Sukses

Menakjubkan, Ini 7 Tempat di Dunia yang Konon Mirip Negeri Dongeng

Ini 7 tempat di dunia yang mirip dengan yang ada di Negeri Dongeng. Ada di mana saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada beberapa tempat yang tampak seperti Negeri Dongeng? Destinasi-destinasi tersebut telah menjadi pusat perhatian para wisatawan dari berbagai budaya dan negara.

Di tempat itu, Anda dapat menemukan kastil di bukit yang tinggi, pegunungan hijau dengan pemandangan yang asri, atau danau-danau di kaki gunung dengan iklimnya yang sejuk. 

Berikut 7 tempat bak Negeri Dongeng terbaik yang benar-benar ada di Bumi, seperti dikuti pdari Top Tenz, Rabu (8/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Colmar - Prancis

Colmar adalah komune (wilayah administrasi terkecil yang ditandai oleh pemilikan dan pemakaian hak secara kolektif) wilayah Alsace di Prancis. Tempat ini terkenal karena kota tuanya dan arsitektur bangunan-bangunan yang ada di sana yang terpelihara dengan baik.

Struktur gedung mencerminkan Abad ke-8 Prancis dan Jerman. Selain itu, Colmar juga merupakan tempat kelahiran pemahat Batholdi, 'Bapak' patung Liberty di Amerika Serikat.

Colmar mampu mempertahankan keasliannya dari segala kehancuran yang disebabkan oleh Revolusi Prancis dan sejumlah perang.

Pada tahun 1863, tumpukan benda tak ternilai ditemukan dikuburkan di Colmar. Di antara harta itu adalah cincin kawin milik sepasang orang Yahudi, yang menjadi salah satu dari sedikit contoh cincin Yahudi yang masih ada sampai sekarang.

Colmar merupakan rumah bagi sekitar 67.000 penduduk. Kota indah ini digolongkan sebagai kawasan lindung untuk melestarikan sejarah dan fitur uniknya.

Selain itu, di sana juga terkenal akan anggurnya. Ada sekitar 37 komunitas penanam anggur. Selain itu, Colmar juga memiliki banyak situs bersejarah yang masih menampilkan gaya kunonya. 

3 dari 8 halaman

2. Sea of Stars - Maladewa

Maladewa dikenal karena keindahan pantai pasir putihnya yang indah dan air lautnya yang bak batu safir. Terlebih fenomena "Sea of Stars" yang ada di Pulau Vaadhoo, sebuah pulau di Raa Atoll di Maladewa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 500 penduduk.

Ketika malam tiba, bibir pantai di pulau tersebut berubah menjadi biru menyala. Reaksi alami ini terjadi lantaran fitoplankton-fitoplankton yang hidup di air laut area itu.

Cahaya biru cerah tersebut adalah proses natural dari mikroorganisme itu karena menghasilkan racun yang berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lain. 

Pernahkah Anda melihat peristiwa seperti langka ini ketika membaca buku tentang dongeng anak?

4 dari 8 halaman

3. Kastil Bojnice - Slovakia

Kastil BoJnice adalah kastil Abad Pertengahan di Bojnice, Slovakia. Tidak hanya menerima ribuan turis setiap tahun, bangunan kuno ini juga muncul beberapa kali dalam sejumlah film fantasi, karena arsitekturnya yang khas.

Kastil tersebut juga menyelenggarakan "International Festival of Ghosts and Spirits" (Festival Hantu dan Roh Internasional) selama Mei, dan "Summer Music Festival" (Festival Musik Musim Panas).

Awalnya, kastil bersejarah itu dibangun sebagai benteng kayu, tetapi materialnya segera diganti dengan batu.

Pemilik terakhir bangunan zaman dahulu tersebut adalah Pangeran Janos Ferenc Palffy, yang juga merupakan arsitek dan perancang grafis kastil. Dia meninggalkan barang-barang antik, gambar, lukisan dan patung di kastil dongeng itu.

Pada tahun 1950, sebuah museum dibuka di dalam kastil yang menampilkan gaya arsitektur neo. Museum ini juga berisi artefak dan lukisan dari Abad ke-14.

5 dari 8 halaman

4. Kastil Eilean Donan - Skotlandia

Kastil Eilean Donan adalah sebuah kastil di Pulau Donan Eilean, Skotlandia, di mana tiga loch (teluk sempit) besar bertemu. Kastil ini secara mengejutkan dibentengi di Zaman Besi dan dibangun kembali antara tahun 1912-1914 oleh George Mackie Watson, setelah hampir 200 tahun ditinggalkan dalam reruntuhan.

Pada tahun 1911, Kolonel John Macrae-Gilstrap membeli pulau tempat Kastil Donan Eilean berada dan mengabdikan 20 tahun hidupnya untuk membangunnya kembali, membuatnya menjadi punya nilai sejarah dan membentuknya ala Negeri Dongeng, seperti yang kita lihat sekarang.

6 dari 8 halaman

5. Jembatan Rakotzbrucke - Jerman

Jembatan Rakotzbruch terletak di Azalea dan Rhododendron Park Kromlau, Saxony, Jerman. Bangunan ini juga dijuluki sebagai "Jembatan Iblis" karena mitos terkait setan atau cerita rakyat di sekitar jembatan.

Diyakini bahwa setan sendiri telah membangun jembatan ini karena tidak ada manusia yang dapat membangun kekuatan dari bangunan yang begitu sempurna.

Jembatan Rakotzbruck dibangun kira-kira 150 tahun yang lalu pada tahun 1860. Ilusi optik yang tercipta di sungai yang berada di bawah jembatan, membuat jembatan dan refleksinya bergabung menjadi satu lingkaran sempurna. 

Namun, melintasi Jembatan Rakotzbruch adalah sesuatu yang dilarang oleh otoritas setempat, tetapi Anda dapat melihatnya dengan berjalan di Taman Kromlau.

7 dari 8 halaman

6. Hallstatt - Austria

Hallstatt adalah kota kecil yang terletak di distrik Gmunden, Austria. Kota ini menghadap ke Hallstatter (Danau Hallstatt) dan dikenal karena produksi garamnya.

Tambang garam pertama di dunia sebenarnya ada di sana, bernama Salzwelten, dan terletak di atas pusat kota Hallstatt. Desa dengan nuansa spektakuler terselip di antara gunung dan air, serta mampu menarik minat wisatawan yang mencari pemandangan indah bak Negeri Dongeng.

Kota Hallstatt juga telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Desa yang berada di tepi danau ini berasal dari Zaman Besi. Sepatu bangsa Celtic adalah salah satu penemuan arkeologi tertua di kota ini, yang berasal dari tahun 5500 SM.

Kota Hallstat hanya bisa dicapai dengan perahu sampai Abad ke-19, karena lokasinya yang terpencil dan jauh.

8 dari 8 halaman

7. Taman Hutan Nasional Zhangjiajie - China

Terletak di Zhangjiajie, Hunan, China, Taman Hutan Nasional Zhangjiajie adalah hutan yang pernah dijadikan lokasi syuting film "Avatar" yang dirilis pada tahun 2010.

Hutan ini secara resmi berganti nama menjadi Avatar Hallelujah setelah syuting film untuk menghormati film tersebut. Taman hutan itu terdiri dari batu pasir yang menjulang setinggi 200 meter dengan petak semak hijau.

Pada tahun 2016, Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge dibuka untuk umum, yang mana mencapai ketinggian 300 meter.

Zhangjiajie adalah kawasan terlindung tertua di China dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Salah satu gunung yang populer, yang disebut Gunung Tianmen Shan, diyakini terhubung ke surga dan memiliki kekuatan gaib oleh penduduk setempat.

Rumor lain yang beredar adalah bahwa gunung itu merupakan rumah bagi harta tak ternilai yang belum ditemukan. Gerbang yang menuju ke gunung tersebut --yang terbentuk pada tahun 263 karena runtuhnya gunung-- dijuluki 'Gerbang Surga' dan dianggap sebagai salah satu gerbang terbesar di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini