Sukses

Sri Mulyani Kembali Jadi Menteri Keuangan Jokowi Curi Perhatian Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sri Mulyani kembali menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi. Ia terpilih sebagai menteri keuangan periode 2019-2024.

"Beliau menugaskan saya untuk tetap menjadi menteri keuangan," kata Sri di Istana Kepresidenan, Selasa (22/10/2019).

Terpilihnya Sri Mulyani sebagai menteri keuangan ternyata mencuri perhatian dunia. Sejumlah media asing mengangkat berita terkait pemilihannya.

Media Prancis, Euronews.com, mengangkat isu terpilihnya mantan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu itu dalam artikel berjudul "Indonesia's Indrawati to stay on as finance minister".

"Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada hari Selasa bahwa ia telah diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk tetap di posnya...," tulis Euronews.com yang dikutip Selasa (22/10/2019).

Sementara dari Asia, New Straits Times, mengulas isu tersebut dalam "Indonesia's Indrawati to stay on as finance minister". Media Malaysia ini menyoroti bahwa calon menteri yang diundang ke Istana Presiden semuanya mengenakan kemeja putih dan sebagian besar menolak untuk mengkonfirmasi posisi yang ditawarkan menjelang pengumuman resmi pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Terpilihnya wanita Indonesia pertama yang pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia sebagai menteri keuangan juga mencuri perhatian Negeri Tirai Bambu. South China Morning Post memuatnya dalam tulisan berjudul "Indonesia’s Jokowi keeps finance minister with rock star appeal, Sri Mulyani, in new cabinet".

Media Kanada, BNN Bloomberg, juga turut menuliskan bahwa menteri keuangan terbaik Asia pada 2006 itu kembali terpilih sebagai menteri keuangan di Kabinet Indonesia Kerja jilid II, dengan "Indrawati Reappointed as Finance Minister in Indonesia Cabinet".

Dari Inggris, kantor berita Reuters mengulas terpilihnya Sri Mulyani di periode kedua pemerintahan Presiden RI dalam tulisan bertajuk "Indonesia's Indrawati to stay on as finance minister".

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

Mengumumkan Sendiri Penunjukannya

Sri Mulyani Indrawati kembali dipilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Menteri Keuangan hingga periode 2024. 

Kabar Sri Mulyani akan kembali membantu Jokowi dan Ma'ruf Amin di Kabinet Kerja Jilid II disampaikan sendiri oleh perempuan kelahiran Tanjung Karang, Lampung, pada 26 Agustus 1962 itu usai datang ke Istana Merdeka.

Usai bertemu Jokowi, Sri Mulyani sempat menghindar dari pertanyaan media yang mencoba mengorek keterangan apakah dirinya kembali ditunjuk Presiden menjadi menteri.

"Enggak, enggak (bahas soal kabinet). Bahas tekstil kemarin," ucap Sri Mulyani singkat, pada Selasa, 15 Oktober 2019.

Perlu diketahui, Sri Mulyani adalah orang Indonesia pertama menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Dia pernah pula dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia pada 2006 dan terpilih sebagai wanita paling berpengaruh nomor 23 di dunia pada 2007 versi Forbes.

3 dari 4 halaman

Kekayaan Sri Mulyani

Dalam laman elhkpn, Sri Mulyani tercatat memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di Tangerang, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Maryland USA ini mencapai senilai Rp 37.933.880.000.

Sri Mulyani tak tercatat memiliki kendaraan pribadi. Namun, tercatat harta bergerak miliknya senilai Rp 415 juta. Untuk surat berharga, Sri Mulyani memilikinya senilai Rp 12.683.747.800.

Kas dan setara kas lainnya milik Sri Mulyani sebesar Rp 5.573.093.926. Sri Mulyani juga tercatat memiliki utang senilai Rp 9.997.204.000. Setelah dikurangi utang, harta Sri Mulyani total senilai Rp 46.608.517.726.

Harta tersebut dilaporkan Sri Mulyani pada 25 Maret 2019. Pelaporan ini untuk periode 2018.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sumbang ke Negara USD 721 Juta, Adaro Energy Diapresiasi Sri Mulyani
Artikel Selanjutnya
Hingga Oktober, Penerimaan Pajak Baru Capai Rp 1.018 Triliun