Sukses

Seperti Wiranto, Politikus Dunia Ini Juga Alami Serangan Saat Bertugas

Tokoh dunia yang mengalami serangan dari publik seperti apa yang baru saja Wiranto alami.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penyerangan yang baru saja menimpa Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang menggegerkan publik. Sebab, orang tak dikenal yang menyerang Wiranto berusaha melakukan penusukan terhadap dirinya.

Kasus penyerangan terhadap tokoh politik juga pernah terjadi di sejumlah negara.

Beberapa tokoh politik dunia pernah diserang orang tak dikenal.

Dilansir dari Telegraph, Kamis (10/10/2019), berikut nama-nama tokoh politik dunia yang pernah diserang orang tak dikenal: 

Saksikan Video Pilhan Berikut di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wen Jiabao, Mantan Perdana Menteri China

Pada Februari 2009, seorang lulusan mahasiswa Jerman melempar sepasang sepatu ke arah Wen Jiabao. Dengan alasan protes masalah hak asasi manusia, ia melakukan serangan tersebut saat Jiabao sedang melakukan pidato di Cambridge University. 

3 dari 6 halaman

2. George W. Bush, Mantan Presiden AS

Presiden AS yang menjabat selama tahun 2001 hingga 2009 itu, ternyata pernah mengalami serangan dari publik juga. Pada Desember 2008, seorang jurnalis asal Iraq melemparkan sepasang sepatu ke arahnya saat acara konferensi pers. 

4 dari 6 halaman

3. Robert Kilroy-Silk, Politikus Amerika

Seorang anggota parlemen sekaligus pembawa acara televisi, atas artikel terkait agama yang ditulisnya, ia dilemparkan seember adonan semen oleh seorang demonstran yang bertindak "atas nama Islam" ketika ia tiba untuk mengambil bagian dalam rekaman radio BBC di sebuah sekolah di Manchester. 

5 dari 6 halaman

4. Tony Blair, Mantan Perdana Menteri Inggris

Pada Mei 2004, Tony Blair dilempar dengan adonan tepung berwarna ungu oleh kelompok demonstran kampanye Fathers 4 Justice.

6 dari 6 halaman

5. Ann Widdecombe, Politikus Inggris

Anne Widdecombe yang merupakan seorang politikus di Inggris, dilempar dengan kue puding  oleh pengunjuk rasa pro-suaka di sebuah penandatanganan buku di Oxford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.