Sukses

Puji Pemilu Indonesia, Dubes Denmark: Itu Cerminan Demokrasi Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Denmark untuk RI, Rasmus Kristensen memuji pelaksanaan pemilu serentak di Indonesia yang terselenggara pada Rabu 17 April 2019.

Melalui unggahan video di akun Insagram @dubesdenmark, Dubes Denmark menyebut pelaksanaan pemilu Indonesia sebagai cerminan demokrasi yang sukses.

"Saya telah menerima undangan dari KPU untuk menyaksikan pemilihan Indonesia 2019," kata Kristensen dengan berbahasa Indonesia, Rabu (17/4/2019).

"Hari ini saya mengunjungi beberapa TPS di Jakarta Utara dan Pusat. Saya senang sekali melihat orang Indonesia memberi hak pilih," jelasnya.

"Denmark memberi selamat kepada Indonesia dengan demokrasi yang sukses," tutup dubes Denmark itu.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 3 halaman

Harapan dan Pujian dari Dubes Inggris

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik juga mengaku turut dapat merasakan atmosfer pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak pada hari ini tak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD.

Hal itu ia sampaikan dalam cuitan disertai foto di akun Twitter-nya @MoazzamTMalik pada Rabu, 17 April 2019.

"Berkeliling di TPS-TPS dekat rumahku di kampung. Ramai. Aman. Lancar," tulis Moazzam.

Tak hanya itu, ia Dubes Moazzam Malik sangat yakin dengan masa depan Indonesia. Mengingat kepercayaannya pada masyarakat di Tanah Air.

"Pasti Indonesia dapat memilih dengan bijaksana dan damai untuk masa depan yang baik," jelas Dubes Moazzam Malik.

3 dari 3 halaman

Puji Sistem Demokrasi RI pada Pilkada

Sebelumnya, Duta Besar Inggris untuk RI, Moazzam Malik pernah memuji sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Hal ini ia sampaikan setelah melihat proses pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung pada 27 Juni 2018.

Dubes Moazzam bahkan menyebut sistem pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat ini sukses. Aspirasi rakyat pun tersampaikan dengan baik lewat cara seperti ini.

"Saya menilai sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung bahkan serentak di sejumlah negara," ujar Dubes Moazzam saat ditemui usai acara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-92 di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis 28 Juni 2018 malam.

"Lewat keberhasilan ini kami berharap agar Indonesia dapat mempromosikan sistem demokrasi dan pemilihan kepala daerah secara langsung kepada Inggris terutama negara-negara di dunia," tambahnya. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Lapor Bawa Uang Rp 3,8 M ke Singapura, WNI Ini Didenda Rp 82 Juta
Artikel Selanjutnya
Bangga, Mahasiswa Asal Papua Pimpin Upacara Bendera di Toronto Kanada