jenis kebakaran, tergantung pada ukurannya.

Warna yang paling populer adalah merah, oranye, hijau, dan biru.

3 dari 11 halaman

2. Pesawat Komersial

Banyak pesawat komersial dicat putih untuk memantulkan sinar matahari. Ini akan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan mencegah pesawat menjadi terlalu panas. Warna putih pada pesawat terbang juga membantu mengambil lebih sedikit waktu untuk mendinginkan ketika pesawat sedang parkir.

4 dari 11 halaman

3. Ban Kendaraan

Karet yang digunakan untuk memproduksi ban sebenarnya berwarna putih, tetapi karbon hitam ditambahkan untuk memperpanjang umurnya. Hal ini yang membuat ban kendaraan berwarna hitam. Karbon hitam meningkatkan kekuatan dan daya tahan ban dengan menghindarkan panas dan melindunginya dari sinar UV.

5 dari 11 halaman

4. Lampu Lalu Lintas

Saat ini, terdapat 3 warna lampu lalu lintas paling populer. Merah berarti berhenti, hijau berarti jalan, dan kuning berarti melanjutkan dengan hati-hati. Namun, ada alasan mengapa warna-warna ini dipilih.

Merah adalah warna dengan panjang gelombang terpanjang yang berarti dapat dilihat dari jarak yang lebih jauh, memungkinkan pengemudi untuk melihatnya dari jauh. Kuning memiliki panjang gelombang lebih pendek dari merah tetapi lebih panjang dari hijau.

Panjang gelombang ini membuatnya lebih jelas ketika lampu berubah dari hijau ke kuning atau dari kuning ke merah.

6 dari 11 halaman

5. Jalur Penyeberangan atau Zebra Cross

Warna hitam dan putih yang kontras dalam zebra cross membuatnya terlihat dari jauh. Ini memberi pengemudi cukup waktu untuk mengurangi kecepatan mereka dan membiarkan orang menyeberang jalan.

Dua warna kontras ini juga membantu pejalan kaki menonjol sebagai latar belakang.

7 dari 11 halaman

6. Bus Sekolah

Warna kuning pada bus sekolah dipilih untuk alasan keamanan. Warna-warna kuning dan hitam yang kontras pada bus sekolah membantu mereka agar mudah diperhatikan oleh siswa, terutama di pagi hari ketika mereka dijemput.

Dua warna ini juga membantu pengemudi lain memperhatikan bus sekolah ketika hari mulai gelap.

8 dari 11 halaman

7. Taksi

Mirip dengan bus sekolah, warna kuning yang digunakan pada taksi membuatnya mudah dikenali. Kuning adalah warna yang mudah menonjol di jalan.

Namun, taksi berwarna kuning lebih banyak dijumpai di Amerika Serikat sedangkan di Indonesia lebih banyak dijumpai taksi berwarna biru.

9 dari 11 halaman

8. Bola

Ketika bola sepak mulai terbuat dari plastik, semuanya berwarna putih. Namun, perusahaan Adidas memutuskan untuk juga menambahkan hitam pada mereka. Bola hitam dan putih lebih mudah dikenali di TV karena pada saat itu, gambar-gambar di TV juga hitam dan putih.

10 dari 11 halaman

9. Tisu Toilet

Kertas toilet berwarna putih karena melalui proses pemutihan. Tanpa pemutih, tisu akan memiliki warna kecoklatan. Tisu toilet tidak ditemukan dalam banyak warna lain karena perusahaan harus mewarnai dan itu akan menghabiskan lebih banyak uang.

Ini berarti kertas toilet berwarna putih membuat perusahaan lebih hemat biaya.

Namun, itu bukan satu-satunya alasan warna mereka. Kertas toilet berwarna tidak akan terurai dengan cepat. Juga, ketika kertas toilet berwarna dibuat, banyak dokter mengaitkannya dengan peningkatan risiko kesehatan. Putih menjadi pilihan yang aman.

11 dari 11 halaman

10. Logo sejumlah sosial media

Meskipun platform media sosial memiliki warna yang berbeda dalam logo mereka, banyak dari mereka menggunakan warna biru. Ini karena warna biru dikaitkan dengan kecerdasan dan pikiran yang terhubung dengan tindakan berkomunikasi.

Warna ini juga mewakili keamanan dan keandalan. Perusahaan media sosial ingin orang merasa aman saat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga mereka memutuskan warna biru.

Beberapa media sosial yang menggunakan warna biru dalam logonya adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, Ask.fm, serta Vimeo.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tingginya Angka Bunuh Diri... 10 Fakta Mengejutkan Tentang Transgender
Artikel Selanjutnya
Menguak 4 Fakta Tentang Kucing Hitam, Bawa Sial Atau...?