Sukses

Roti Gambang Betawi Masuk Daftar Roti Terbaik Dunia, 2 Makanan Indonesia Ini Jadi yang Terenak

Liputan6.com, Jakarta - Roti gambang masuk daftar 50 roti terenak di dunia versi CNN. Cita rasa khas gula aren dan kayu manis memberikan manis dan aromatik yang ringan pada jenis pastry tersebut.

Makanan ini menjadi favorit sejak dahulu kala di toko-toko roti Jakarta.

Roti ini berwarna cokelat dan memiliki bentuk yang ramping, ditambah wijen di atasnya.

Melansir dari CNN, Jumat (18/10/2019), roti gambang masuk daftar '50 of the world's best breads' dan disandingkan dengan sejumlah roti dari banyak negara di dunia. Dari benua Asia, Amerika hingga Eropa.

Nama makanan khas Betawi ini diambil dari sebuah instrumen tradisional Indonesia yang bentuknya mirip dengan roti cokelat yang ramping itu. Namun, untuk resepnya, sang koki melihat kembali ke era kolonial. Terinspirasi dari kue berbumbu hingga stik keju yang ditaburi Gouda atau Edam.

Kendati demikian, pembuatan kue Indonesia telah mengadaptasi bahan-bahan dan teknik Belanda dan disesuaikan dengan selera lokal.

Tidak hanya roti gambang yang jadi sorotan CNN, makanan lain khas Indonesia juga pernah diakui jadi yang terenak di dunia. Berikut ini ulasannya:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

1. Rendang

Pada 2017, CNN pernah meringkas '50 Makanan Terbaik di Dunia', dan salah satunya ada dari Indonesia.

Rendang menjadi nomor 1 di dalam artikel tersebut.

Seorang pembaca, Kamal F. Chaniago menunjukkan pandangan jauh ke depan ketika ia menulis, 'Rendang adalah yang terbaik.'

Lalu mengklaim gelar 'Makanan Paling Lezat di Dunia,' seperti mengutip pada CNN. Rendang pun menjadi 'Makanan Terbaik nomor 1'.

Daging sapi perlahan-lahan direbus dengan santan dan campuran serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe dan cabai, lalu dibiarkan rebus selama beberapa jam untuk membuat hidangan sapi yang lembut dan enak ini.

Hidangan Indonesia sering disajikan pada acara-acara perayaan dan untuk tamu terhormat. Tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki resep sederhana.

3 dari 3 halaman

2. Nasi Goreng

Selain rendang yang menduduki posisi nomor 1, nasi goreng yang juga khas dari Indonesia, berada pada posisi 2 versi CNN.

"Saya suka rendang dan nasi goreng, dua makanan paling populer di Indonesia!," ungkap Pustaka Rizky Ramadhika.

Ribuan pemilih lainnya menyetujui hal tersebut. Kegembiraan Indonesia ini menerima lebih dari 10 kali suara dari makanan khas Thailand, yang sebelumnya menjadi runner-up.

Hidangan sederhana ini terbuat dari nasi yang dimasak tumis dengan kecap manis, sayuran, makanan laut atau daging, kemudian dihiasi dengan telur goreng dan kerupuk udang.

Seperti mengutip dari Global Eat, sebagian besar restoran Asia di Amerika Utara dan Belanda menyajikan makanan jalanan yang populer ini. Versi bervariasi tergantung pada jenis restoran.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Loading
Artikel Selanjutnya
Sewaktu Kecil, Panglima TNI Hadi Konsumsi Makanan Bergizi Ini
Artikel Selanjutnya
5 Makanan Enak yang Bisa Perbaiki Mood