Sukses

Partikel Plastik Berjatuhan di Arktika, Sinyal Eskalasi Pencemaran Global?

Partikel plastik berukuran mikroskopis berjatuhan dari langit bersama salju di Arktika, menurut temuan sebuah studi.

Liputan6.com, Bremerhaven - Partikel plastik berukuran mikroskopis berjatuhan dari langit bersama salju di Arktika, menurut temuan sebuah studi.

Para ilmuwan mengatakan mereka terkejut dengan banyaknya partikel plastik yang mereka temukan: lebih dari 10.000 per liter di Kutub Utara, demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (15/8/2019).

Ilmuwan juga menemukan partikel dan serat karet di salju. Ini berarti bahwa bahkan di sana, orang-orang kemungkinan menghirup mikroplastik dari udara, meskipun implikasi kesehatannya masih belum jelas.

Arktika di kutub utara sering dipandang sebagai salah satu lingkungan murni terakhir di dunia.

Sebuah tim peneliti Jerman-Swiss telah menerbitkan karya tersebut di jurnal Science Advances.

Peneliti mengumpulkan sampel salju dari pulau Svalbard menggunakan metode sederhana --sendok dan termos.

Sampel dari Arktika itu kemudian diteliti di laboratorium Institut Alfred Wegener di Bremerhaven, Jerman. Mereka menemukan partikel yang jauh lebih mencemari daripada yang mereka duga.

Banyak yang begitu kecil sehingga sulit untuk memastikan dari mana mereka berasal.

Mayoritas tampaknya terdiri dari bahan-bahan alami seperti selulosa tumbuhan dan bulu binatang. Tetapi ada juga partikel plastik, bersama dengan serpihan ban karet, pernis, cat dan mungkin serat sintetis.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengejutkan

Ilmuwan terkemuka, Dr Melanie Bergmann, mengatakan kepada BBC News: "Kami berharap untuk menemukan beberapa kontaminasi tetapi untuk menemukan banyak partikel plastik itu adalah sebuah kejutan nyata."

Dia berkata: "Sudah jelas bahwa mayoritas mikroplastik di salju berasal dari udara."

Mikroplastik didefinisikan sebagai partikel-partikel di bawah ukuran 5mm.

Mengatasi dampak potensial mereka pada orang-orang, Dr Bergmann menjelaskan: "Kami tidak tahu apakah plastik akan berbahaya bagi kesehatan manusia atau tidak. Tetapi kami perlu lebih berhati-hati dengan cara kami memperlakukan lingkungan kami."

Para ilmuwan juga menganalisis salju dari lokasi di Jerman dan Swiss. Sampel yang diambil dari beberapa daerah di Jerman menunjukkan konsentrasi yang lebih tinggi dari pada di Kutub Utara.

3 dari 3 halaman

Mengapa Bisa Sampai ke Arktika?

Para peneliti berpendapat bahwa plastik mikro diterbangkan oleh angin dan kemudian --melalui mekanisme yang tidak sepenuhnya dipahami-- diangkut ke jarak jauh melalui atmosfer.

Partikel-partikel tersebut kemudian "tersapu" keluar dari atmosfer melalui presipitasi, khususnya salju.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan April oleh tim Inggris-Prancis menunjukkan bahwa plastik mikro jatuh dari langit ke Pyrenees Prancis, wilayah lain yang diperkirakan masih asli.

Sebelumnya, kelompok penelitian telah menemukan plastik di atmosfer di Dongguan, China; Teheran, Iran; dan Paris, Prancis.

Adapun dari mana polusi berasal juga tidak ada ketidakpastian.

Oleh karenanya, kehadiran begitu banyak partikel pernis di Kutub Utara adalah teka-teki.

Para peneliti berasumsi bahwa beberapa kontaminasi mungkin berasal dari kapal yang bergesekan dengan es. Tetapi mereka juga berspekulasi bahwa beberapa mungkin telah keluar dari turbin angin.

Fragmen serat mungkin dari pakaian orang, meskipun saat ini tidak mungkin untuk mengatakannya.

Dr Bergmann menjelaskan: "Kita harus bertanya - apakah kita membutuhkan begitu banyak kemasan plastik? Apakah kita membutuhkan semua polimer dalam cat yang kita gunakan? Bisakah kita menghasilkan ban mobil yang dirancang berbeda? Ini adalah masalah penting."

Dr Eldbjørg Sofie Heimstad, dari Institut Penelitian Udara Norwegia, Kjeller, yang tidak terlibat dalam penelitian terbaru, mengatakan kepada BBC bahwa beberapa polusi partikel bersifat lokal dan beberapa berasal dari lokasi yang jauh.

Dia berkata: "Kita tahu bahwa sebagian besar dari apa yang kita analisis di sana dan pengukurannya adalah polusi jangka panjang yang diangkut datang dari (Eropa), dari Asia, dan datang dari seluruh dunia."

"Beberapa bahan kimia ini memiliki sifat yang merupakan ancaman bagi ekosistem, bagi hewan hidup."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.